5 Gelandang Bertahan Top yang Bertipe Anchor Man

Mulai dari Fabinho hingga Rodri

Tak banyak yang tahu bahwa gelandang bertahan memiliki banyak tipe. Beberapa tipe yang populer adalah anchor man, destroyer, atau box to box. Anchor man merupakan pemain yang selalu memberikan perlindungan agar tim lawan tak dapat menyerang. 

Biasanya, posisi mereka berada di antara dua bek tengah dan agak ke depan. Sejauh ini, terdapat beberapa gelandang bertahan top yang diketahui bertipe anchor man. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Fabinho (Liverpool)

5 Gelandang Bertahan Top yang Bertipe Anchor ManFabinho bersama Liverpool (skysports.com)

Fabinho merupakan gelandang bertahan andalan Liverpool dalam beberapa musim terakhir. Jika diperlukan, dia dapat dirotasi menjadi bek tengah. Posisinya sebagai anchor man membuat dirinya tak kesulitan jika dirotasi sebagai bek tengah. 

Fabinho memiliki kemampuan yang bagus dalam membaca serangan. Selain itu, posturnya yang tinggi membuat dirinya unggul dalam bola-bola atas. Tak heran dia merupakan salah satu anchor man terbaik pada musim 2021/2022. 

2. Declan Rice (West Ham)

5 Gelandang Bertahan Top yang Bertipe Anchor ManDeclan Rice bersama West Ham (footballfancast.com)

Walau tak memperkuat The Big Six Premier League, Declan Rice merupakan salah satu anchor man terbaik di kompetisi tersebut. Salah satu kapten West Ham itu namanya naik daun setelah tampil apik di Piala Eropa 2020. 

Memiliki postur yang besar, Rice mampu merusak pola serangan tim lawan dengan baik. Dia juga tak mudah untuk dilewati oleh pemain tim lawan yang memiliki kecepatan dan dribble yang mumpuni.

Baca Juga: West Ham United Mematok Harga Declan Rice Sebesar 150 Juta Euro

3. Sergio Busquets (Barcelona)

5 Gelandang Bertahan Top yang Bertipe Anchor ManSergio Busquets bersama Barcelona (fcbarcelonanoticias.com)

Sergio Busquets merupakan kapten utama Barcelona saat ini. Berposisi sebagai gelandang bertahan, dia mampu menjadi penyeimbang lini tengah. Busquets cukup cermat dalam merusak pola serangan lawan. 

Pemain asal Spanyol itu merupakan lulusan asli akademi Barcelona yang diorbitkan pada 2008 lalu. Dia juga merupakan pemain internasional Spanyol yang sudah tampil sebanyak 133 kali sejak 2009. 

4. Fernandinho (Manchester City)

5 Gelandang Bertahan Top yang Bertipe Anchor Manpotret Fernandinho di Manchester City (skysports.com)

Kapten utama Manchester City, Fernandinho, juga merupakan gelandang bertahan bertipe anchor man. Saat para pemain sayap Manchester City membantu menyerang, Fernandinho berada di tengah-tengah dua bek tengah tim tersebut. 

Seperti Fabinho, Fernandinho juga dapat dirotasi menjadi bek tengah jika diperlukan. Bahkan, pemain asal Brasil itu juga dapat berposisi sebagai bek sayap kanan.

5. Rodri (Manchester City)

5 Gelandang Bertahan Top yang Bertipe Anchor ManRodri bersama Manchester City (football-espana.net)

Biasanya, seorang anchor man jarang membantu menyerang. Namun, di bawah taktik Pep Guardiola, Rodri kerap membantu timnya membangun serangan saat Manchester City bermain menekan setengah lapangan.

Rodri memiliki tipe permainan yang satu visi seperti Declan Rice. Dia mampu membaca pola serangan tim lawan dengan baik sekaligus unggul dalam menghalau umpan-umpan silang.

 

Kelima gelandang bertahan tersebut merupakan anchor man top saat ini. Mereka memiliki peran penting dalam menjaga lini belakang timnya masing-masing. 

Baca Juga: 10 Fakta Rodri, Gelandang Bertahan Andalan Pep Guardiola

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya