7 Kiper Pencetak Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier League

Siapa saja, ya, kiper dengan assist terbanyak?

Pada umumnya, assist diciptakan oleh seorang pemain tengah atau striker. Di era sepak bola modern, memang ada beberapa bek sayap yang juga kerap memberikan assist karena memang ditugaskan untuk membantu serangan. Namun, apa jadinya jika terdapat kiper yang kerap memberikan assist? 

Di Premier League, ada beberapa kiper yang kerap memberikan assist. Berikut 7 kiper pencetak assist terbanyak sepanjang sejarah Premier League.

1. Paul Robinson - 5 Assist

7 Kiper Pencetak Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leagueexpress.co.uk

Paul Robinson merupakan kiper asal Inggris yang saat pensiun pada tahun 2017 lalu. Dia menghabiskan sepanjang kariernya di Inggris. Klub yang pernah dibelanya adalah Leeds United, Tottenham Hotspur, Blackburn Rovers, danBurnley.

Dia menjadi kiper dengan perolehan assist terbanyak sepanjang sejarah Premier League. Setidaknya dia sudah memberikan 5 assist di kompetisi sepak bola tertinggi di Inggris tersebut.

2. Pepe Reina - 4 Assist

7 Kiper Pencetak Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leagueliverpoolecho.co.uk

Pepe Reina merupakan kiper yang saat ini membela Lazio. Kiper berusia 38 tahun ini dulunya pernah membela Liverpool dan Aston Villa. Walaupun tak terlalu lama di Premier League, dia sudah mencetak 4 assist.

Memang kiper berkebangsaan Spanyol itu mempunyai kemampuan memberikan umpan lambung yang panjang dan akurat. Tak heran jika dia pernah dipercaya memperkuat Timnas Spanyol sebanyak 38 kali.

3. David Seaman - 4 Assist

7 Kiper Pencetak Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leaguetalksport.com

Bagi kamu para pencinta sepak bola Inggris era '90-an, pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok David Seaman. Dia merupakan kiper yang pernah membela beberapa klub besar seperti Manchester City dan Arsenal. Dia juga dipercaya membela Timnas Inggris sebanyak 77 kali.

Di Premier League, dia sudah mencetak 4 assist. Klub terakhir yang dibelanya adalah Manchester City dan memutuskan pensiun pada tahun 2004.

4. Mark Crossley - 3 Assist

7 Kiper Pencetak Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leaguenottinghamforest.news

Mark Crossley merupakan kiper berkebangsaan Wales. Namun, sebelumnya dia merupakan kiper utama Timnas Inggris U-21 era '90-an. Di Premier League, dia sudah berhasil memberikan 3 assist sepanjang kariernya.

Crossley sendiri pernah membela beberapa klub seperti Manchester United dan Stoke City. Dia memutuskan pensiun pada tahun 2011 dengan klub terakhir yang dia bela adalah Chesterfield FC.

5. Tim Howard - 3 Assist

7 Kiper Pencetak Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leaguesbisoccer.com

Tim Howard juga masuk dalam 3 besar kiper pemberi assist terbanyak sepanjang sejarah Premier League sejauh ini. Dia sudah mencetak 3 assist di Premier League. Dia sendiri merupakan mantan pemain Everton dan Manchester United.

Kiper berusia 41 tahun tersebut saat ini membela Memphis 901. Dia merupakan kiper utama Timnas Amerika Serikat era 2000-an.

6. Jussi Jääskeläinen - 3 Assist

7 Kiper Pencetak Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leagueboltonwanderers.news

Jussi Jääskeläinen merupakan kiper asal Finlandia yang pensiun pada 2018 lalu. Dia merupakan mantan kiper dari Wigan Athletic, West Ham United, dan Bolton Wanderers. Dia sudah mencetak 3 assist sepanjang kariernya di Premier League.

Klub terakhir yang dibelanya ialah ATK India. Di Timnas Finlandia, dia sudah tampil sebanyak 58 kali.

7. Peter Schmeichel - 3 Assist

7 Kiper Pencetak Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leaguemanchestereveningnews.co.uk

Satu lagi kiper yang kerap memberikan assist di Premier League adalah Peter Schmeichel. Dia mencetak 3 assist sepanjang kariernya di Premier League. Dia merupakan mantan kiper Manchester City dan Manchester United.

Kiper asal Denmark tersebut memutuskan pensiun pada tahun 2003 di Manchester City. Di Timnas Denmark, dia tampil sebanyak 126 kali.

 

Nah, itu dia 7 kiper pencetak assist terbanyak di Premier League sepanjang sejarah. Pastinya momen kiper mencetak assist merupakan momen yang sangat jarang. Apakah ada kiper favoritmu dalamd daftar di atas?

Baca Juga: Penerus Peter Schmeichel, 7 Kiper Manchester United Ini Dinilai Gagal

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya