5 Fakta Unik tentang Semifinal Piala Eropa 2020 yang Wajib Kamu Tahu

Sudah tahu fakta semifinal Piala Eropa 2020 di bawah? 

Semifinal Piala Eropa 2020 telah usai. Keempat negara peserta Piala Eropa 2020, Inggris, Spanyol, Italia, dan Denmark telah bersaing untuk mendapatkan tiket ke babak final. Inggris dan Italia telah mengunci kemenangan dan berhak bertanding di babak final. Uniknya, terdapat beberapa fakta menarik mengenai semifinal Piala Eropa 2020 yang tak banyak diketahui banyak orang. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak penjelasannya. 

1. Setiap peserta semifinal Piala Eropa 2020 memiliki setidaknya 1 pemain Chelsea

5 Fakta Unik tentang Semifinal Piala Eropa 2020 yang Wajib Kamu Tahupotret Jorginho bersama Timnas Italia(90min.com)

Chelsea merupakan jawara Liga Champions 2020/2021 setelah mengalahkan Manchester City dengan skor 1-0. Di Piala Eropa 2020, ada fakta menarik yang berkaitan dengan Chelsea, yaitu para semifinalis memiliki setidaknya 1 pemain Chelsea. Di Inggris, terdapat nama-nama seperti Ben Chilwell, Reece James, dan Mason Mount.

Di Timnas Spanyol terdapat nama seperti Azpilicueta. Ada juga Andreas Christensen yang membela Timnas Denmark. Di Timnas Italia, terdapat Jorginho dan Emerson yang merupakan pemain Chelsea.

2. Manchester City dan Chelsea merupakan klub terbanyak yang menyumbang pemain di semifinal Piala Eropa 2020

5 Fakta Unik tentang Semifinal Piala Eropa 2020 yang Wajib Kamu Tahupotret Phil Foden bersama Timnas Inggris(insider-voice.com)

Seperti yang diketahui, Manchester City dan Chelsea merupakan finalis Liga Champions 2020/2021. Uniknya, kedua klub tersebut ternyata merupakan klub yang paling banyak menyumbang pemain di semifinal Piala Eropa 2020. Manchester City dan Chelsea sama-sama menyumbang 7 pemain di semifinal kompetisi empat tahunan itu. 

Di Chelsea, terdapat nama-nama seperti Ben Chilwell, Reece James, Mason Mount, Azpilicueta, Andreas Christensen, Emerson, dan Jorginho. Di Manchester City, terdapat nama-nama seperti Kyle Walker, John Stones, Laporte, Phil Foden, Raheem Sterling, Ferran Torres, dan Rodrigo.

Sebenarnya Eric Garcia yang baru saja pindah ke Barcelona dapat saja dimasukkan ke daftar pemain Manchester City yang lolos ke semifinal mengingat peresmian kepindahannya baru diadakan saat Piala Eropa 2020 berlangsung. 

Baca Juga: 5 Fakta Setelah Inggris Depak Denmark di Semifinal Piala Eropa 2020

3. Denmark lolos ke semifinal Piala Eropa setelah penantian selama 29 tahun

5 Fakta Unik tentang Semifinal Piala Eropa 2020 yang Wajib Kamu Tahupotret Kasper Hjulmand yang merupakan pelatih Timnas Denmark(kickdaddy.com)

Denmark berhasil mengalahkan Republik Ceko dengan skor 2-1 di ajang perempat final Piala Eropa 2020. Hal tersebut membuat Denmark lolos ke semifinal untuk menghadapi Timnas Inggris. Hal tersebut pastinya merupakan kegembiraan tersendiri bagi skuad Denmark mengingat butuh penantian yang sangat lama agar dapat lolos ke semifinal.

Pertama kali Denmark lolos ke semifinal Piala Eropa ialah pada tahun 1992. Dengan lolosnya Denmark di edisi tahun ini, negara tersebut berhasil menghapus penantian selama 29 tahun di semifinal Piala Eropa 2020. Pastinya Denmark akan berjuang sekuat tenaga agar dapat mengalahkan Timnas Inggris.

4. 4 negara yang lolos ke semifinal Piala Eropa 2020 menggunakan jersey putih saat bertanding ke perempat final

5 Fakta Unik tentang Semifinal Piala Eropa 2020 yang Wajib Kamu Tahupotret Kyle Walker bersama Timnas Inggris(skysports.com)

Ada suatu hal yang menarik tentang para semifinalis Piala Eropa 2020, yaitu 4 negar tersebut sama-sama menggunakan jersey berwarna putih saat bermain di perempat final. Inggris pastinya menggunakan jersey kebanggaan mereka yang berwarna putih saat menghabisi Ukraina dengan skor 4-0. Spanyol juga mengenakan jersey putih saat menang drama adu penalti atas Swiss.

Italia juga menggunakan jersey putih walaupun dapat menggunakan jersey biru saat menang atas Belgia dengan skor 1-2. Sedangkan Denmark juga menggunakan Jersey putih saat menang tipis atas Republik Ceko dengan skor 2-1.

5. Inggris merupakan satu-satunya semifinalis yang belum merasakan juara Piala Eropa

5 Fakta Unik tentang Semifinal Piala Eropa 2020 yang Wajib Kamu Tahupotret John Stones bersama Timnas Inggris(thefa.com)

Seperti yang diketahui, terdapat 4 negara yang berhasil lolos ke semifinal Piala Eropa 2020, yaitu Italia, Inggris, Spanyol, dan Denmark. Uniknya, hanya Inggris yang merupakan semifinalis edisi ini yang belum pernah merasakan gelar Piala Eropa. Spanyol sudah meraih gelar Piala Eropa sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1964, 2008, dan 2012.

Italia sudah merasakan gelar Piala Eropa sebanyak satu kali, tepatnya pada tahun 1968. Begitu pula dengan Denmark yang berhasil menjuarai Piala Eropa sekali pada tahun 1992. Apakah Piala Eropa 2020 akan menjadi milik Timnas Inggris?

Nah, itu dia 5 fakta menarik tentang semifinal Piala Eropa 2020 yang telah digelar pada 7 dan 8 Juli 2021. Inggris dan Italia telah berhasil mengunci partai puncak dan akan duel pada tanggal 12 Juli mendatang. Kira-kira siapa yang akan keluar sebagai juara Piala Eropa 2020?

Baca Juga: 5 Rekan Setim yang Saling Berhadapan di Semifinal Piala Eropa 2020

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya