Comscore Tracker

5 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak dalam Sejarah Piala Eropa

Mulai dari Iker Casillas hingga Thibaut Courtois

Piala Eropa 2020 baru saja menyelesaikan babak semifinal. Inggris dan Italia dipastikan akan saling berjuang untuk memperebutkan trofi Piala Eropa 2020. Di semifinal, untuk pertama kalinya gawang Jordan Pickford kebobolan dalam kompetisi empat tahunan ini. 

Padahal, sebelumnya Pickford sudah menyumbang 5 clean sheets di Piala Eropa 2020. Berbicara tentang clean sheets, terdapat beberapa nama yang berhasil dinobatkan sebagai peraih clean sheets terbanyak dalam sejarah Piala Eropa. Kira-kira siapa saja ya? Yuk simak penjelasannya. 

1. Iker Casillas - 9 clean sheets (Spanyol)

5 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak dalam Sejarah Piala Eropapotret Iker Casillas bersama Timnas Spanyol(archyde.com)

Bagi kamu para fans Real Madrid, pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Iker Casillas. Kiper kebangggaan masyarakat Spanyol itu memulai karier internasionalnya pada Juni 2000 yang mana pada waktu itu dia mengikuti Piala Eropa 2000. Dia sendiri tak pernah absen di beberapa edisi Piala Eropa selanjutnya sebelum dia memutuskan untuk pensiun pada tahun lalu.

Dia sendiri sudah memberikan 9 clean sheets bagi Timnas Spanyol di Piala Eropa. Perolehan tersebut merupakan yang tertinggi dari kiper manapun yang pernah bermain di Piala Eropa. Casillas sendiri memberikan penampilan bagi negaranya sebanyak 167 kali di berbagai kompetisi dan termasuk laga persahabatan.

2. Gianluigi Buffon - 8 clean sheets (Italia)

5 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak dalam Sejarah Piala Eropapotret Gianluigi Buffon bersama Timnas Italia(football365.com)

Gianluigi Buffon merupakan salah satu kiper top dalam 2 dekade terakhir. Dia merupakan kiper legendaris milik Juventus dan Italia yang tak usah diragukan lagi kemampuannya di bawah mistar. Pemain berusia 43 tahun itu merupakan pemain baru milik klub Parma dari Juventus.

Dia memulai kariernya bersama Timnas Italia pada tahun 1997 dan Piala Eropa 2000 merupakan edisi pertama yang dia ikuti untuk ajang tersebut. Buffon sendiri sudah memberikan 8 clean sheets bagi negaranya di ajang Piala Eropa. Dia merupakan salah satu kiper dengan kiper peraih clean sheets kedua terbanyak dalam kompetisi tersebut. 

Baca Juga: 5 Duet Bek Tengah Tertangguh di Piala Eropa 2020, Siapa Saja?

3. Edwin van der Sar - 8 clean sheets (Belanda)

5 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak dalam Sejarah Piala Eropapotret Edwin van der Sar bersama Manchester United(edwinvandersarfan.info)

Bagi kamu para fans Manchester United, pastinya kamu tak asing lagi dengan sosok Edwin van der Sar. Mantan kiper utama Timnas Belanda ini sudah memberikan penampilan sebanyak 130 kali bagi negaranya sejak tahun 1995. Piala Eropa 1996 merupakan edisi pertama Piala Eropa yang dia jalani.

Selama bermain di Piala Eropa, Edwin van der Sar sudah berhasil memberikan 8 clean sheets. Dia merupakan kiper kedua dengan clean sheets terbanyak di Piala Eropa bersama Gianluigi Buffon. Dia sendiri memutuskan untuk pensiun di Manchester United pada tahun 2011 lalu. 

4. Rui Patricio - 7 clean sheets (Portugal)

5 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak dalam Sejarah Piala Eropapotret Rui Patricio bersama Wolverhampton(skysports.com)

Rui Patricio merupakan kiper utama Timnas Portugal di Piala Eropa 2020. Langkah Portugal sendiri harus terhenti di babak 16 besar setelah kalah dari Belgia degan skor 1-0. Di Piala Eropa edisi kali ini, Rui Patricio hanya memberikan 1clean sheet

Meskipun begitu, kiper berusia 33 tahun itu sudah memberikan 7 clean sheets bagi negaranya di ajang Piala Eropa yang sudah diikutinya. Dia merupakan kiper keempat dengan clean sheets terbanyak di Piala Eropa saat ini. Pemain Wolverhampton itu sudah memberikan penampilan bagi Portugal sebanyak 97 kali sejak tahun 2010. 

5. Thibaut Courtois - 6 clean sheets (Belgia)

5 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak dalam Sejarah Piala Eropapotret Thibaut Courtois bersama Timnas Belgia(90min.com)

Satu lagi kiper dengan clean sheets terbanyak di Piala Eropa ialah Thibaut Courtois. Kiper utama Belgia itu sudah memberikan 6 clean sheets di sepanjang kariernya dalam ajang Piala Eropa. Di Piala Eropa 2020, pemain Real Madrid itu sudah memberikan 3 clean sheets.

Sayangnya, Belgia harus kalah dengan finalis Piala Eropa 2020 Italia dengan skor 1-2. Thibaut Courtois sendiri sudah memberikan penampilan bagi negaranya sebanyak 89 kali sejak tahun 2011 lalu. Mantan pemain Chelsea itu diyakini bisa saja melampaui perolehan clean sheets Casillas mengingat umurnya yang masih berusia 29 tahun. 

Nah, itu dia 5 kiper dengan perolehan clean sheets terbanyak di sepanjang sejarah Piala Eropa. Casillas masih memimpin rekor tersebut hingga saat ini. Adapun Thibaut Courtois yang berpeluang untuk mengungguli perolehan Casillas di Piala Eropa 2024 nanti. 

Baca Juga: 5 Striker Top yang Nihil Gol di Piala Eropa 2020, Siapa Saja?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya