5 Klub Liga Top Eropa yang Pemainnya Kerap Dikeluarkan dari Lapangan

Adakah klub favoritmu dalam daftar di bawah?

Setiap klub pastinya selalu mengintruksikan pemainnya agar tak terkena kartu kuning ataupun kartu merah saat bermain. Hal tersebut pastinya menjadi kerugian tersendiri bagi suatu klub yang pemainnya mendapatkan kartu merah. Apalagi pemain tersebut harus absen di laga selanjutnya.

Menariknya, ada beberapa klub di liga top Eropa yang pemainnya kerap dikeluarkan dar lapangan, baik mendapatkan 2 kartu kuning maupun langsung 1 kartu merah. Kira-kira klub mana saja ya? Berikut penjelasannya.

1. Sevilla - 181 kali

5 Klub Liga Top Eropa yang Pemainnya Kerap Dikeluarkan dari LapanganYoussef Al-Nusairi saat mendapatkan kartu merah oleh wasit (middleeast.in-24.com)

Sevilla merupakan klub LaLiga yang memiliki 181 kasus pemain dikeluarkan wasit. Sebanyak 181 kasus dikeluarkannya pemain Sevilla dari lapangan terjadi selama periode 2000 hingga 2021. Gary Medel, Ever Banega, dan Federico Fazio menjadi pemain Sevilla yang paling banyak dikeluarkan dari lapangan oleh wasit.

Ketiga pemain tersebut masing-masing telah dikeluarkan oleh wasit sebanyak 4 kali selama membela Sevilla. Di LaLiga, Sevilla bukan merupakan klub yang bermain keras. Sebagian kartu meraih yang didapatkan para pemain Sevilla akibat akumulasi 2 kartu kuning di setiap laganya.

2. Lazio - 181 kali

5 Klub Liga Top Eropa yang Pemainnya Kerap Dikeluarkan dari LapanganFrancesco Acerbi saat mendapatkan kartu merah dari wasit (thelaziali.com)

Klub-klub Serie A memang dikenal memiliki gaya permainan yang keras, salah satunya Lazio. Tak heran jika terdapat 181 kasus pemain Lazio yang dikeluarkan dari lapangan pada abad ke-21 ini. Angka ini merupakan yang tertinggi dari klub mana pun di 5 kompetisi liga top Eropa.

Pada musim ini, beberapa pemain Lazio sudah terkena kartu merah di Serie A, seperti Francesco Acerbi dan Luis Felipe. Setiap musimnya, setidaknya Lazio sudah menyumbangkan beberapa pemainnya untuk masuk ke dalam daftar pemain yang dikeluarkan dari lapangan oleh wasit.

Baca Juga: Kiper Terlupakan Lazio Jadi Bagian Megaproyek Newcastle

3. Valencia - 175 kali

5 Klub Liga Top Eropa yang Pemainnya Kerap Dikeluarkan dari LapanganHugo Guillamon mendapatkan kartu merah dari wasit (thenewwatcher.com)

Selain Sevilla, ada pula klub LaLiga yang diketahui memiliki banyak pemainnya yang dikeluarkan oleh wasit. Klub tersebut ialah Valencia yang sudah terdapat 175 kasus pemainnya yang diusir dari lapangan. Valencia memang dikenal sebagai klub yang memiliki gaya permainan yang menekan sekaligus keras.

Pada musim ini, ada 2 pemain Valencia yang sudah dikeluarkan oleh wasit di LaLiga, yaitu Maximiliano Gomez dan Hugo Guillamon. Jika dilihat dari statistik kartu kuning para pemain Valencia, mereka semua sudah mengoleksi 57 kartu kuning selama bermain di LaLiga di semua musim.

4. AS Roma - 164 kali

5 Klub Liga Top Eropa yang Pemainnya Kerap Dikeluarkan dari LapanganFlorenzi mendapatkan kartu kuning saat membela AS Roma pada Mei 2018 (goal.com)

Tampaknya Lazio dan AS Roma tak hanya bersaing dalam perebutan gelar Serie A, tetapi juga jumlah pemain yang diusir wasit. Pasalnya, AS Roma menduduki posisi kedua klub Serie A dengan pemain yang diusir wasit terbanyak sejak tahun 2000. Setidaknya sudah ada 164 kasus pemain AS Roma yang diusir wasit sejauh ini.

Beberapa diantaranya terjadi di laga derby antara AS Roma melawan Lazio. Menariknya, tak hanya pemain AS Roma yang pernah dikeluarkan oleh wasit dari lapangan, pelatih Jose Mourinho sempat diusir wasit saat berperilaku buruk di laga melawan Napoli.

5. Espanyol - 158 kali

5 Klub Liga Top Eropa yang Pemainnya Kerap Dikeluarkan dari LapanganLionel Messi saat menghadapi Espanyol (fcbarcelona.com)

Klub LaLiga lainnya yang masuk dalam daftar ini ialah Espanyol. Setidaknya sudah ada 158 kasus pemain Espanyol yang diusir oleh wasit sejak tahun 2000. Espanyol memang dikenal sebagai klub papan bawah di LaLiga dan kerap kewalahan dalam membendung serangan tim lawan.

Bahkan, pada musim lalu mereka harus bermain di Segunda Division sebelum akhirnya  berhasil mendapatkan promosi kembali ke LaLiga. Espanyol memang memiliki gaya permainan yang keras, khususnya di lini pertahanan mereka. Hal tersebut ditujukan untuk membendung berbagai serangan tim lawan.

 

Pastinya masuk dalam daftar ini bukan merupakan kabar baik bagi kelima klub di atas. Hal tersebut dapat menjadi bahan evaluasi agar klub tersebut memiliki permainan yang lebih baik lagi. Adakah klub favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 7 Klub Besar yang Sering Dapat Kartu Merah Musim Ini, Main Keras!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya