Comscore Tracker

7 Klub yang Paling Sering Takluk di Ajang Piala Super Eropa

Mulai dari Barcelona hingga Manchester United!

Baru-baru ini, Chelsea berhasil mengalahkan Villarreal melalui drama adu penalti di ajang Piala Super Eropa. Ini merupakan trofi Piala Super Eropa yang kedua bagi klub asal London itu. Sedangkan ini merupakan partisipasi Villarreal pertama di Piala Super Eropa sekaligus kekalahan pertama mereka di ajang tersebut. 

Bagi kamu yang belum tahu, Piala Super Eropa merupakan ajang yang mempertemukan juara Liga Champions melawan juara Liga Europa. Dapat dikatakan, ajang ini merupakan penentuan Raja Eropa yang sebenarnya. 

Berbicara tentang Piala Super Eropa, sejauh ini terdapat beberapa klub yang diketahui cukup banyak mengalami kekalahan di ajang tersebut. Kira-kira klub mana saja, ya? Berikut 7 klub yang paling sering takluk di ajang Piala Super Eropa. 

1. Sevilla - 5 kali

7 Klub yang Paling Sering Takluk di Ajang Piala Super Eropapotret Sevilla saat menjuarai UEFA Super Cup 2006 (sevillafc.es)

Dalam sejarahnya, Sevilla telah berpartisipasi sebanyak 6 kali di ajang Piala Super Eropa. Sayangnya, Sevilla hanya mampu meraih kemenangan sebanyak 1 kali di ajang Piala Super Eropa, yaitu pada tahun 2006. Sedangkan 5 pertandingan lainnya berakhir dengan kekalahan sekaligus membuat klub tersebut sebagai klub yang paling sering kalah di ajang ini. 

Kelima kekalahan tersebut dialami oleh Sevilla pada tahun 2007, 2014, 2015, 2016, dan 2020. Sevilla sendiri kebanyakan berlaga di Piala Super Eropa sebagai perwakilan Liga Europa. Memang, Sevilla sendiri dikenal sebagai rajanya Liga Europa dalam sedekade terakhir. 

2. Barcelona - 4 kali

7 Klub yang Paling Sering Takluk di Ajang Piala Super Eropapotret Barcelona setelah menjuarai UEFA Super Cup 2011 (uefa.com)

Sejauh ini, Barcelona berstatus sebagai klub yang paling sering meraih gelar Piala Super Eropa bersama AC Milan. Uniknya, ternyata Barcelona juga sudah merasakan 4 kali kekalahan di ajang tersebut. Keempat kekalahan Barcelona di ajang ini terjadi pada tahun 1979, 1982, 1989, dan 2006. 

Barcelona hanya kalah sekali dari laga Piala Super Eropa pada abad ke-21. Sedangkan 3 laga Piala Super Eropa di abad ke-21 lainnya berakhir kemenangan untuk Barcelona, yaitu pada tahun 2009, 2011, dan 2015. 

Baca Juga: Tekuk Villarreal, Chelsea Juara Piala Super Eropa 2021

3. Real Madrid - 3 kali

7 Klub yang Paling Sering Takluk di Ajang Piala Super Eropapotret Real Madrid setelah menjuarai UEFA Super Cup 2014 (laliga.com)

Pada abad ke-21, Real Madrid menjelma sebagai klub raksasa Eropa yang sangat disegani klub lain. Setidaknya Real Madrid sudah memenangkan gelar Piala Super Eropa sebanyak 4 kali. Meskipun begitu, klub ini juga mengalami 3 kekalahan pada ajang Piala Super Eropa pada tahun 1998, 2000, dan 2018. 

Pada Piala Super Eropa 2018, Real Madrid harus tunduk dari rival sekotanya, Atletico Madrid, dengan skor 4-2 melalui babak perpanjangan waktu. Sedangkan trofi pertama Real Madrid dalam ajang ini diraih pada tahun 2002 saat mengalahkan Feyenoord dengan skor 3-1. 

4. Bayern Munchen - 3 kali

7 Klub yang Paling Sering Takluk di Ajang Piala Super Eropapotret Bayern Munich setelah menjuarai UEFA Super Cup 2020 (sportsaldente.com)

Bayern Munich sudah berpartisipasi sebanyak 5 kali di ajang Piala Super Eropa. Setidaknya perwakilan Jerman itu sudah memenangkan laga sebanyak 2 kali, yaitu pada tahun 2013 dan 2020. Menariknya, Bayern Munchen justru kalah sebanyak 3 kali di Piala Super Eropa, yaitu pada tahun 1975, 1976, 2001. 

Pada Piala Super Eropa 2001, Bayern Munchen harus menerima kekalahan dari Liverpool dengan skor 3-2. Pada tahun 1975, Bayern Munchen harus kalah dari perwakilan Uni Soviet, yaitu Dynamo Kyiv dengan agregat 3-0. Sedangkan pada tahun 1976, Bayern Munchen harus mengakui keunggulan Anderlecht dengan agregat 5-3. 

5. Chelsea - 3 kali

7 Klub yang Paling Sering Takluk di Ajang Piala Super Eropapotret Chelsea setelah menjuarai UEFA Super Cup 2021 (premiumtimesng.com)

Juara UEFA Super Cup 2021, Chelsea, ternyata juga sudah kalah 3 kali dalam ajang tersebut. Chelsea sendiri sebenarnya sudah berpartisipasi sebanyak 5 kali di UEFA Super Cup. Dari 5 laga tersebut, 2 berakhir dengan kemenangan dan 2 berakhir dengan kekalahan.

Kekalahan Chelsea di UEFA Super Cup terjadi pada tahun 2012, 2013, dan 2019. Klub-klub yang pernah mengalahkan Chelsea di ajang UEFA Super Cup ialah Liverpool, Bayern Munchen, dan Atletico Madrid. 

6. FC Porto - 3 kali

7 Klub yang Paling Sering Takluk di Ajang Piala Super Eropapotret FC Porto setelah menjuarai UEFA Super Cup 1987 (soccerfootballwhatever.blogspot.com)

Siapa sangka bahwa FC Porto sudah berpartisipasi sebanyak 4 kali di ajang UEFA Super Cup. Sayangnya, FC Porto hanya menang di UEFA Super Cup sebanyak 1 kali saja, yaitu pada tahun 1987. Kala itu, FC Porto berhasil mengalahkan Ajax dengan agregat 2-0. 

Sedangkan kekalahan FC Porto di UEFA Super Cup dialami pada tahun 2003, 2004, dan 2011. Klub-klub yang mengalahkan FC Porto di ajang UEFA Super Cup ada AC Milan, Valencia, dan Barcelona. 

7. Manchester United - 3 kali

7 Klub yang Paling Sering Takluk di Ajang Piala Super Eropapotret pemain Manchester United mengangkat trofi UEFA Super Cup 1991 (setanmerah.net)

Satu lagi klub yang kerap mengalami kekalahan di ajang UEFA Super Cup ialah Manchester United. Manchester United sendiri sudah berpartisipasi sebanyak 4 kali di UEFA Super Cup. Sayangnya, hanya ada 1 laga yang berakhir dengan kemenangan klub tersebut, yaitu pada tahun 1991. 

Sedangkan 3 pertandingan lainnya berakhir dengan kekalahan, yaitu pada tahun 1999, 2008, dan 2017. Klub-klub yang pernah mengalahkan Manchester United di UEFA Super Cup ialah Lazio (1-0), Zenit Saint Petersburg (2-1), dan Real Madrid (2-1).

 

Nah, itu dia 7 klub yang kerap takluk di ajang UEFA Super Cup sejauh ini. Sevilla masih menjadi klub dengan kekalahan terbanyak di ajang tersebut, yaitu 5 kali. Sedangkan Barcelona menjadi klub kedua yang mengalami kekalahan di ajang tersebut, yaitu 4 kali. 

Baca Juga: Tiga Fakta Unik dari Kemenangan Chelsea di Piala Super Eropa

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya