Comscore Tracker

Jarang Tampil di Klub, 5 Pemain Ini Bersinar di Piala Eropa 2020

Ada dua bek tengah milik Manchester City

Para peserta Piala Eropa 2020 baru saja menyelesaikan seluruh pertandingan di fase grup. Setidaknya terdapat 16 negara yang berhasil lolos ke fase gugur. Pastinya dari 16 negara yang lolos itu, mereka mempunyai beberapa pemain yang bersinar selama bertanding di fase grup.

Uniknya, beberapa pemain yang bersinar tersebut ternyata jarang dimainkan di klubnya pada musim 2020/2021. Kira-kira siapa saja mereka? Berikut 5 pemain yang bersinar di Piala Eropa 2020 meskipun jarang tampil di klub. 

1. Xherdan Shaqiri - Swiss

Jarang Tampil di Klub, 5 Pemain Ini Bersinar di Piala Eropa 2020potret Xherdan Shaqiri bersama Timnas Swiss (thesun.co.uk)

Bagi kamu para fans Liverpool, pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Xherdan Shaqiri. Memang, di sepanjang musim 2020/2021, Shaqiri sangat jarang dimainkan di Liverpool, baik di Premier League, Liga Champions, Piala FA, atau Carabao Cup. Dia hanya bertanding sebanyak 20 kali di semua kompetisi. 

Selain itu, dari 20 pertandingan yang dijalaninya di Liverpool, dia juga kerap masuk sebagai pemain cadangan. Meskipun begitu, Shaqiri berhasil menunjukkan kualitasnya di Grup A Piala Eropa 2020 dengan menyumbang 3 gol dan 1 assist. Meskipun Swiss menempati posisi ketiga di Grup A, negara tersebut tetap lolos ke babak 16 besar karena unggul dalam jumlah poin dari beberapa negara peringkat ketiga di grup lainnya.

2. Nathan Ake - Belanda

Jarang Tampil di Klub, 5 Pemain Ini Bersinar di Piala Eropa 2020potret Nathan Ake berssama Timnas Belanda(90min.com)

Nathan Ake merupakan salah satu pemain penting di lini belakang Timnas Belanda pada Piala Eropa 2020. Selain berposisi sebagai bek tengah, dia juga mampu dirotasi sebagai bek sayap kiri. Dia bahkan sudah mencetak 1 assist dari 2 pertandingan fase grup yang dijalaninya.

Pemain Manchester City itu memang jarang tampil di klub akibat cedera yang dideritanya. Selain itu, Nathan Ake harus kalah bersaing dari duet John Stones dan Ruben Dias pada musim 2020/2021. Ake dipercaya akan menjadi salah satu opsi utama Belanda di fase gugur Piala Eropa 2020 nanti.

Baca Juga: 5 Alasan Belanda Berpotensi Juarai Piala Eropa 2020, Setuju?

3. Andriy Yarmolenko - Ukraina

Jarang Tampil di Klub, 5 Pemain Ini Bersinar di Piala Eropa 2020potret Andriy Yarmolenko bersama Timnas Ukraina(cultofcalcio.com)

Andriy Yarmolenko merupakan salah satu pemain Ukraina yang berhasil bersinar di Piala Eropa 2020. Pemain West Ham United itu sudah mencetak 2 gol dan 1 assist di fase grup. Konstribusinya cukup untuk mengantarkan Ukraina lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020.

Uniknya, Andriy Yarmolenko jarang dimainkan di West Ham United. Pemain berusia 31 tahun itu hanya bermain sebanyak 15 kali di Premier League musim 2020/2021. Bahkan, dia sendiri sempat bermain di Premier League 2 bersama West Ham U-23. 

4. Aymeric Laporte - Spanyol

Jarang Tampil di Klub, 5 Pemain Ini Bersinar di Piala Eropa 2020potret Aymeric Laporte bersama Timnas Spanyol(football-espana.net)

Aymeric Laporte berhasil menyumbang satu gol saat Spanyol membantai Slovakia dengan skor 5-0. Laporte juga tampil gemilang di setiap pertandingan yang dijalaninya pada fase grup Piala Eropa 2020. Pemain naturalisasi asal Prancis itu memang menjadi sosok penting di lini belakang Spanyol saat ini.

Uniknya, di klubnya Manchester City, Laporte bukan menjadi pilihan utama Pep Guardiola untuk mengisi lini belakang. Dapat dikatakan Laporte kalah bersaing dengan duet John Stones-Ruben Dias. Alhasil, Laporte hanya bermain sebanyak 16 kali di Premier League 2020/2021 dan beberapa diantaranya dia masuk sebagai pemain pengganti. 

5. Thorgan Hazard - Belgia

Jarang Tampil di Klub, 5 Pemain Ini Bersinar di Piala Eropa 2020potret Thorgan Hazard bersama Timnas Belgia(90min.com)

Thorgan Hazard memang jarang tampil di Borussia Dortmund pada musim 2020/2021. Meskipun begitu, dia berhasil menunjukkan kualitasnya di fase grup Piala Eropa 2020. Setidaknya dia menyumbang satu gol dari 2 pertandingan yang dijalaninya.

Thorgan Hazard merupakan pemain sayap kiri yang sudah bergabung Timnas Belgia sejak tahun 2013 lalu dan memberikan penampilan sebanyak 37 kali. Uniknya, posisi yang dimainkannya sama dengan posisi yang dimainkan saudaranya, Eden Hazard.

Nah, itu dia 5 pemain yang tampil bersinar di Piala Eropa 2020 walau jarang bermain di klubnya. Aymeric Laporte merupakan salah satu pemain yang paling disorot peformanya di Timnas Spanyol. Hal tersebut tak lepas dari keberhasilannya dalam menunjukkan kualitasya setelah tersingkir dari Manchester City dan Timnas Prancis dalam satu musim terakhir. 

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tampil Mengecewakan di Fase Grup Piala Eropa 2020

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya