5 Pemain dengan Keterlibatan Gol Terbanyak di Premier League

Termasuk legenda Manchester City, Sergio Aguero

Sejak kompetisi sepak bola kasta tertinggi Inggris diubah namanya menjadi Premier League pada 1992, FA Inggris dan komite Premier League mencoba untuk mencatat hasil statistik baru. Salah satu catatan statistik yang dikelola komite Premier League adalah catatan gol dan assist. 

Dalam sejarah Premier League, terdapat beberapa pesepak bola yang sudah terlibat dalam banyak gol dan assist sekaligus. Berikut lima pemain dengan keterlibatan gol terbanyak dalam sejarah Premier League. 

1. Wayne Rooney (terlibat 311 gol)

5 Pemain dengan Keterlibatan Gol Terbanyak di Premier LeagueWayne Rooney (twitter.com/WayneRooney)

Wayne Rooney merupakan salah satu legenda sepak bola Inggris. Bagaimana tidak, Rooney merupakan eks pesepak bola dengan keterlibatan gol terbanyak di ajang Premier League. Selama membela Everton dan Manchester United, Rooney sudah terlibat dalam 311 gol. 

Dari 491 laga di dua klub tersebut, sudah ada 208 gol dan 103 assist yang disumbangkannya di ajang Premier League. Pelatih DC United itu memang dikenal sebagai penyerang yang tajam di lini depan gawang tim lawan. 

2. Frank Lampard (terlibat 262 gol)

5 Pemain dengan Keterlibatan Gol Terbanyak di Premier Leaguepelatih baru Everton Frank Lampard (theathletic.com)

Fans Chelsea dan Manchester City pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Frank Lampard. Selama berkiprah di ajang Premier League, Lampard sudah terlibat dalam 262 gol. 

Lampard berhasil mencetak 160 gol dan 102 assist selama berkarier bersama West Ham, Chelsea, dan Manchester City. Torehan tersebut diraihnya hanya dari 491 laga saat dirinya berposisi sebagai gelandang tengah. 

Baca Juga: 5 Mantan Bintang Premier League yang Pernah Bermain di Liga Australia

3. Thierry Henry (Terlibat 249 gol)

5 Pemain dengan Keterlibatan Gol Terbanyak di Premier Leaguepotret Thierry Henry bersama Arsenal(arsenal.com)

Thierry Henry merupakan salah satu legenda Arsenal. Henry sendiri sudah menyumbang 175 gol dan 74 assist di ajang Premier League. Torehan tersebut diraihnya dari 258 laga saja di kompetisi tersebut.

Selama membela Arsenal, Henry berhasil sudah meraih dua trofi Premier League, yaitu pada 2002 dan 2004. Tak hanya itu, dia juga berhasil meraih tiga trofi Piala FA dan dua trofi Community Shield bersama Arsenal. 

4. Sergio Aguero (Terlibat 231 gol)

5 Pemain dengan Keterlibatan Gol Terbanyak di Premier LeagueSergio Aguero bersama Manchester City (twitter.com/aguerosergiokun)

Sergio Aguero menjadi salah satu pemain dari Benua Amerika paling berbahaya dalam sejarah Premier League. Dari 275 laga yang dijalaninya bersama Manchester City, dia sudah terlibat dalam 231 gol. 

Sudah ada 184 gol dan 47 assist yang ditorehkan Aguero di ajang Premier League. Berbagai trofi sudah berhasil diraihnya, mulai dari Piala FA, Carabao Cup, Community Shield, hingga Premier League. Aguero memutuskan untuk pensiun di Barcelona pada Desember 2021 akibat permasalahan pada jantungnya. 

5. Harry Kane (Terlibat 226 gol)

5 Pemain dengan Keterlibatan Gol Terbanyak di Premier LeagueHarry Kane bersama Timnas Inggris (twitter.com/HKane)

Harry Kane merupakan satu-satunya pesepak bola aktif dalam daftar ini. Bermain bagi Tottenham Hotspur, Kane sudah berhasil menyumbang 183 gol dan 43 assist dari 279 laga yang dijalaninya.

Kane masih bisa menambah keterlibatan golnya di ajang Premier League mengingat dia masih aktif bermain bagi Tottenham. Setidaknya, Kane bisa mengungguli torehan Frank Lampard di urutan kedua pada musim 2022/2023.

Wayne Rooney masih menjadi pemain dengan keterlibatan gol terbanyak dalam sejarah Premier League. Apakah rekor Rooney akan terpecahkan dalam waktu dekat?

Baca Juga: Mengintip Momen Latihan Pramusim Klub Top EPL, Antonio Conte Brutal!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya