Comscore Tracker

5 Kiper Top yang Bermain di Piala Afrika 2021

Termasuk Edouard Mendy

Piala Afrika 2021 berlangsung di Kamerun sejak 9 Januari 2022. Berbagai kejutan terjadi pada ajang ini. Juara bertahan Aljazair ditahan Sierra Leone. Mesir kalah dari Nigeria.

Selain itu, terdapat banyak pemain top yang berhasil tampil apik. Piala Afrika 2021 menampilkan beberapa kiper top yang kebanyakan bermain di klub elite Eropa.

1. Edouard Mendy (Senegal)

5 Kiper Top yang Bermain di Piala Afrika 2021Edouard Mendy bersama Senegal (africanfootball.com)

Edouard Mendy dipanggil timnas Senegal di Piala Afrika 2021. Namun, dia absen saat melawan Zimbabwe dan Guinea dalam dua laga pembuka fase grup. Mendy terpapar COVID-19 pada 7 Januari 2022 lalu.

Mendy dikabarkan siap menghadapi Malawi pada 18 Januari 2021. Itu akan menjadi laga ketiga Senegal di fase grup Piala Afrika 2021. Sosok Mendy pastinya sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan skuad Senegal agar bisa lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2021.

2. Yassine Bounou (Maroko)

5 Kiper Top yang Bermain di Piala Afrika 2021Yassine Bounou bersama Maroko (moroccoworldnews.com)

Kiper top Sevilla, Yassine Bounou, membela timnas Maroko di Piala Afrika 2021. Dia berhasil menjadi pilihan utama Maroko pada dua laga pembuka Piala Afrika melawan Ghana dan Komoro. Menariknya, Bounou berhasil meraih 2 clean sheets pada 2 laga tersebut.

Posisinya di timnas Maroko sulit tergantikan kiper lainnya. Sejauh ini, dia sudah memberikan penampilan sebanyak 35 kali sejak 2013 lalu, walau belum bisa memberikan trofi satu pun bagi negaranya.

Baca Juga: 5 Bintang Eropa yang Sebenarnya Bisa Bermain di Piala Afrika 2021

3. Andre Onana (Kamerun)

5 Kiper Top yang Bermain di Piala Afrika 2021Andre Onana bersama Kamerun (en.africatopsports.com)

Andre Onana merupakan kiper andalan timnas Kamerun sejak 2016 lalu. Setidaknya sudah ada 20 caps yang berhasil diraihnya bersama Kamerun. Pada dua laga pembuka fase grup Piala Afrika 2021, Onana berhasi membawa kemenangan atas Burkina Faso dan Ethiopia.

Sayangnya, dia gagal meraih clean sheet pada kedua laga tersebut. Walau begitu, Onana diketahui berhasil meraih cukup banyak penyelamatan pada dua laga itu.

4. Hervé Koffi (Burkina Faso)

5 Kiper Top yang Bermain di Piala Afrika 2021Herve Koffi bersama Burkina Faso (africatopsports.com)

Hervé Koffi merupakan kiper yang baru bergabung RSC Charleroi pada Juli 2021 lalu.  Bermain di Liga Belgia, Koffi berhasil tampil menjanjikan pada musim pertamanya. Tak heran jika dia tetap dipercaya untuk membela timnas Burkina Faso hingga saat ini.

Di Piala Afrika 2021, Koffi sudah kebobolan 2 gol dan meraih 1 clean sheet. Dia meraih clean sheet saat Burkina Faso menang 1-0 atas Cape Verde. Sedangkan, dua gol yang masuk ke gawangnya terjadi saat melawan Kamerun.

5. Raïs M'Bolhi (Aljazair)

5 Kiper Top yang Bermain di Piala Afrika 2021Raïs M'Bolhi bersama Aljazair (skysports.com)

Dari sekian nama kiper dalam daftar ini, hanya nama Raïs M'Bolhi yang tak bermain di klub Eropa. Raïs M'Bolhi merupakan kiper yang berhasil membawa Aljazair menjuarai Piala Afrika 2019. Saat ini, dia membela klub asal Arab Saudi, Al-Ettifaq.

Bersama timnas Aljazair, dia sudah memberikan penampilan sebanyak 85 kali sejak 2010 lalu. Di Piala Afrika 2021, dia mencetak satu clean sheet pada laga melawan Sierra Leone.

Kelima kiper top tersebut kebanyakan bermain di klub elite Eropa. Ada juga nama Raïs M'Bolhi yang bermain di Arab Saudi. Siapa kiper favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Berpotensi Menjadi Top Scorer Piala Afrika 2021

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya