5 Klub Top yang Belum Pernah Menyumbang Pemainnya Meraih Ballon d'Or

Termasuk Chelsea dan Manchester City

Majalah France Magazine baru saja merilis pemenang Ballon d'Or 2021. Pemenangnya adalah Lionel Messi yang kini sedang membela Paris Saint-Germain. Untuk pertama kalinya PSG menyumbangkan pemain yang memenangkan penghargaan Ballon d'Or.

Di sisi lain, ternyata ada beberapa klub top yang belum pernah meraih penghargaan Ballon d'Or. Walau begitu, klub tersebut sebenarnya sudah menyumbangkan pemainnnya ke dalam daftar nominasi setiap tahunnya. Berikut 5 klub top yang belum pernah menyumbang pemainnya meraih Ballon d'Or.

1. Chelsea 

5 Klub Top yang Belum Pernah Menyumbang Pemainnya Meraih Ballon d'Orpotret N'Golo Kante bersama Chelsea (sempreinter.com)

Chelsea merupakan salah satu klub raksasa Eropa sejak awal abad ke-20. Apalagi, klub tersebut baru saja meraih trofi Liga Champions pada musim lalu. Sayangnya, Chelsea belum pernah menyumbangkan pemainnya meraih penghargaan Ballon d'Or.

Pada tahun 2021 sebenarnya ada Jorginho dan N’Golo Kante yang masuk dalam top 5. Namun, Jorginho harus puas berada di posisi ketiga, sedangkan Kante harus puas berada di posisi kelima. Kedua pemain tersebut berkonstribusi besar dalam membawa Chelsea menjuarai Liga Champions serta masing-masing negara dalam meraih trofi Piala Eropa 2020 dan UEFA Nations League 2021.

2. Manchester City

5 Klub Top yang Belum Pernah Menyumbang Pemainnya Meraih Ballon d'Orpotret Ederson Moraes di Manchester City (zqscore.org)

Harus diakui bahwa Manchester City merupakan klub raksasa Eropa dalam sedekade terkahir. Pasalnya, klub ini hampir tak pernah absen di ajang Liga Champions. Pada musim lalu, Manchester CIty juga berhasil menuju final Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub tersebut.

Sayangnya, mereka belum mampu mengantarkan pemainnya meraih Ballon d'Or. Sebenarnya, ada Kevin De Bruyne yang masuk Top 10 peraih Ballon d'Or 2021. Walau begitu, De Bruyne hanya mampu berada di posisi kedelapan di atas Mbappe dan Lukaku.

Baca Juga: 6 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Sejak 2020, Ederson Terbaik!

3. Atletico Madrid 

5 Klub Top yang Belum Pernah Menyumbang Pemainnya Meraih Ballon d'Orpotret Jan Oblak bersama Atletico Madrid (en.atleticodemadrid.com)

Atletico Madrid merupakan juara LaLiga musim 2020/2021. Pada musim ini, klub tersebut merupakan penantang gelar LaLiga bagi Real Madrid dan Real Sociedad. Atletico dikenal sering mengorbitkan beberapa pemain muda top dalam sedekade terakhir, seperti Sergio Aguero dan Thibaut Courtois.

Walau begitu, mereka belum pernah menyumbang pemainnya meraih penghargaan Ballon d'Or. Pada Ballon d'Or 2021, hanya ada nama Luis Suarez yang masuk top 30, itu pun pada akhirnya berada di posisi ke-17.

4. Arsenal 

5 Klub Top yang Belum Pernah Menyumbang Pemainnya Meraih Ballon d'Orpotret para pemain Arsenal saat merayakan gol ke gawang Newcastle United (twitter.com/CADGooner)

Selain Chelsea dan Manchester CIty, ada klub top Inggris lainnya yang belum mampu menyumbang pemainnya meraih Ballon d'Or, yaitu Arsenal. Padahal, Arsenal merupakan klub yang paling banyak menyumbang pemain muda berbakat setiap tahunnya. Bahkan, pada Ballon d'Or 2021, tak ada nama pemain Arsenal yang masuk top 30.

Hal tersebut tak lepas dari performa buruk Arsenal pada musim lalu yang gagal masuk ajang Eropa mana pun, baik Liga Champions, Liga Europa, maupun UEFA Conference League. Walau begitu, Arsenal kembali masuk top 5 Premier League di klasemen sementara sejauh ini.

5. RB Leipzig 

5 Klub Top yang Belum Pernah Menyumbang Pemainnya Meraih Ballon d'Orpotret Christopher Nkunku bersama RB Leipzig (chelseacore.com)

Dalam beberapa tahun terakhir, RB Leipzig berhasil menjelma salah satu klub yang disegani oleh klub Eropa lainnya. RB Leipzig juga telah menjadi langganan perwakilan Jerman dalam berlaga di Liga Champions. Walau begitu, klub itu tak mampu menyumbangkan pemainnya untuk meraih penghargaan Ballon d'Or.

Pada Ballon d'Or 2021, tak ada nama pemain RB Leipzig yang masuk top 30. Hal tersebut pastinya menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi manajemen RB Leipzig untuk segera mengorbitkan pemain bintangnya, seperti Cristopher Nkunku atau Andre Silva.

 

Itu dia 5 klub top yang ternyata belum pernah menyumbang pemain untuk meraih penghargaan Ballon d'Or. Memang bukan perkara mudah untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Adakah klub favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 7 Pemain RB Leipzig yang Kini Membela Klub Besar Eropa

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya