Comscore Tracker

5 Fakta Menarik BSC Young Boys, Klub Swiss yang Mengalahkan ManUnited

Young Boys kalahkan Setan Merah di laga pembuka UCL!

Secara mengejutkan BSC Young Boys berhasil mengalahkan Manchester United dengan skor 2-1 di laga awal Liga Champions. Sebenarnya MU sempat unggul lebih dulu melalui gol Cristiano Ronaldo pada menit ke-13. Sayangnya, Young Boys sukses melakukan comeback dengan mencetak gol balasan melalui Moumi Ngamaleu pada menit ke-66 dan Theoson Pofek pada menit ke-95.

Tak banyak tahu tentang BSC Young Boys yang mengalahkan Manchester United secara mengejutkan. Klub asal Swiss itu memang merupakan perwakilan negaranya di Liga Champions setelah menjuarai kompetisi liga domestik musim lalu. Bagi kamu yang penasaran, berikut 5 fakta menarik tentang BSC Young Boys. 

1. BSC Young Boys didirikan sejak 123 tahun yang lalu

5 Fakta Menarik BSC Young Boys, Klub Swiss yang Mengalahkan ManUnitedpotret laga BSC Young Boys melawan Manchester United (worldfootball.net)

BSC Young Boys berdiri pada 14 Maret 1898. Klub yang awalnya dinamai FC Young Boys ini sudah berdiri sejak 123 tahun yang lalu. Pada tahun 1925, klub ini berganti nama menjadi Berner Sport Club Young Boys atau BSC Young Boys. 

Awalnya, klub ini bermarkas di Spitalacker-Platz, baik sebelum maupun setelah Perang Dunia I. Seiring bergantinya nama klub tersebut menjadi BSC Young Boys, markas klub ini dipindahkan ke Wankdorf Stadium yang masih digunakan hingga saat ini. Stadion tersebut sempat direnovasi pada tahun 1930 agar diperluas mengingat stadion ini cukup kecil untuk didatangi oleh puluhan ribu fans mereka.

2. Manchester United merupakan klub yang selalu dijumpai BSC Young Boys di fase grup Liga Champions

5 Fakta Menarik BSC Young Boys, Klub Swiss yang Mengalahkan ManUnitedpotret laga BSC Young Boys melawan Manchester United (twitter.com/ManUtd)

Dalam sejarahnya, BSC Young Boys hanya pernah bermain di Liga Champions sebanyak 2 kali, yaitu pada musim 2018/2019 dan 2021/2022. Pada musim 2018/2019, klub ini berada dalam satu grup dengan Manchester United, Juventus, dan Valencia. Menariknya, pada musim ini klub asal Swiss itu bertemu lagi dengan Setan Merah.

BSC Young Boys tak pernah merasakan babak 16 besar Liga Champions sejauh ini. Namun, bisa jadi ini merupakan pembeda dari musim sebelumnya karena mereka pastinya akan tampil percaya diri setelah mengalahkan Manchester United.

Baca Juga: Seperti Juara, 7 Potret Emosional Pemain Young Boys Usai Kalahkan MU

3. BSC Young Boys merupakan klub keempat terbanyak yang meraih trofi Swiss Super League

5 Fakta Menarik BSC Young Boys, Klub Swiss yang Mengalahkan ManUnitedpotret para pemain BSC Young Boys (crtv.cm)

Swiss Super League merupakan kompetisi liga domestik kasta tertinggi di Swiss. BSC Young Boys merupakan salah satu klub yang paling berprestasi dalam ajang ini. Setidaknya klub tersebut sudah meraih 15 trofi kompetisi tersebut.

Dengan hal tersebut, BSC Young Boys merupakan klub keempat terbanyak yang meraih trofi Swiss Super League. Klub terbanyak yang meraih trofi tersebut ialah Grasshopper sebanyak 27 kali. Ada pula Basel dan Servette yang masing-masing klub sudah meraih 20 trofi dan 17 trofi.

4. Pernah dilatih Vladimir Petkovic yang merupakan ikon sepak bola Swiss dalam sedekade terakhir

5 Fakta Menarik BSC Young Boys, Klub Swiss yang Mengalahkan ManUnitedpotret Vladimir Petkovic (firstsportz.com)

Bagi kamu pendukung Timnas Swiss, pastinya kamu sudah tak asing lagi dengan sosok Vladimir Petkovic. Dia merupakan pelatih Swiss sejak tahun 2014 hingga Juli 2021. Dia mundur dari kursi kepelatihan Swiss untuk melatih klub asal Prancis, Bordeaux.

Piala Eropa 2020 merupakan ajang terakhirnya di skuad Swiss walau dia hanya bisa membawa negaranya menuju 8 besar. Tak banyak yang mengetahui bahwa Vladimir Petkovic pernah melatih BSC Young Boys pada tahun 2008 hingga 2011. Sayangnya, tak ada trofi yang berhasil dia persembahkan saat melatih klub tersebut.

5. BSC Young Boys tak mampu berbicara banyak jika bermain di kompetisi Eropa

5 Fakta Menarik BSC Young Boys, Klub Swiss yang Mengalahkan ManUnitedpotret laga BSC Young Boys melawan Manchester United (twitter.com/BSC_YB)

Untuk pertama kalinya, BSC Young Boys berhasil mengalahkan Manchester United di Liga Champions. Hal tersebut pastinya merupakan modal baik bagi klub tersebut untuk tampil konsisten pada musim ini. Pasalnya, klub ini belum mampu berbicara banyak di kompetisi Eropa sejauh ini, baik di Liga Champions maupun Liga Europa.

Klub ini hanya mampu berada di babak 16 besar sekali di kompetisi Eropa, tepatnya di Liga Europa walau akhirnya mereka harus mengakui keunggulan Ajax dengan agregat 5-0. Musim ini merupakan kesempatan emas bagi mereka agar dapat membuktikan kepada publik bahwa mereka tak boleh dianggap remeh.

 

BSC Young Boys memang berhasil mengalahkan klub raksasa Inggris, Manchester United. Meskipun begitu, segala hal bisa terjadi mengingat perjalanan fase grup Liga Champions masih panjang. Menurutmu, mampukah BSC Young Boys berbicara banyak di Liga Champions musim ini?

Baca Juga: MU Panen Rekor Buruk Usai Kalah dari Young Boys, Apes!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya