5 Klub dengan Trofi UEFA Super Cup Terbanyak Saat Ini

Chelsea baru saja menambah perolehan trofi UEFA Super Cup!

Baru-baru ini, Chelsea baru saja menambah trofinya setelah mengalahkan Villareal di ajang UEFA Super Cup melalui drama adu penalti. Sebelumnya, laga berakhir dengan skor 1-1 dan dilanjutkan dengan adu penalti untuk kemenangan Chelsea 6-5. Bagi yang belum tahu, UEFA Super Cup merupakan laga yang mempertemukan juara Liga Champions dan Liga Europa musim sebelumnya.

Dapat dikatakan laga ini merupakan penentuan raja Eropa yang sebenarnya di suatu musim. Sejauh ini terdapat beberapa klub yang diketahui berhasil meraih trofi UEFA Super Cup terbanyak. Berikut daftar klub yang meraih gelar UEFA Super Cup terbanyak sejauh ini. 

1. Barcelona - 5 kali

5 Klub dengan Trofi UEFA Super Cup Terbanyak Saat Inipotret Barcelona setelah menjuarai UEFA Super Cup 2011 (uefa.com)

Baru-baru ini, nama Barcelona menjadi sorotan publik setelah ditinggal Lionel Messi ke Paris Saint-Germain. Terlepas dari hal tersebut, tak banyak yang tahu bahwa Barcelona merupakan peraih trofi UEFA Super Cup terbanyak sejauh ini. Setidaknya Barcelona sudah meraih trofi sebanyak 5 kali. 

Terakhir kalinya Barcelona meraih trofi tersebut ialah pada tahun 2015 setelah mengalahkan Sevilla dengan skor 5-4. Pertama kalinya Barcelona meraih trofi UEFA Super Cup ialah pada tahun 1992 setelah menang agregat 3-2 atas Wender Bremen. Pada zaman dahulu terdapat sistem 2 leg di ajang UEFA Super Cup.

2. AC Milan - 5 kali

5 Klub dengan Trofi UEFA Super Cup Terbanyak Saat Inipotret AC Milan setelah menjuarai UEFA Super Cup 2007 (acmilan.com)

Meskipun dalam sedekade terakhir jarang unjuk gigi di ajang Eropa, AC Milan merupakan salah satu klub yang meraih trofi UEFA Super Cup terbanyak, lho. AC Milan sudah berhasil meraih 5 trofi UEFA Super Cup sejauh ini. Terakhir kalinya klub tersebut memenangkan ajang tersebut ialah pada tahun 2007 lalu.

Kala itu AC Milan berhasil mengalahkan wakil Spanyol Sevilla dengan skor 3-1. AC Milan telah menjuarai UEFA Super Cup pada tahun 1989, 1990, 1994, 2003, dan 2007. Selain itu, AC Milan juga berhasil menjadi runner up ajang tersebut pada tahun 1973 dan 1993.

Baca Juga: Hebat Banget! Inilah 9 Rekor Mentereng di Ajang UEFA Super Cup

3. Real Madrid - 4 kali

5 Klub dengan Trofi UEFA Super Cup Terbanyak Saat Inipotret Real Madrid setelah menjuarai UEFA Super Cup 2014 (laliga.com)

Ada juga nama Real Madrid sebagai salah satu daftar klub dengan trofi UEFA Super Cup terbanyak sejauh ini. Klub asal kota Madrid itu setidaknya sudah meraih trofi tersebut sebanyak 4 kali. Uniknya, keempat trofi tersebut didapatkan klub tersebut pada abad ke-21 semua.

Trofi tersebut didapatkan Real Madrid pada tahun 2002, 2014, 2016, dan 2017. Selain itu, Real Madrid juga pernah menjadi runner up UEFA Super Cup sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1998, 2000, dan 2018.

4. Liverpool - 4 kali

5 Klub dengan Trofi UEFA Super Cup Terbanyak Saat Inipotret Liverpool saat menjuarai UEFA Super Cup (liverpoolfc.com)

Dapat dikatakan bahwa Liverpool merupakan klub Inggris yang paling sering meraih trofi UEFA Super Cup. Sama dengan Real Madrid, Liverpool berhasil meraih 4 trofi UEFA Super Cup sejauh ini. Keempat trofi tersebut didapatkan Liverpool pada tahun 1977, 2001, 2005, dan 2019.

Pada UEFA Super Cup 2019, sebagai perwakilan Liga Champions, Liverpool berhasil mengalahkan Chelsea dalam adu penalti dengan skor 5-4. Uniknya, pada UEFA Super Cup 2021, Chelsea berhasil mengalahkan Villareal melalui adu penalti juga.

5. Atletico Madrid - 3 kali

5 Klub dengan Trofi UEFA Super Cup Terbanyak Saat Inipotret Atletico Madrid setelah menjuarai UEFA Super Cup 2018 (china.org.cn)

Satu lagi klub asal Spanyol dengan peraihan trofi UEFA Super Cup terbanyak ialah Atletico Madrid. Klub tersebut setidaknya sudah meraih trofi tersebut sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 2010, 2012, dan 2018. Uniknya, klub ini tak pernah kalah saat bermain di UEFA Super Cup hingga saat ini. 

Pada UEFA Super Cup 2018, Atletico Madrid harus berhadapan dengan sesama klub asal Madrid, yaitu Real Madrid. Laga dimenangkan Atletico Madrid dengan skor 4-2 melalui babak perpajangan waktu.

 

Barcelona dan AC Milan masih menjadi klub terbanyak yang meraih trofi UEFA Super Cup sejauh ini. Chelsea yang baru saja mendapatkan gelar tersebut sudah meraih 2 trofi. Kira-kira, musim depan trofi UEFA Super Cup akan didapatkan siapa ya?

Baca Juga: Usai Rodrigo De Paul, 5 Pemain Ini Berpotensi Gabung Atletico Madrid

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya