5 Hal Menarik tentang Grup E Piala Dunia 2022 Qatar

Jerman dan Spanyol diunggulkan lolos ke babak 16 besar

FIFA telah merilis hasil undian pembagian grup Piala Dunia 2022 yang akan diselenggarakan di Qatar. Terdapat 8 grup yang masing-masing terdiri dari 4 tim. Salah satu grup yang mencuri perhatian publik adalah Grup E.

Bagaimana tidak, Jerman dan Spanyol berada di grup tersebut. Grup ini diyakini akan sangat sengit dalam perebutan tiket ke babak enam belas besar.

1. Masih ada satu spot yang akan diperebutkan Kosta Rika dan Selandia Baru di Grup E

5 Hal Menarik tentang Grup E Piala Dunia 2022 QatarKeylor Navas (instagram.com/keylornavas1)

Tiga negara sudah dipastikan masuk ke Grup E, yaitu Jerman, Spanyol, dan Jepang. Sedangkan, satu spot lainnya akan diisi pemenang playoff Intercontinental antara Kosta Rika dan Selandia Baru. 

Kedua tim diyakini memilki kekuatan yang sama kuat. Walau begitu, Kosta Rika yang diperkuat Keylor Navas sedikit diunggulkan pada laga ini. Laga Kosta Rika melawan Selandia Baru kabarnya akan diselenggarakan pada 13 atau 14 Juni 2022.

2. Jerman jadi tim dengan penampilan Piala Dunia terbanyak di Grup E

5 Hal Menarik tentang Grup E Piala Dunia 2022 Qatartim nasional Jerman(90min.com)

Jerman menjadi tim dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia di antara sesama anggota Grup E. Jerman sudah tampil sebanyak sembilan belas kali di Piala Dunia.

Ada pula Spanyol yang telah tampil sebanyak lima belas kali di turnamen ini. Sementara, Jepang yang menjadi perwakilan Asia memiliki pengalaman di tujuh edisi Piala Dunia.

Kosta Rika sendiri jauh lebih unggul dari Selandia Baru dalam pengalaman di Piala Dunia. Mereka sudah tampil sebanyak lima edisi ketika Selandia Baru hanya sempat menjajal dua edisi.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik Grup C Piala Dunia 2022 Qatar

3. Jerman dan Spanyol berpengalaman mengangkat trofi Piala Dunia

5 Hal Menarik tentang Grup E Piala Dunia 2022 QatarAymeric Laporte bersama Spanyol (fcbarcelonanoticias.com)

Terlepas dari pemenang babak playoff Intercontinental antara Selandia Baru dan Kostarika, Jerman dan Spanyol diunggulkan untuk lolos ke babak enam belas besar. Bagaimana tidak, kedua negara sudah pernah mengangkat trofi Piala Dunia.

Spanyol berhasil meraih trofi Piala Dunia 2010 saat tim tersebut masih diperkuat Iker Casillas, Xavi Hernandez, hingga Carles Puyol. Sedangkan, Jerman meraih trofi Piala Dunia sebanyak empat kali pada 1954, 1974, 1990, dan 2014.

4. Deretan pemain termahal di Grup E Piala Dunia 2022 Qatar

5 Hal Menarik tentang Grup E Piala Dunia 2022 QatarRodri bersama Manchester City (en.as.com)

Joshua Kimmich yang membela Bayern Munich menjadi pemain dengan banderol termahal di Grup E. Kimmich saat ini dibanderol dengan harga 85 juta euro atau setara Rp1,3 triliun. Di posisi kedua, ada nama Pedri yang dibanderol 80 juta euro atau Rp1,2 triliun.

Ada juga nama Kai Havertz, Leroy Sane, dan Rodri yang menempati posisi ketiga dengan banderol 70 juta euro atau setara Rp1,1 triliun. Dalam daftar sepuluh besar, tak ada nama pemain Jepang, Kosta Rika, maupun Selandia Baru.

5. Jadwal pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 Qatar

5 Hal Menarik tentang Grup E Piala Dunia 2022 QatarTakefusa Kubo bersama timnas Jepang (factmandu.com)

Berikut jadwal lengkap pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 waktu Indonesia barat:

Rabu, 23 November 2022

Jerman vs Jepang (19.00)

Spanyol vs Kosta Rika/Selandia Baru (22.00)

Minggu, 27 November 2022

Jepang vs Kosta Rika/Selandia Baru (16.00)

Senin, 28 November 2022

Spanyol vs Jerman (01.00)

Jumat, 2 Desember 2022

Jepang vs Spanyol (01.00)

Kosta Rika/Selandia Baru vs Jerman (01.00)

Walau Jerman dan Spanyol diunggulkan untuk lolos ke babak enam belas besar dari Grup E, bukan berarti Jepang dan Selandia Baru/Kosta Rika tak mampu memberikan kejutan. Ketiga negara tersebut siap jadi tim kuda hitam di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: 5 Hal Menarik tentang Grup D Piala Dunia 2022 Qatar

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya