Bahaya! 5 Klub Sepak Bola dengan Utang Terbanyak Belakangan Ini

Apakah ada klub favoritmu?

Belakangan ini kestabilan keuangan menjadi perbincangan banyak penggemar sepak bola setelah Barcelona dianggap mengalami krisis keuangan. Hal tersebut tak lepas dari utang yang dimiliki oleh Barcelona yang nominalnya sangat besar. Alhasil, Barcelona dikabarkan ingin menjual beberapa pemain penting mereka pada bursa transfer musim panas ini. 

Sejauh ini, terdapat beberapa klub sepak bola yang diketahui memiliki utang yang besar. Kira-kira, klub mana saja dan berapa jumlah utang yang mereka miliki? Yuk simak penjelasannya. 

1. Tottenam Hotspur - 24 triliun rupiah

Bahaya! 5 Klub Sepak Bola dengan Utang Terbanyak Belakangan Inipotret dinding yang terdapat logo Tottenham Hotspur (wall.alphacoders.com)

Dilansir laporan Swiss Ramble, Tottenham Hotspur memiliki utang sebesar 24 triliun rupiah. Dengan hal tersebut, klub asal London itu menjadi klub dengan utang terbanyak saat ini. Utang dalam transfer pemain menjadi beban utama bagi klub tersebut, yaitu 140 juta poundsterling atau 2,8 triliun rupiah.

Sementara itu, Gross Financial Debt dari klub tersebut mencapai 831 juta poundsterling atau 16,6 triliun rupiah. Kemudian, utang pajak Tottenham Hotspur mencapai 96 juta poundsterling atau 1,9 triliun rupiah. Menariknya, Tottenham Hotspur tidak memiliki utang terhadap stafnya sama sekali.

2. Barcelona - 20 triliun rupiah

Bahaya! 5 Klub Sepak Bola dengan Utang Terbanyak Belakangan Inipotret pintu kaca berlogo Barcelona (en.as.com)

Walaupun utang Tottenham Hotspur lebih banyak dari Barcelona, tampaknya permasalahan serius terkait utang lebih berdampak terhadap Barcelona. Pasalnya, Barcelona dapat terancam bangkrut jika klub tersebut tak segera melakukan aksi untuk meminimalkan dampak utang yang sangat besar itu. Barcelona diketahui memiliki utang sebesar 1 miliar poundsterling atau setara 20 triliun rupiah. 

Utang transfer yang dimiliki Barcelona sebanyak 283 juta poundsterling atau sekitar 5,6 triliun rupiah. Bahkan, Barcelona juga memiliki utang kepada para stafnya sebesar 180 juta poundsterling atau sekitar 3,6 triliun rupiah, dilansir Sports Quotes and Facts. Saat ini Barcelona berusaha untuk menjual beberapa pentingnya dan bahkan tak memperpanjang kontrak Lionel Messi.

Baca Juga: Messi Hengkang, 5 Pemain Ini Diprediksi Bakal Jadi Tumpuan Barcelona

3. Atletico Madrid - 16,1 triliun rupiah

Bahaya! 5 Klub Sepak Bola dengan Utang Terbanyak Belakangan Inipotret Yannick Carrasco bersama Atletico Madrid (90min.com)

Selain Barcelona, ada juga Atletico Madrid yang diketahui memiliki utang yang besar. Pada tahun 2021, juara LaLiga 2020/2021 ini memiliki utang sebesar 804 juta poundsterling atau setara 16,1 triliun rupiah. Utang transfer merupakan jenis utang terbesar di klub tersebut, yaitu mencapai 277 juta poundsterling atau 5,5 triliun rupiah. 

Atletico Madrid juga diketahui memiliki utang kepada para stafnya sebesar 86 juta poundsterling atau sekitar 1,7 triliun rupiah. Lalu, utang pajak merupakan jenis utang terkecil yang dimiliki oleh klub asal Madrid itu, yaitu 5 juta poundsterling atau 100 miliar rupiah.

4. Manchester United - 15,4 triliun rupiah

Bahaya! 5 Klub Sepak Bola dengan Utang Terbanyak Belakangan Inipotret Old Trafford Stadium milik Manchester United (manchestereveningnews.co.uk)

Klub raksasa Inggris, Manchester United, diketahui juga memiliki utang yang besar. Finalis Liga Europa itu diketahui memiliki utang sebesar 771 juta poundsterling atau sekitar 15,4 triliun rupiah. Uniknya, klub tersebut tak memiliki utang sepeser pun kepada para stafnya.

Walaupun memiliki utang yang besar, Manchester United tetap mendatangkan pemain top, seperti Raphael Varane dan Jadon Sancho dengan harga fantastis. Gross financial debt klub tersebut sendiri sebesar 526 juta pounsterling atau 10,5 triliun rupiah. Utang transfer Manchester United adalah sebesar 149 juta poundsterling atau setara 2,98 triliun rupiah.

5. Inter Milan - 15,16 triliun rupiah

Bahaya! 5 Klub Sepak Bola dengan Utang Terbanyak Belakangan Inipotret mural Inter Milan (forzaitalianfootball.com)

Ada juga klub Serie A dengan utang terbesar sejauh ini, yaitu Inter Milan. Klub tersebut diketahui memiliki utang sebesar 757 juta poundsterling atau sekitar 15,16 triliun rupiah. Gross financial debt Inter Milan sendiri mencapai 361 juta euro atau sekitar 7,2 triliun rupiah.

Inter Milan juga masih memiliki utang transfer sebanyak 182 juta poundsterling atau sekitar 3,6 triliun rupiah. Ada juga utang staf yang harus dibayar Inter Milan sebanyak 37 juta pounsterling atau 741 miliar rupiah. Tak heran jika Inter Milan berhemat pada bursa transfer musim panas ini.

 

Meskipun memiliki utang yang besar, belum tentu klub tersebut terancam bangkrut. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari pendapatan pada musim sebelumnya, dari komersil hak siar, penjualan pemain, sponsor, hingga penjualan merchandise. Sayangnya, ada juga klub di atas yang harus terancam bangkrut jika tak segera membenahi kondisi keuangan.

Baca Juga: Tottenham Siap Bajak Lautaro Martinez, Bagaimana Nasib Inter? 

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya