5 Klub Rival Liverpool yang Paling Sengit, Sajikan Pertandingan Seru!

Ketika mereka bertemu selalu menyajikan tontonan seru

Liverpool merupakan salah satu klub terbesar di Eropa. Klub asal Inggris itu merupakan salah satu kandidat terkuat peraih trofi Premier League 2021/2022 selain Manchester City dan Chelsea.

Dalam sejarahnya, sudah ada 19 trofi Liga Inggris yang berhasil mereka raih. Di sisi lain, keberhasilan Liverpool sejauh ini pastinya membuat mereka memiliki rivalitas yang sengit dengan beberapa klub lainnya, baik di tingkat Inggris maupun Eropa.

Kira-kira, klub mana saja yang menjadi rival Liverpool saat ini? Yuk simak penjelasannya. 

1. Liverpool dan Manchester United

5 Klub Rival Liverpool yang Paling Sengit, Sajikan Pertandingan Seru!Manchester United tumbang 0-5 dari Liverpool. (ANTARA FOTO/Reuters-Phil Noble)

Pastinya rivalitas Liverpool dan Manchester United bukan menjadi rahasia lagi bagi khalayak umum. Pertemuan kedua tim tersebut sering disebut Derby North West. Sebelum abad 21, kedua klub tersebut sangat mendominasi perolehan trofi di berbagai ajang, seperti Liga Inggris, Piala FA, hingga Liga Champions.

Dalam sejarahnya, rivalitas Liverpool dan Manchester United tak hanya terjadi untuk sepak bola saja. Kota Liverpool dan Manchester diketahui juga memiliki rivalitas yang tinggi dalam hal ekonomi dan budaya. Lihat saja hadirnya The Beatles dan Oasis pada abad akhir abad ke-20 yang menjadi simbol persaingan kedua kota tersebut. 

Secara head to head, Liverpool sudah meraih kemenangan sebanyak 79 kali atas Manchester United. Di sisi lain, Manchester United berhasil meraih 89 kemenangan atas Liverpool. Ada juga 68 laga yang harus berakhir dengan hasil imbang.

2. Liverpool dan Everton

5 Klub Rival Liverpool yang Paling Sengit, Sajikan Pertandingan Seru!Richarlison dan Mohamed Salah (skysports.com)

Pertemuan antara klub sepak bola Liverpool dan Everton sering disebut Derby Merseyside. Tak heran, karena kedua klub tersebut sama-sama berasal dari Kota Liverpool.

Rivalitas Everton dan Liverpool muncul setelah Everton dipaksa untuk pindah dari markas mereka di Stanley Park sebelum akhirnya menemukan Goodison Park. Pertemuan pertama kedua klub terjadi pada 1894.

Secara head to head, Liverpool memang unggul telak dari Everton dengan meraih 122 kemenangan. Everton hanya meraih 83 kemenangan dan 85 hasil imbang atas Liverpool.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool dengan Masa Abdi Terlama Saat Ini

3. Liverpool dan Real Madrid

5 Klub Rival Liverpool yang Paling Sengit, Sajikan Pertandingan Seru!laga Liverpool melawan Real Madrid (theanfieldwrap.com)

Dari sekian klub di luar Inggris, sepertinya Real Madrid yang akan menjadi rival sengit Liverpool. Pasalnya, kedua klub memiliki sejarah rivalitas yang panas. Liverpool baru memenangkan tiga laga atas Real Madrid dan meraih satu hasil imbang.

Ada juga empat kemenangan yang diraih Real Madrid atas Liverpool. Rivalitas Liverpool dan Real Madrid semakin panas setelah beberapa pemain Liverpool hengkang ke ibu kota Spanyol itu, seperti Steve McManaman, Michael Owen, dan Xabi Alonso.

4. Liverpool dan Arsenal

5 Klub Rival Liverpool yang Paling Sengit, Sajikan Pertandingan Seru!Jurgen Klopp berseteru dengan Mikel Arteta (sportsmax.tv)

Walau Arsenal bukanlah kandidat terkuat peraih Premier League 2021/2022, rivalitas Liverpool dan Arsenal tetap berlanjut hingga saat ini. Setiap laga antara Liverpool dan Arsenal selalu mempertontonkan pertandingan yang menarik dan sengit.

Beberapa turnamen seperti Piala FA 2000/2001, Piala FA 2001/2002, Piala FA 2006/2007, dan Liga Champions 2007/2008 menjadi pertemuan kedua klub yang paling sengit sepanjang sejarah.

Secara head to head, Liverpool memang unggul dengan meraih kemenangan atas Arsenal sebanyak 93 kali. Sedangkan Arsenal berhasil meraih 81 kemenangan atas Liverpool. Ada juga 62 laga yang harus berakhir imbang.

5. Liverpool dan Manchester City

5 Klub Rival Liverpool yang Paling Sengit, Sajikan Pertandingan Seru!laga Liverpool melawan Manchester CIty (thisisanfield.com)

Dalam beberapa tahun terakhir, rivalitas Liverpool dan Manchester City semakin terlihat. Pada musim 2021/2022 ini, kedua klub tersebut bersaing di puncak klasemen sementara. Di putaran pertama Premier League musim ini, pertemuan kedua tim tersebut harus berakhir 2-2. 

Manchester City sendiri berhasil menjadi salah satu klub paling kuat sejak diakuisisi oleh Sheikh Mansour pada 2008 lalu. Dengan hal tersebut, Liverpool tak hanya memiliki rival Manchester United saja di Kota Manchester, melainkan juga Manchester City. 

Apalagi terdapat fakta bahwa personel Oasis, yaitu Liam dan Noel Gallagher ternyata merupakan fans berat Manchester City. Oasis sendiri diketahui menjadi salah satu band ternama asal Kota Manchester yang kerap dibandingkan dengan The Beatles asal kota Liverpool. 

 

Menurutmu, siapa rival terberat Liverpool saat ini? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool dengan Hat-trick Terbanyak di Premier League

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya