Comscore Tracker

Hebat! 5 Kiper Muda Top yang Menjadi Andalan di Klubnya Saat Ini

Mulai dari Aaron Ramsdale hingga Diogo Costa

Kiper merupakan orang terakhir yang bertugas untuk menjaga gawangnya agar tidak kebobolan. Untuk menjadi kiper yang dapat diandalkan, pastinya dibutuhkan jam terbang yang tinggi. Apalagi jika kiper tersebut bermain di kompetisi top, seperti Liga Champions, Premier League, Serie A, atau LaLiga.

Menariknya, ada beberapa kiper muda yang berhasil dipercaya menjadi andalan di klubnya saat ini. Bahkan, beberapa di antara mereka ada yang berhasil menggeser kiper top lainnya di klubnya. Berikut 5 kiper muda top yang menjadi andalan di klubnya saat ini.

1. Aaron Ramsdale - Arsenal

Hebat! 5 Kiper Muda Top yang Menjadi Andalan di Klubnya Saat Inipotret Aaron Ramsdale bersama Arsenal (newsclay.com)

Sejak kedatangannya ke Arsenal pada bursa transfer musim panas ini, Ramsdale berhasil memberikan penampilan terbaiknya. Dia dibeli dari Sheffield United dengan harga 28 juta euro atau setara 459 miliar rupiah. Dari 5 laga yang dijalaninya, Ramsdale sudah menorehkan 3 clean sheets dan baru kebobolan 3 gol.

Pemain berusia 23 tahun itu juga berhasil menyingkirkan kiper top lainnya, Bernd Leno, dari skuad utama Arsenal. Tak heran jika namanya dipanggil oleh Gareth Southgate di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 walau tak sempat dimainkan.

2. Ersin Destanoglu - Besiktas

Hebat! 5 Kiper Muda Top yang Menjadi Andalan di Klubnya Saat Inipotret Ersin Destanoglu bersama Besiktas (newsfounded.com)

Ersin Destanoglu merupakan aset berharga yang dimiliki Turki saat ini. Bermain untuk Besiktas, dia menjadi salah satu peraih clean sheets terbanyak pada musim lalu di Super Lig. Dia merupakan salah satu kunci keberhasilan Besiktas dalam lolos ke Liga Champions musim ini.

Pada musim ini, setidaknya dia sudah memberikan 4 clean sheets dari 6 laga yang dijalaninya. Ersin Destanoglu merupakan kiper internasional Turki U-21 saat ini. Pemain berusia 20 tahun itu sebenarnya juga sempat bermain bagi tim senior Turki walaupun pada akhirnya harus kalah bersaing dengan beberapa kiper lainnya.

Baca Juga: 6 Pemain Ternama yang Pernah Berseragam Besiktas, Pepe hingga Negredo!

3. Gianluigi Donnarumma - Paris Saint-Germain

Hebat! 5 Kiper Muda Top yang Menjadi Andalan di Klubnya Saat Inipotret Gianluigi Donnarumma bersama PSG (sempremilan.com)

Bersaing dengan Keylor Navas, pastinya bukan perkara mudah bagi Gianluigi Donnarumma. Belakangan, kiper asal Italia berhasil menggeser posisi Keylor Navas di skuad utama PSG. Walau begitu, posisinya tak 100% aman mengingat dia kerap kebobolan di beberapa laga terakhir.

Donnarumma juga tampil kurang apik saat bermain di ajang UEFA Nations League, baik di babak semifinal maupun perebutan juara ketiga. Walau tak mendapatkan jaminan bermain reguler musim ini, Donnarumma tetap akan menjadi aset berharga bagi PSG dalam jangka panjang mengingat umurnya yang baru 22 tahun.

4. Robert Sánchez - Brighton

Hebat! 5 Kiper Muda Top yang Menjadi Andalan di Klubnya Saat Inipotret Robert Sanchez (theargus.co.uk)

Nama Robert Sánchez berhasil naik daun sejak musim lalu. Pada musim ini, kiper asal Spanyol itu berhasil menorehkan 4 clean sheets dari 8 laga yang dijalaninya. Bahkan, dia berhasil menjadi salah satu kiper yang dipilih Luis Enrrique untuk membela Spanyol pada tahun ini.

Lulusan akademi Brighton itu memang dikenal sebagai kiper yang sangat responsif dan cermat dalam membaca arah tendangan pemain lawan. Setidaknya kiper berusia 23 tahun itu berhasil membawa Brighton masuk ke top 5 klasemen sementara sejauh musim ini.

5. Diogo Costa - FC Porto

Hebat! 5 Kiper Muda Top yang Menjadi Andalan di Klubnya Saat Inipotret Diogo Costa bersama FC Porto (mediabasesports.com)

Diogo Costa merupakan lulusan akademi FC Porto yang diorbitkan pada tahun 2019 lalu. Sejak musim lalu, kiper berusia 22 tahun itu berhasil menjadi pilihan FC Porto untuk bermain, baik di Liga NOS maupun Liga Champions. Dia juga baru saja dipercaya untuk masuk ke skuad Timnas Portugal senior dan menjalani debutnya di laga melawan Qatar.

Walau bermain di pertandingan persahabatan, Diogo Casta berhasil tampil apik dengan meraih clean sheet di laga tersebut. Banyak yang percaya bahwa dia akan menjadi suksesor Rui Patricio dalam beberapa tahun mendatang.

 

Nah, itu dia 5 kiper muda top yang sudah dipercaya menjadi andalan di klubnya masing-masing. Pastinya bukan perkara mudah untuk menembus skuad utama, apalagi jika mereka berada di klub top. Selain itu, tentunya juga tak mudah untuk bersaing dengan kiper top lainnya layaknya Donnarumma dengan Navas dan Aaron Ramsdale dengan Bernd Leno.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Jelang Duel Porto Vs. AC Milan di UCL, Ibra Comeback!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya