Comscore Tracker

5 Hal Menarik Kemenangan Bayern Munchen atas Borussia Dortmund

Bayern Munchen menjauh dari kejaran Borussia Dortmund

Bayern Munchen berhasil mempertegas dominasi timnya di ajang Bundesliga musim ini setelah mengalahkan tuan rumah Borussia Dortmund 2-3. Berstatus tim tamu, 3 gol Bayern Munchen dicetak oleh Lewandowski (9' dan 77') dan Coman (44'). Sedangkan 2 gol Dortmund dicetak oleh Brandt (5') dan Haaland (48'). 

Menariknya, laga ini berlangsung cukup berimbang karena pada dasarnya kedua tim sama-sama tampil menyerang. Pastinya terdapat catatan menarik terkait laga Borussia Dortmund dan Bayern Munchen kali ini. Kira-kira apa saja hal tersebut? Berikut penjelasannya. 

1. Thomas Müller menjadi pemain dengan assist terbanyak di liga top Eropa sejauh musim ini

5 Hal Menarik Kemenangan Bayern Munchen atas Borussia Dortmundpotret Thomas Muller bersama Bayern Munich (thesefootballtimes.co)

Thomas Müller berhasil mencetak 1 assist bagi Robert Lewandowski pada menit ke-9. Assist tersebut cukup menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dari Borussia Dortmund. Menariknya, assist yang dihasilkan Thomas Müller membuat namanya menjadi pencetak assist terbanyak di liga top Eropa sejauh musim ini.

Liga top Eropa sendiri terdiri dari Premier League, Bundesliga, Serie A, LaLiga, dan Serie A. Ada juga nama Mohamed Salah dari Liverpool yang menempati posisi kedua pencetak assist terbanyak di liga top Eropa, yaitu 9 assists

2. Walau gemilang, Erling Haaland selalu kalah saat melawan Bayern Munich di Bundesliga

5 Hal Menarik Kemenangan Bayern Munchen atas Borussia Dortmundpotret Erling Haaland bersama Borussia Dortmund (en.as.com)

Dalam sejarahnya, sudah ada 4 laga yang dijalani Erling Haaland untuk melawan Bayern Munchen di ajang Bundesliga. Dia selalu tampil gemilang di laga melawan Bayern Munchen dan bahkan sudah mencetak 4 gol. Sayangnya, Haaland selalu mengalami kekalahan dari Bayern Munchen. 

Di laga kali ini, Haaland sebenarnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelan menjebol gawang Manuel Neuer pada menit ke-48. Sayangnya, Borussia Dortmund harus mendapatkan hadiah penalti dan Lewandowski berhasil mengeksekusinya dengan baik di menit ke-77. 

Baca Juga: 5 Pemain Borussia Dortmund Bernomor Punggung 9 sebelum Haaland 

3. Kontroversi wasit Felix Zwayer yang memberikan hadiah penalti ke Bayern Munchen

5 Hal Menarik Kemenangan Bayern Munchen atas Borussia Dortmundpotret para pemain Borussia Dortmund saat melakukan protes terhadap Felix Zwayer (theathletic.com)

Laga Borussia Dortmund melawan Bayern Munchen diwarnai kontroversi. Pasalnya, para pemain Borussia Dortmund mempertanyakan hadiah penalti yang diberikan kepada Borussia Dortmund pada menit ke-75. Hadiah penalti tersebut yang melatarbelakangi kekalahan Dortmund. 

Kala itu, wasit Felix Zwayer memutuskan untuk memberikan penalti setelah Matt Hummels tampak melakukan pelanggaran handball. Walau begitu, yang menjadi perdebatan ialah Hummels sama sekali tak melihat bola saat melakukan sentuhan dengan bola di kotak penalti.

Sebelumnya, wasit Felix Zwayer terlibat skandal pengaturan skor pada tahun 2005 sehingga dijatuhkan sanksi dilarang memimpin laga selama 6 bulan. Walau begitu, skandal tersebut baru terekspos oleh publik pada tahun 2014. 

4. Robert Lewandowski hanya butuh 3 gol untuk samai rekor Cristiano Ronaldo

Gol terbanyak dalam satu tahun kalender masih dipegang Cristiano Ronaldo saat membela Real Madrid. Menariknya, rekor tersebut dapat saja dipecahkan oleh Robert Lewandowski. Pasalnya, 2 gol di laga ini membuat perolehan gol Lewandowski di tahun 2021 menjadi 66. 

Artinya, Lewandowski hanya butuh 3 gol untuk menyamai rekor Ronaldo. Banyak yang percaya dia akan benar-benar memecahkan rekor Ronaldo mengingat masih banyak yang tersisa hingga akhir tahun 2021. 

5. Bayern Munchen menjauh dari kejaran Borussia Dortmund di klasemen sementara

5 Hal Menarik Kemenangan Bayern Munchen atas Borussia Dortmundpotret laga Bayern Munich melawan Borussia Dortmund (twitter.com/FCBayernEN)

Dengan kemenangan Bayern Munchen, klub tersebut masih kokoh di puncak klasemen sementara. Bayern Munchen sudah meraih 34 poin dari 11 kemenangan, 1 hasil imbang, dan 2 kekalahan. 

Ada pula Borussia Dortmund yang mengoleksi 30 poin dan berada di posisi kedua klasemen sementara. Andaikan laga berakhir imbang, setidaknya Borussia Dortmund hanya memiliki selisih 1 poin dengan Bayern Munchen. 

 

Nah, itu dia 5 catatan menarik pasca laga Bayern Munchen melawan Borussia Dortmund. Kedua tim masih sama-sama berada di papan atas klasemen sementara. Tak hanya itu, peluang kedua tim menjuarai Bundesliga 2021/2022 masih terbuka lebar. 

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Pernah Gagal Diboyong oleh Bayern Munich

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya