5 Kiper Top Eropa yang Dipastikan Tak Bermain di Euro 2020

Mulai dari Jan Oblak hingga Gianluigi Buffon!

Sebentar lagi Piala Euro 2020 akan segera dimulai, tepatnya sejak 11 Juni 2021 nanti. Berbagai negara telah merilis daftar pemain mereka yang dibawa ke ajang tersebut. Uniknya, terdapat beberapa kiper top yang dipastikan tak dibawa oleh beberapa negara.

Ada juga negara yang memiliki kiper top namun tak lolos di ajang kualifikasi Euro 2020 seperti Slovenia, Norwegia, dan masih banyak lagi. Berikut 5 kiper top Eropa yang dipastikan tak bermain di Euro 2020. 

1. Jan Oblak - Slovenia

5 Kiper Top Eropa yang Dipastikan Tak Bermain di Euro 2020potret Jan Oblak bersama Timnas Slovenia(newsbeezer.com)

Slovenia memang tak lolos kualifikasi Euro 2020 dengan berada di peringkat empat pada Grup G. Slovenia harus mengakui keunggulan Polandia dan Austria yang berada di posisi pertama dan kedua. Hal tersebut pastinya bukan merupakan hasil yang bagus bagi Jan Oblak selaku kapten timnas Slovenia.

Kiper Atletico Madrid itu dipastikan hanya menjadi penonton Euro 2020 nanti setelah Slovenia hanya memperoleh 14 poin bersama Macedonia Utara di Grup G. Padahal, aksi Jan Oblak merupakan salah satu yang paling dinanti untuk posisi kiper setelah dirinya berhasil membawa Atletico Madrid menjadi juara LaLiga musim ini.

2. Kepa Arrizabalaga - Spanyol

5 Kiper Top Eropa yang Dipastikan Tak Bermain di Euro 2020potret Kepa bersama Timnas Spanyol(marca.com)

Spanyol memang lolos kualifikasi Euro 2020 setelah menjuarai Grup F. Di Euro 2020 nanti, Spanyol berada di Grup E bersama Swedia, Polandia, dan Slovakia. Terdapat 3 kiper yang dibawa Spanyol, yaitu David De Gea, Unai Simon, dan Robert Sanchez.

Uniknya, tak ada nama Kepa Arrizabalaga yang merupakan kiper Chelsea yang berstatus jawara Liga Champions musim ini. Memang, posisi Kepa pada musim ini tergantikan oleh Edouard Mendy sehingga dia jarang bermain bersama Chelsea.

Baca Juga: 5 Kiper LaLiga yang Menjadi Kiper Utama di Tim Nasional, Ada Courtois!

3. Jasper Cillessen - Belanda

5 Kiper Top Eropa yang Dipastikan Tak Bermain di Euro 2020potret Jasper Cillessen bersama Timnas Belanda(fcbarcelonanoticias.com)

Nasib buruk menimpa salah satu kiper andalan Valencia, Jasper Cillessen. Bagaimana tidak, mantan kiper Barcelona itu diketahui positif COVID-19 menjelang deadline pengumuman skuad semua negara pada akhir Mei kemarin.

Padahal, Jasper Cillessen dipercaya akan menjadi salah satu kiper utama timnas Belanda pada Euro 2020 nanti. Jasper Cillessen sendiri sudah memberikan penampilan sebanyak 60 kali bagi timnas Belanda sejak tahun 2013 lalu. Kiper berusia 32 tahun itu didatangkan Valencia dari Barcelona pada tahun 2019.

4. Gianluigi Buffon - Italia

5 Kiper Top Eropa yang Dipastikan Tak Bermain di Euro 2020potret Buffon bersama Timnas Italia(football365.com)

Nama Gianluigi Buffon memang sudah jarang terdengar lagi dalam beberapa waktu terakhir saat timnas Italia bertanding walaupun sempat menyatakan akan kembali bermain bagi negaranya. Pemain yang musim ini membela Juventus itu memang posisinya tergantikan oleh Donnarumma, Alex Meret, dan Sirigu. Padahal, Buffon sendiri masih memiliki ambisi untuk membela timnas Italia.

Sayangnya, penampilannya di Juventus pada musim ini dapat dikatakan biasa-biasa saja. Bahkan, dia hanya tampil sebanyak 8 kali di Serie A musim ini bersama Juventus. Tak heran, jika Buffon absen pada ajang Euro 2020 nanti. 

5. Alphonse Areola - Prancis

5 Kiper Top Eropa yang Dipastikan Tak Bermain di Euro 2020potret Areola bersama Timnas Prancis(getfootballnewsfrance.com)

Alphonse Areola merupakan pemain Paris Saint-Germain yang musim ini dipinjamkan ke Fulham. Peminjaman Areola ke Fulham tampaknya bukan merupakan keputusan yang tepat seiring dengan terdegradasinya klub tersebut ke Championship musim depan. Areola sudah kebobolan 48 gol dari 36 penampilannya di Premier League.

Tak heran, jika namanya tak dipanggil oleh timnas Prancis pada ajang Euro 2020 nanti. Padahal sebelumnya, Areola masuk dalam skuad Prancis yang menjuarai Piala Dunia 2018. Di skuad Prancis saat ini, terdapat Hugo Lloris, Steve Mandanda, dan Mike Maignan yang mengisi posisi kiper.

 

Nah, itu dia 5 kiper top yang dipastikan tak bermain di ajang Euro 2020 nanti. Ada yang disebabkan karena negaranya memang tak lolos kualifikasi, ada yang terkena COVID-19, dan beberapa alasan lainnya. Pastinya absennya kelima tersebut menjadikan kekecewaan tersendiri bagi fans mereka. 

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Ternyata Memulai Karier Tidak Sebagai Kiper

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya