5 Legenda Sepak Bola yang Saat Ini Menjadi Asisten Pelatih

Mulai dari Thierry Henry hingga Yaya Toure

Bagi para pesepak bola yang sudah pensiun, biasanya mereka memutuskan untuk melanjutkan kariernya sebagai seorang pelatih. Bukan perkara yang mudah untuk melanjutkan karier sebagai pelatih karena mereka membutuhkan sertifikasi dan pengalaman yang cukup. Adapula beberapa mantan pesepak bola yang mengawali karier kepelatihannya sebagai asisten pelatih untuk meraih pengalaman yang cukup.

Menariknya, ada beberapa legenda sepak bola yang baru pensiun beberapa tahun lalu dan saat ini menjadi asisten pelatih di sebuah tim tertentu. Kira-kira, siapa saja mereka? Berikut 5 legenda sepak bola yang saat ini menjadi asisten pelatih. 

1. Thierry Henry - Timnas Belgia

5 Legenda Sepak Bola yang Saat Ini Menjadi Asisten Pelatihpotret Thierry Henry (tribuna.com)

Fans Arsenal pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Thierry Henry. Dia membela Arsenal pada tahun 1999 hingga 2007 dan tahun 2012. Dia memutuskan untuk pensiun pada tahun 2015 dengan klub terakhir Red Bulls di Liga Amerika Serikat.

Dia sempat menjadi pelatih tim akademi Arsenal pada tahun 2015 hingga 2016. Setelah itu, dia ditunjuk untuk menjadi asisten pelatih Timnas Belgia dan akhirnya pindah menjadi manajer AS Monaco pada tahun 2018 selama 4 bulan saja. Pada Agustus 2021, dia dipercaya kembali untuk menjadi asisten pelatih Timnas Belgia dalam menemani pelatih Roberto Martinez.

2. Fernando Torres - Atletico Madrid U-19

5 Legenda Sepak Bola yang Saat Ini Menjadi Asisten Pelatihpotret Fernando Torres (en.as.com)

Fernando Torres merupakan salah satu legenda yang dimiliki oleh Timnas Spanyol dan Atletico Madrid. Dia memutuskan untuk pensiun di Sagan Tosu pada tahun 2019 lalu. Lulusan akademi Atletico Madrid itu pernah membela beberapa klub top, seperti Liverpool, Chelsea, dan AC Milan. 

Pada Juli 2021 lalu, Torres dipercaya untuk menjadi asisten pelatih Atletico Madrid U-19. Dia dikontrak jangka pendek karena kontraknya berakhir hingga Juni 2022 nanti. Di Atletico Madrid U-19, dia bertanggung jawab untuk mengembangkan para pemain muda agar dapat diorbitkan ke skuad U-23 ataupun skuad utama.

Baca Juga: 5 Momen Terbaik Fernando Torres Saat Berseragam Chelsea, Juara UCL!

3. Robin van Persie - Akademi Feyenoord

5 Legenda Sepak Bola yang Saat Ini Menjadi Asisten Pelatihpotret Robin van Persie (dailypost.ng)

Dapat dikatakan bahwa Robin van Persie merupakan legenda klub Feyenoord. Selain merupakan lulusan asli akademi tersebut, dia juga memutuskan untuk pensiun di Feyenoord pada tahun 2019 lalu. Dalam sejarah kariernya, dia pernah membela 2 klub raksasa Inggris, yaitu Arsenal dan Manchester United. 

Sejak Juli 2021 lalu, dia ditunjuk sebagai asisten pelatih akademi Feyenoord. Tak hanya itu, dia juga merangkap jabatan sebagai pelatih bagian teknis klub Feyenoord hingga beberapa waktu mendatang. Pada tahun lalu, dia sempat dipercaya untuk menjadi mentor bagi para pemain depan Feyenoord.

4. Michael Carrick - Manchester United

5 Legenda Sepak Bola yang Saat Ini Menjadi Asisten Pelatihpotret Michael Carrick (90min.com)

Michael Carrick pastinya bukan merupakan sosok yang asing bagi para fans Manchester United. Dia membela Manchester United sebagai pemain pada tahun 2006 hingga 2018 lalu. Setelah pensiun pada tahun 2018, dia ditunjuk untuk menjadi asisten pelatih MU.

Selama menjadi asisten pelatih Carrick telah bekerja sama dengan 2 pelatih top sekaligus, yaitu Ole Gunnar Solskjaer dan Jose Mourinho. Walau begitu, belum ada prestasi yang signifikan yang mampu dihasilkan oleh Carrick selama menjadi asisten pelatih Manchester United.

5. Yaya Toure - Akhmat Grozny

5 Legenda Sepak Bola yang Saat Ini Menjadi Asisten Pelatihpotret Yaya Toure (football256.com)

Yaya Toure merupakan legenda sepak bola Pantai Gading yang memiliki banyak pengalaman di Eropa. Dia pernah membela beberapa klub top, seperti Manchester City, Barcelona, dan AS Monaco. Dia memutuskan pensiun pada tahun 2020 lalu dengan klub terakhir QD Huanghai.

Sejak Juni 2021, Toure ditunjuk untuk menjadi asisten pelatih Akhmat Grozny yang bermain di Premier Liga Rusia. Sebelumnya, Toure juga pernah menjadi asisten klub asal Ukraina, Olimpik Donetsk, selama Februari--Mei 2021 lalu.

 

Kelima legenda sepak bola di atas telah memasuki perjalanan karier baru. Banyak yang percaya bahwa kelima asisten pelatih di atas akan menjadi pelatih top dalam beberapa tahun mendatang. Adakah legenda favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: Yaya Toure Puji Pep Guardiola Bawa Sterling ke Level yang Lebih Tinggi

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya