Comscore Tracker

Jelang Belgia vs Prancis, Berikut 5 Fakta tentang Laga Tersebut

Siapa yang bertemu Spanyol di final UEFA Nations League?

Laga semifinal UEFA Nations League antara Italia dan Spanyol baru saja dimenangkan Spanyol dengan skor 1-2. Dua gol Spanyol dicetak oleh Ferran Torres, sedangan 1 gol Italia dicetak oleh Pellegrini. Dengan hal tersebut, Spanyol berhak untuk melaju ke babak final. 

Nantinya, Spanyol akan berhadapan dengan pemenang laga Prancis melawan Belgia. Laga ini juga dipercaya akan mempertontonkan pertandingan yang menarik. 

Pastinya terdapat hal-hal menarik menjelang laga antara Prancis melawan Belgia. Berikut lima fakta tentang babak semifinal UEFA Nations League antara Les Blues melawan De Rode Duivels. 

1. Waktunya untuk move on dari Piala Eropa 2020

Jelang Belgia vs Prancis, Berikut 5 Fakta tentang Laga Tersebutpotret Kylian Mbappe dan Eden Hazard (diggingsports.com)

Di Piala Eropa 2020, Belgia dan Prancis tak mampu berbicara banyak. Padahal, pada awalnya, kedua negara tersebut diunggulkan untuk meraih trofi Piala Eropa 2020. Sayangnya, langkah Prancis harus terhenti di babak 16 besar setelah kalah adu penalti oleh Swiss. 

Sedangkan, Belgia harus mengakui keunggulan Italia dengan skor 1-2 pada babak perempatfinal. Semifinal UEFA Nations League dapat menjadi ajang bagi kedua tim agar bisa bangkit kembali di kancah internasional. Pastinya, laga ini tidak akan disia-siakan oleh kedua belah pihak agar dapat meraih trofi tahun  ini. 

2. Secara head to head, Prancis masih kalah dari Belgia

Jelang Belgia vs Prancis, Berikut 5 Fakta tentang Laga Tersebutpotret Kylian Mbappe dan Kevin De Bruyne (rt.com)

Dalam sejarah pertemuan kedua tim tersebut, sudah ada 74 laga yang dimainkan. Terdapat 25 laga yang dimenangkan oleh Prancis, sedangkan 30 laga dimenangkan oleh Belgia. Ada pula 19 laga yang berakhir sama imbang. 

Dari 10 pertemuan terakhir Prancis dan Belgia, skuad Les Blues sudah menang sebanyak 5 kali dan kalah sebanyak 2 kali. Walau begitu, beberapa laga yang dimenangkan oleh Prancis hanya bersifat sebagai laga persahabatan. 

Baca Juga: 5 Pemain Top Italia yang Tak Dibawa di Semifinal UEFA Nations League

3. Dari rekan seklub menjadi lawan di tim nasional

Jelang Belgia vs Prancis, Berikut 5 Fakta tentang Laga Tersebutpotret Karim Benzema dan Thibaut Courtouis di Real Madrid (marca.com)

Pada laga semifinal antara Belgia dan Prancis, mempertemukan cukup banyak pemain yang berada di satu klub yang sama. Sebut saja Karim Benzema yang harus menjebol gawang rekan setimnya di Real Madrid, Thibaut Courtouis. Selain itu, Benzema juga akan adu tajam dengan Eden Hazard yang juga merupakan rekannya di Real Madrid. 

Ada juga pemain Lyon, Jason Denayer yang harus melawan Leo Dubois. Pemain tengah Belgia, Alexis Saelemaekers, harus menghadapi Theo Hernandez dan Mike Maignan yang merupakan rekannya di AC Milan.

Dari sekian nama-nama di atas, hanya ada Hazard, Benzema, dan Courtouis yang dipercaya akan menjadi starter pada laga ini. 

4. Dalam lima pertandingan terakhir melawan negara lain, Belgia lebih cemerlang daripada Prancis

Jelang Belgia vs Prancis, Berikut 5 Fakta tentang Laga Tersebutpotret para pemain Belgia dan Prancis (fifa.com)

Sama-sama berstatus sebagai tim besar, nasib kedua tim cukup berbeda pada lima laga terakhir. Belgia sudah mengoleksi 4 kemenangan dari 5 laga terakhir yang dijalaninya, termasuk Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tim tersebut hanya mengalami kekalahan dari Italia pada ajang Piala Eropa 2020. 

Sedangkan, Prancis hanya mampu memperoleh 1 kemenangan dari 5 laga terakhirnya, saat melawan Finlandia dengan skor 2-0 pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada empat laga sisanya berakhir dengan hasil imbang. Pastinya hal ini bukan kabar bagus bagi para fan Prancis. 

5. Skuad yang dibawa Belgia dan Prancis

Jelang Belgia vs Prancis, Berikut 5 Fakta tentang Laga Tersebutpotret Kylian Mbappe dan Kevin De Bruyne (sport360.com)

Belgia dan Prancis mengincar kemenangan pada laga ini. Tak heran jika kedua tim membawa skuad terbaiknya pada ajang semifinal UEFA Nations League tersebut. Berikut daftar skuad yang dibawa oleh kedua tim. 

Skuad Belgia

Penjaga Gawang: Koen Casteels (Wolfsburg), Thibaut Courtois (Real Madrid), Simon Mignolet (Club Brugge)

Pemain Belakang: Toby Alderweireld (Al-Duhail), Dedryck Boyata (Hertha Berlin), Timothy Castagne (Leicester), Jason Denayer (Lyon), Thomas Meunier (Dortmund), Jan Vertonghen (Benfica)

Pemain Tengah: Kevin De Bruyne (Manchester City), Leander Dendoncker (Wolverhampton), Thorgan Hazard (Dortmund), Alexis Saelemaekers (AC Milan), Youri Tielemans (Leicester), Hans Vanaken (Club Brugge), Axel Witsel (Dortmund)

Penyerang: Michy Batshuayi (Beşiktaş), Yannick Carrasco (Atletico Madrid), Charles De Ketelaere (Club Brugge), Eden Hazard (Real Madrid), Romelu Lukaku (Chelsea), Dodi Lukebakio (Wolfsburg), Leandro Trossard (Brighton)

Skuad Prancis

Penjaga Gawang: Benoit Costil (Bordeaux), Hugo Lloris (Tottenham), Mike Maignan (AC Milan)

Pemain Belakang: Lucas Digne (Everton), Leo Dubois (Lyon), Lucas Hernandez (Bayern), Theo Hernandez (AC Milan), Presnel Kimpembe (Paris Saint-Germain), Jules Kounde (Sevilla), Benjamin Pavard (Bayern), Dayot Upamecano (Bayern), Raphael Varane (Manchester United)

Pemain Tengah: Matteo Guendouzi (Marseille), Paul Pogba (Manchester United), Adrien Rabiot (Juventus), Aurélien Tchouaméni (Monaco), Jordan Veretout (Roma)

Penyerang: Wissam Ben Yedder (Monaco), Karim Benzema (Real Madrid), Moussa Diaby (Leverkusen), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), Anthony Martial (Manchester United), Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain)

Nah, itu dia hal menarik menjelang laga Prancis melawan Belgia pada semifinal UEFA Nations League. Laga ini cukup sulit untuk diprediksi mengingat materi pemain yang dimiliki kedua tim tersebut sangat bagus. Kalau kamu menjagokan Belgia atau Prancis pada laga ini?

Baca Juga: 5 Pemain Top Prancis yang Tak Dibawa ke Semifinal UEFA Nations League

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya