Comscore Tracker

5 Klub dengan Torehan Trofi Serie A Brasil Terbanyak Sejauh Ini

Juara Serie A 2021, Atletico Mineiro tak ada dalam daftar!

Baru-baru ini, Atletico Mineiro baru saja memastikan gelar Serie A Brasil setelah mengalahkan Bahia 1-2. Ini merupakan gelar Serie A Brasil yang kedua yang diraih Atletico Mineiro sejak tahun 1971.

Serie A Brasil sendiri merupakan salah satu kompetisi top di Benua Amerika. Berbeda dengan kebanyakan liga top Eropa, satu musim Serie A Brasil dilaksanakan di sepanjang bulan Januari hingga Desember atau sama dengan satu tahun kalender.

Sejak digelar pada tahun 1959, terdapat beberapa klub yang berhasil meraih trofi Serie A Brasil dalam jumlah yang banyak. Kira-kira klub mana saja? Berikut daftarnya. 

1. Palmeiras - 10 trofi

5 Klub dengan Torehan Trofi Serie A Brasil Terbanyak Sejauh Inipotret para pemain Palmeiras saat merayakan gelar Copa Libertadores (middleeast.in-24.com)

Palmeiras merupakan klub yang sering menjadi langganan perwakilan Brasil di ajang Copa Libertadores. Tak hanya itu, klub ini juga kerap menghasilkan beberapa nama top seperti Gabriel Jesus, Fernando, hingga Gabriel Veron. Palmeiras juga diketahui sebagai klub dengan torehan trofi Serie A Brasil terbanyak dalam sejarah.

Setidaknya terdapat 10 trofi Serie A Brasil yang berhasil mereka dapatkan. Terakhir kalinya Palmeiras meraih trofi Serie A Brasil ialah pada tahun 2018 dengan runner-up Flamengo. Pada tahun 2021, Palmeiras diketahui menempati posisi ketiga. 

2. Santos - 8 trofi

5 Klub dengan Torehan Trofi Serie A Brasil Terbanyak Sejauh IniMadson Formagini Caridade bersama Neymar dan rekan satu timnya di Santos (neymarjr.com)

Harus diakui bahwa Santos merupakan salah satu klub top di Benua Amerika, khususnya Brasil. Klub ini sudah berhasil meraih 8 trofi Serie A Brazil dalam sejarahnya. Beberapa nama top juga lahir dari klub ini seperti Neymar, Rodrygo, hingga Gabriel Barbosa. 

Sayangnya, saat ini Santos kesulitan dalam mengembalikan kejayaan layaknya pada tahun 1960-an. Pasalnya, terakhir kalinya Santos meraih gelar Serie A Brasil ialah pada tahun 2004. Walau begitu, pada tahun 2019 Santos berhasil menjadi runner-up Serie A Brasil di bawah Flamengo.

Baca Juga: 6 Pemain Timnas Brasil Termahal Saat Ini, Neymar Tak Tertandingi!

3. Flamengo - 8 trofi

5 Klub dengan Torehan Trofi Serie A Brasil Terbanyak Sejauh Inipotret para pemain Flamengo merayakan gelar Serie A Brasil 2020 (netherlandsnewslive)

Selain Santos, ada juga Flamengo yang juga meraih 8 trofi Serie A Brasil. Bedanya, Flamengo hanya berhasil meraih posisi runner-up sebanyak 3 kali. Flamengo juga dikenal sebagai klub penghasil pemain top seperti Vinicius Junior, Reinier, hingga Lucas Paqueta. 

Terakhir kalinya Flamengo meraih gelar Serie A Brasil ialah pada tahun lalu. Pada tahun ini, Flamengo hanya mampu menduduki posisi kedua klasemen sementara yang menyisakan 2 laga lagi hingga akhir Desember. Posisi Flamengo dipastikan tak akan bisa digeser oleh Palmeiras yang berada di posisi ketiga. 

4. Corinthians - 7 trofi

5 Klub dengan Torehan Trofi Serie A Brasil Terbanyak Sejauh Inipotret Willian bersama Corinthians (memesita.com)

Corinthians merupakan salah satu klub top di Brasil yang tak hanya bagus saat tampil di Serie A, melainkan juga dalam menghasilkan pemain top. Beberapa nama top seperti Willian, Malcom, dan Matheus Pereira diketahui merupakan lulusan akademi Corinthians. Klub ini sendiri diketahui sebagai klub peraih trofi Serie A Brasil terbanyak ketiga. 

Setidaknya sudah ada 7 trofi yang berhasil diraih oleh klub Corinthians, yaitu pada tahun 1990, 1998, 1999, 2005, 2011, 2015, dan 2017. Tak hanya itu, klub ini juga berhasil menjadi runner-up ajang tersebut sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1976, 1994, dan 2002. 

5. Sao Paulo - 6 trofi

5 Klub dengan Torehan Trofi Serie A Brasil Terbanyak Sejauh Inipotret pemain Sao Paulo (catholictranscript.org)

Ada juga Sao Paulo yang berhasil meraih 6 trofi Serie A Brasil. Klub tersebut juga diketahui berhasil meraih 6 posisi runner-up dalam sejarahnya. Sayangnya, terakhir kalinya Sao Paulo menjuarai Serie A Brasil ialah pada tahun 2008 lalu. 

Sejak itu, Sao Paulo kesulitan meraih trofi tersebut walau sempat menduduki posisi kedua klasemen pada tahun 2014. Pada tahun ini, Sao Paulo hanya mampu berada di posisi ke-14 klasemen Serie A Brasil. 

 

Itu dia 5 klub peraih trofi Serie A Brasil terbanyak sepanjang sejarah. Palmeiras masih memimpin daftar ini. Di sisi lain, Atletico Mineiro yang berstatus juara tahun ini ternyata baru meraih trofi Serie A Brasil sebanyak 2 kali. 

Baca Juga: 5 Fakta Keberhasilan Atletico Mineiro Menjuarai Serie A Brasil

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya