5 Hal Menarik Undian Liga Champions 2022/2023

Erling Haaland lawan Borussia Dortmund

UEFA telah menyelesaikan undian Liga Champions Eropa 2022/2023 di Istanbul, Turki, pada Kamis (25/8/2022) malam WIB. Ini menandakan fase grup Liga Champions segera dimulai. 

Ada cukup banyak kejutan mengenai undian ini, mulai dari grup neraka hingga pemain bintang yang akan melawan mantan klubnya. Berikut lima hal menarik undian Liga Champions 2022/2023.

1. Grup C jadi grup neraka

5 Hal Menarik Undian Liga Champions 2022/2023Robert Lewandowski bermain bersama Bayern Munich. (twitter.com/lewy_official)

Grup C jadi grup neraka di Liga Champions Eropa 2022/2023. Bagaimana tidak, terdapat tiga klub yang pernah menjuarai ajang ini, yaitu Bayern Munich, Barcelona, dan Inter Milan. 

Ada pula perwakilan Republik Ceko yang jadi tim kuda hitam, yaitu Viktoria Plzen. Sulit untuk memprediksi klub mana yang akan lolos di Grup C mengingat semua tim sama-sama memiliki kekuatan yang merata.

2. Semua tim Grup D memiliki peluang yang sama untuk lolos ke babak enam belas besar

5 Hal Menarik Undian Liga Champions 2022/2023Richarlison bermain bersama Tottenham Hotspur. (twitter.com/richarlison97)

Dari delapan grup di Liga Champions, tim-tim di Grup D cukup merata. Keempat tim tersebut adalah  Eintracht Frankfurt, Tottenham Hotspur, Sporting CP, dan Marseille.

Frankfurt masuk plot satu karena mereka berstatus juara Liga Europa 2021/2022. Tottenham, Sporting CP, Marseille juga sedang berbenah habis-habisan pada musim panas ini di liga masing-masing dengan mendatangkan beberapa pemain top.

Baca Juga: Hasil Undian Liga Champions 2022/23, Barcelona Ketemu Bayern Lagi

3. Para bintang yang bertemu eks klubnya

5 Hal Menarik Undian Liga Champions 2022/2023Erling Haaland bersama Manchester City (twitter.com/ErlingHaaland)

Robert Lewandowski akan bertemu eks klubnya, Bayern Munich. Pada bursa transfer 2022/2023, Lewandowski hengkang ke Barcelona dengan harga 45 juta euro atau Rp663 miliar. Lewandowski dikabarkan ingin mencari tantangan baru dengan membela Barcelona.

Ada juga Erling Braut Haaland yang bertemu Borussia Dortmund di Grup G. Pastinya laga Manchester City melawan Dortmund akan menjadi laga yang emosional bagi bintang asal Norwegia itu. 

Fikayo Tomori juga akan bertemu Chelsea yang tak memakainya beberapa musim lalu. AC Milan dan Chelsea sama-sama berada di Grup E.

Sementara itu, Angel Di Maria yang membela Juventus akan melawan Paris Saint-Germain di Grup H. Ini akan menjadi pertemuan yang menarik.

4. Deretan tim kuda hitam di Liga Champions 2022/2023

Tiap musimnya terdapat tim kuda hitam di Liga Champions. Pada 2022/2023, beberapa klub diyakini akan memberikan kejutan pada fase grup dengan berbagai faktor tertentu. Benfica bisa menjadi pengganjal Paris Saint-Germain dan Juventus untuk lolos mudah di Grup H.

Klub asal Ukraina, Shakhtar Donetsk, juga memiliki motivasi tinggi agar lolos di Grup F walau harus melawan Real Madrid, RB Leipzig, dan Celtic. Sementara, Rangers bisa menjadi penghalang Liverpool, Napoli, dan Ajax untuk lolos ke babak enam belas besar mengingat penampilan apik mereka pada 2021/2022 lalu. 

5. Undian fase grup Liga Champions 2022/2023

5 Hal Menarik Undian Liga Champions 2022/2023trofi Liga Champions (twitter.com/ChampionsLeague)

Berikut hasil undian fase grup Liga Champions 2022/2023 yang dilakukan oleh eks bintang Manchester City, Yaya Toure:

Grup A: Ajax, Liverpool, Napoli, Rangers

Grup B: FC Porto, Atletico Madrid, Bayer Leverkusen, Club Brugge

Grup C: Bayern Munich, Barcelona, Inter Milan, Viktoria Plzen

Grup D: Eintracht Frankfurt, Spurs, Sporting CP, Marseille

Grup E: AC Milan, Chelsea, RB Salzburg, Dinamo Zagreb

Grup F: Real Madrid, RB Leipzig, Shakhtar Donetsk, Celtic

Grup G: Manchester City, Sevilla, Borussia Dortmund, Copenhagen

Grup H: PSG, Juventus, Benfica, Maccabi Hafia

Dari deretan klub di atas, klub mana saja yang menurutmu akan lolos ke babak enam belas besar? Lalu, klub mana saja yang akan memberikan kejutan pada fase grup? Hal menarik undian Liga Champions 2022/2023 makin menarik dengan pertanyaan-pertanyaan itu.

Baca Juga: 9 Klub Liga Inggris yang Pernah Main di Final Liga Champions

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya