5 Kiper Muda yang Diyakini Naik Daun pada Musim 2022/2023

Termasuk kapten utama FC Nantes, Alban Lafont

Posisi penjaga gawang atau kiper merupakan posisi yang tak kalah penting dalam dunia sepak bola. Kiper merupakan pemain terakhir yang bertanggung jawab untuk menghalang bola untuk masuk ke gawangnya. 

Pada musim 2022/2023 ini, ada beberapa kiper muda yang diyakini akan naik daun seiring dengan penampilan apiknya sejauh ini. Kira-kira, siapa saja mereka yang masuk dalam daftar ini? Yuk simak penjelasannya. 

1. Diogo Costa (FC Porto)

5 Kiper Muda yang Diyakini Naik Daun pada Musim 2022/2023Diogo Costa berlatih bersama Portugal. (instagram.com/diogomcosta99)

Diogo Costa merupakan lulusan akademi FC Porto yang diorbitkan ke dalam skuad utama pada 2019 lalu. Dia mulai menjadi kiper utama FC Porto pada musim 2021/2022 lalu. Costa diyakini akan tampil impresif pada musim 2022/2023.

Setidaknya Costa sudah meraih empat clean sheets dari tujuh laga Liga Portugal yang dimainkannya. Tak hanya itu, Costa juga mulai dipercaya untuk menjadi kiper utama Timnas Portugal menggantikan Rui Patricio. 

2. Giorgi Mamardashvili (Valencia)

5 Kiper Muda yang Diyakini Naik Daun pada Musim 2022/2023Giorgi Mamardashvili (instagram.com/gmamardashvili25)

Pada bursa transfer musim dingin 2022, Valencia berhasil mendatangkan kiper top yang bernama Giorgi Mamardashvili. Kiper asal Georgia itu didatangkan dari klub lokal Dinamo Tbilisi. 

Memiliki postur setinggi 197 sentimeter, Mamardashvili berhasil tampil apik pada beberapa bulan pertamanya bersama Valencia dengan menorehkan cukup banyak penyelamatan. Tak heran saat ini dirinya menjadi kiper utama Timnas Geogia.

Baca Juga: 10 Potret Giorgi Mamardashvili, Kiper Valencia dari Tbilisi Georgia

3. Dogan Alemdar (Stade Rennais)

5 Kiper Muda yang Diyakini Naik Daun pada Musim 2022/2023Dogan Alemdar bermain bersama Stade Rennais. (twitter.com/doganalemdar16)

Dogan Alemdar diproyeksikan menjadi suksesor Edouard Mendy di Stade Rennais. Didatangkan dari Kayserispor pada Agustus 2021 lalu dengan harga Rp60,84 miliar. Pemain berusia 19 tahun itu  juga sudah membela Timnas Turki saat ini.

Walau belum meraih clean sheet di ajang Ligue 1 2022/2023, Alemdar telah melakukan beberapa penyelamatan penting dari tiga laga yang dijalaninya. Sejauh ini banderolnya terus mengalami kenaikan hingga mencapai Rp69,5 miliar.

4. Alban Lafont (FC Nantes)

5 Kiper Muda yang Diyakini Naik Daun pada Musim 2022/2023Alban Lafont (twitter.com/AlbanLafont)

Sejak bergabung FC Nantes pada Agustus 2021 lalu, nama Alban Lafont mulai dikenal banyak orang. Bahkan, kiper berusia 23 tahun itu berhasil menjadi kapten utama bagi FC Nantes pada musim 2022/2023 ini.

Tak hanya itu, Lafont juga dipercaya sebagai kiper cadangan Hugo Lloris di Timnas Prancis walau belum menjalani debut sejauh ini. Sebelumnya, Lafont merupakan kiper utama Timnas Prancis U-21 yang sudah memberikan penampilan sebanyak 14 kali.

5. Illan Meslier (Leeds United)

5 Kiper Muda yang Diyakini Naik Daun pada Musim 2022/2023Illan Meslier (twitter.com/LUFC)

Illan Meslier memang belum sempat dipanggil Didier Deschamps untuk membela Timnas Prancis. Walau begitu, Meslier kembali tampil meyakinkan di ajang Premier League 2022/2023 bersama Leeds United.

Lulusan akademi FC Lorient tersebut saat ini ditugaskan untuk membela Timnas Prancis U-21. Meslier sendiri diyakini akan menjadi pesaing yang sepadan dengan Alban Lafont sebagai suksesor Hugo Lloris di Timnas Prancis.

 

Kelima kiper muda di atas diyakini akan tampil impresif di sepanjang musim 2022/2023. Menurutmu, adakah salah satu dari kiper di atas yang akan meraih penghargaan Golden Gloves di kompetisi liga masing-masing?

Baca Juga: 10 Potret Illan Meslier, Kiper Muda Andalan Leeds United asal Prancis

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya