Hanya 5 Klub Ini yang Pernah Menjuarai Liga NOS Portugal, Dominan

Apakah ada klub lain yang akan menjuarai Liga NOS Portugal?

Liga NOS Portugal mungkin tak sepopuler liga-liga lainnya seperti Premier League, Serie A, LaLiga, Bundesliga, dan Ligue 1. Meskipun begitu, Liga NOS kerap menghasilkan berbagai pemain bintang yang saat ini bermain di beberapa klub top Eropa.

Beberapa nama pemain top tersebut tak lain ialah Cristiano Ronaldo, Ruben Dias, Bernardo Silva, Pepe, hingga Rui Patricio. Dalam sejarahnya, memang Liga NOS bukan merupakan kompetisi yang sangat kompetitif.

Hal tersebut dapat dilihat dari fakta bahwa hanya ada 5 klub yang pernah menjuarai Liga NOS Portugal sepanjang sejarah. Klub mana saja? Berikut daftar klub yang pernah menjuarai Liga NOS. 

1. Benfica - 37 gelar

Hanya 5 Klub Ini yang Pernah Menjuarai Liga NOS Portugal, Dominanpotret skuad Benfica(slbenfica.pt)

Benfica merupakan langganan juara Liga NOS hampir di setiap tahun dalam satu dekade terakhir. Sayangnya, pada musim ini Benfica hanya mampu berada di posisi ketiga di bawah Sporting CP dan FC Porto. Dengan hal tersebut, Benfica harus mengikuti kualifikasi Liga Champions musim depan sebagai perwakilan Portigal.

Dalam sejarahnya, Benfica merupakan klub terbanyak yang mengoleksi gelar Liga NOS. Total gelar liga yang diperoleh klub asal Kota Lisbon itu sebanyak 37 kali. Selain itu, Benfica juga merupakan klub terbanyak yang pernah menjadi runner up Liga NOS di sepanjang sejarah kompetisi tersebut. 

2. FC Porto - 29 gelar

Hanya 5 Klub Ini yang Pernah Menjuarai Liga NOS Portugal, Dominanpotret skuad FC Porto di tahun 2004(the42.ie)

FC Porto merupakan klub besar di Liga NOS yang berasal dari Kota Porto. Pada musim ini, FC Porto menjadi runner up Liga NOS dengan mengoleksi 80 poin. Ini merupakan gelar runner up yang ke-28.

Dalam sejarahnya, FC Porto sudah menjuarai Liga NOS sebanyak 29 kali. Terakhir kalinya FC Porto menjuarai Liga NOS ialah pada tahun 2020 lalu. Bagi kamu yang belum tahu, FC Porto merupakan juara Liga NOS yang pertama dalam sejarah kompetisi tersebut.

Baca Juga: 8 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Klub Primeira Liga Portugal 

3. Sporting CP - 19 kali

Hanya 5 Klub Ini yang Pernah Menjuarai Liga NOS Portugal, Dominanpotret Sporting CP merayakan gelar Liga NOS 2020/2021(punchng.com)

Pada musim 2020/2021, Sporting CP berhasil menjuarai Liga NOS dengan mengoleksi 85 poin. Gelar ini merupakan yang ke-19 bagi klub yang bermarkas di Kota Lisbon itu. Sporting CP ternyata juga pernah meraih gelar runner up Liga NOS sebanyak 21 kali. 

Sebelum meraih gelar juara pada musim ini, Sporting CP menjuarai Liga NOS pada tahun 2002 lalu. Pastinya musim ini merupakan musim yang sangat berarti bagi skuad Sporting CP karena mereka mampu memecahkan dominasi Benfica dan FC Porto dalam 2 dekade terakhir.

4. Belenenses - 1 kali

Hanya 5 Klub Ini yang Pernah Menjuarai Liga NOS Portugal, Dominanpotret para pemain Belenenses(slbenfica.pt)

Pernah mendengar klub sepak bola Belenenses? Klub tersebut merupakan salah satu klub sepak bola tertua yang ada di negara Portugal. Pada musim ini, klub tersebut hanya mampu berada di peringkat kesepuluh.

Meskipun tak tampil cemerlang pada musim ini, siapa sangka bahwa Belenenses pernah menjuarai Liga NOS sebanyak satu kali. Gelar tersebut berhasil mereka dapatkan pada tahun 1946 silam. Kala itu, runner up Liga NOS ialah Benfica yang saat ini menyandang gelar sebagai klub terbanyak yang meraih gelar kompetisi tersebut. 

5. Boavista - 1 kali

Hanya 5 Klub Ini yang Pernah Menjuarai Liga NOS Portugal, Dominanpotret para pemain Boavista(portugoal.net)

Boavista merupakan klub asal Portugal yang bermarkas di Kota Porto. Klub yang didirikan pada tahun 1903 itu berada di posisi ke-13 di Liga NOS musim ini dengan mengoleksi 36 poin. Tak banyak yang tahu bahwa Boavista pernah menjuarai Liga NOS pada tahun 2001.

Gelar Liga NOS tersebut merupakan gelar pertama sekaligus terakhir bagi klub Boavista hingga saat ini. Boavista juga pernah menjadi runner up Liga NOS sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1976, 1999, dan 2002.

 

Nah, itu dia 5 klub yang pernah menjuarai Liga NOS Portugal dalam sejarah kompetisi tersebut. Sejauh ini, Benfica sangat mendominasi kompetisi ini walapun pada musim ini klub tersebut mengalami penurunan peforma. Kira-kira, apakah ada klub baru selain daftar di atas yang akan menjuarai Liga NOS?

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga NOS Portugal, Siapa Teratas?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya