Comscore Tracker

5 Klub Penyumbang Nominasi Peraih Ballon d'Or 2021 Terbanyak

Klub favoritmu menyumbang berapa pemain?

Baru-baru ini majalah France Football baru saja merilis daftar pemain yang masuk nominasi peraih Ballon d'Or 2021. Penghargaan Ballon d'Or merupakan salah satu penghargaan individu paling bergensi bagi pemain sepak bola. Di edisi tahun ini, sudah ada 30 nama pemain yang dirilis.

Dari 30 nama pemain, ada beberapa klub yang menyumbang cukup banyak pemain dalam daftar calon peraih penghargaan tersebut. Kira-kira klub mana saja ya? Berikut penjelasannya. 

1. Chelsea

5 Klub Penyumbang Nominasi Peraih Ballon d'Or 2021 Terbanyakpotret N'Golo Kante dan Jorginho (anytime-football.com)

Berstatus sebagai juara Liga Champions musim lalu, tak heran jika Chelsea menyumbang banyak pemain di daftar calon peraih Ballon d'Or 2021. Apalagi, sejauh musim ini Chelsea tampil meyakinkan di ajang Premier League dan Carabao Cup. Tak heran terdapat 5 pemain Chelsea yang masuk dalam nominasi tersebut. 

Kelima pemain tersebut adalah N'Golo Kante, Jorginho, Cesar Azpilicueta, Mason Mount, dan Romelu Lukaku. Khusus untuk Lukaku, sebenarnya peran Inter Milan lebih besar dalam mengorbitkan pemain asal Belgia ini untuk masuk ke dalam daftar tersebut mengingat dia baru bergabung dengan Chelsea pada musim ini.

2. Manchester City

5 Klub Penyumbang Nominasi Peraih Ballon d'Or 2021 Terbanyakpotret Kevin De Bruyne, Ruben Dias, dan Phil Foden (benchwarmers.ie)

Manchester City merupakan juara Premier League sekaligus Carabao Cup pada musim lalu. Mereka juga merupakan finalis Liga Champions 2020/2021 dan pengalaman tersebut merupakan yang pertama kali dalam sejarah klub. Prestasi tersebut cukup mengantarkan beberapa pemain mereka masuk dalam nominasi Ballon d'Or 2021. 

Ada 5 pemain yang masuk dalam daftar ini, yaitu Ruben Dias, Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, Riyad Mahrez, dan Phil Foden. Walau begitu, Kevin De Bruyne dan Ruben Dias menjadi nama terdepan yang memiliki peluang meraih penghargaan tersebut dari Manchester City.

Baca Juga: 6 Striker Top yang Pernah Bermain di Liverpool dan Manchester City

3. Paris Saint-Germain

5 Klub Penyumbang Nominasi Peraih Ballon d'Or 2021 Terbanyakpotret Lionel Messi dan Neymar (en.as.com)

Tak ada prestasi yang signifikan yang ditorehkan Paris Saint-Germain pada musim lalu. Walau begitu, Paris Saint-Germain berhasil menyumbangkan 4 pemainnya ke dalam nominasi calon peraih penghargaan Ballon d'Or 2021. Hal tersebut tak lepas dari hadirnya beberapa pemain baru mereka yang tampil gemilang bersama negara dan klub lamanya. 

Keempat pemain tersebut ialah Lionel Messi, Gianluigi Donnarumma, Neymar, dan Kylian Mbappe. Donnarumma berhasil membawa Italia menjuarai Piala Eropa 2020, sedangkan Lionel Messi berhasil membawa Argentina menjuarai Copa America 2021.

4. Juventus

5 Klub Penyumbang Nominasi Peraih Ballon d'Or 2021 Terbanyakpotret Bonucci dan Chiellini (juventus.com)

Hanya ada nama Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini yang masuk dalam nominasi calon peraih Ballon d'Or 2021. Namun, perlu diingat bahwa Juventus baru saja menjual bintang mereka, Cristiano Ronaldo, ke Manchester United pada bursa transfer musim panas lalu.

Penilaian Ballon d'Or 2021 pastinya melibatkan performa pemain sejak awal tahun, sekaligus saat membela klub lamanya. Dengan hal tersebut, dapat dikatakan Juventus sudah menyumbang 3 nama di penghargaan ini.

5. Inter Milan

5 Klub Penyumbang Nominasi Peraih Ballon d'Or 2021 Terbanyakpotret Lautaro Martinez bersama Inter Milan (sempreinter.com)

Sama dengan Juventus, hanya ada 2 pemain Inter Milan saat ini yang masuk dalam nominasi calon peraih penghargaan Ballon d'Or 2021. Kedua nama tersebut adalah Lautaro Martinez dan Nicolo Barella. Walau begitu, ada pula sosok Romelu Lukaku yang pindah ke Chelsea pada bursa transfer musim panas kemarin.

Nama Lukaku memang sedang gacor-gacornya saat masih membela Inter Milan musim lalu. Masuknya Lukaku dalam daftar ini tak lepas dari perannya di Inter Milan dalam memberikan trofi Serie A musim lalu.

 

Itu dia 5 klub yang menyumbang cukup banyak pemain dalam nominasi penghargaan Ballon d'Or 2021. Ada pula nama Lukaku dan Ronaldo yang bisa dihitung sebagai pemain klub lama mereka. Terlepas dari hal tersebut, adakah klub favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Serie A Italia yang Masuk dalam Nominasi Ballon d'Or 2021

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya