5 Lulusan Akademi Aston Villa yang Punya Karier Paling Cemerlang

Pastinya termasuk Jack Grealish!

Aston Villa merupakan salah satu klub papan tengah di Premier League musim lalu. Sempat tampil meyakinkan di awal musim, skuad Aston Villa harus terpeleset ke peringkat sebelas di akhir musim. Terlepas dari hal tersebut, Aston Villa merupakan klub yang kerap menciptakan pemain ternama dalam sejarahnya. 

Sejauh ini, terdapat beberapa lulusan akademi Aston Villa yang memiliki karier yang cemerlang. Kira-kira siapa saja ya, lulusan akademi Aston Villa itu? Yuk, simak penjelasannya. 

1. Gary Cahill

5 Lulusan Akademi Aston Villa yang Punya Karier Paling Cemerlangpotret Gary Cahill bersama Chelsea (football365.com)

Banyak yang tak mengetahui bahwa Gary Cahill merupakan lulusan akademi Aston Villa. Dia diorbitkan ke skuad utama Aston Villa pada tahun 2004 dan sempat dipinjamkan ke Burnley dan Sheffield United. Tampil cemerlang saat dipinjamkan, Cahill dibeli oleh Bolton pada tahun 2008. 

Pada tahun 2012, Chelsea mendatangkannya dengan banderol 8 juta euro atau sekitar Rp135 miliar. Setelah meninggalkan Chelsea pada tahun 2019 lalu, dia memutuskan untuk membela Crystal Palace hingga Juni 2021 kemarin. Saat ini, Cahill masih berstatus sebagai pemain bebas transfer. 

2. Daniel Sturridge

5 Lulusan Akademi Aston Villa yang Punya Karier Paling Cemerlangpotret Daniel Sturridge bersama Liverpool (goal.com)

Tak banyak yang tahu, bahwa Daniel Sturridge merupakan pemain akademi Aston Villa saat remaja. Dia sempat hijrah ke akademi Coventry City dan Manchester City sebelum akhirnya bergabung Chelsea pada tahun 2009. Sempat naik daun bersama Chelsea, pemain asal inggris itu dibeli Liverpool dengan harga 15 juta euro atau sekitar Rp254 miliar. 

Sturridge sudah berhasil meraih 2 trofi Liga Champions saat membela Chelsea pada tahun 2012 dan Liverpool pada tahun 2019. Dia juga berhasil meraih 2 trofi Piala FA pada tahun 2010 dan 2012. Sayangnya, kariernya perlahan-lahan semakin meredup dan saat ini dia berstatus sebagai pemain bebas transfer. 

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Aston Villa, Siapa Saja?

3. Gabriel Agbonlahor

5 Lulusan Akademi Aston Villa yang Punya Karier Paling Cemerlangpotret Gabriel Agbonlahor bersama Aston Villa (skysports.com)

Gabriel Agbonlahor merupakan lulusan akademi Aston Villa yang bersinar bersama klub tersebut. Meskipun begitu, dia sempat dipinjamkan ke klub lainnya di masa awal dia diorbitkan ke skuad utama, seperti Watford dan Sheffield Wednesday. Setidaknya, dia sudah membela Aston Villa selama 13 tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun pada tahun 2018 lalu. 

Dia dikenal sebagai pemain yang sangat cepat dalam dribbling dan memiliki akselerasi yang bagus. Dia juga sempat bermain bagi timnas Inggris sebanyak 3 kali sejak tahun 2008 lalu. Meskipun begitu, tak ada trofi yang berhasil dia dapatkan sepanjang karier sepak bolanya. 

4. Gareth Barry

5 Lulusan Akademi Aston Villa yang Punya Karier Paling Cemerlangpotret Gareth Barry bersama Aston Villa (90min.com)

Gareth Barry ternyata juga merupakan lulusan akademi Aston Villa yang diorbitkan ke skuad utama pada tahun 1998. Tampil memukau bersama Aston Villa selama 11 tahun, dia direkrut oleh Manchester City pada tahun 2009. Bersama Manchester City, Barry berhasil meraih 1 trofi Premier League dan 1 Piala FA. 

Barry juga sempat membela timnas Inggris sebanyak 53 kali di era 2000-an. Dia memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola pada Agustus 2020 lalu dengan klub terakhir yang ia bela adalah West Brom. 

5. Jack Grealish

5 Lulusan Akademi Aston Villa yang Punya Karier Paling Cemerlangpotret Jack Grealish bersama Aston Villa (news.sky.com)

Dapat dikatakan Jack Grealish merupakan penjualan Aston Villa termahal sepanjang sejarah. Bagaimana tidak, pemain timnas Inggris itu dibeli dengan harga 117,5 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun oleh Manchester City. Grealish sendiri diorbitkan ke skuad utama Aston Villa pada tahun 2013 lalu. 

Dia sendiri berhasil naik daun setelah berhasil konsisten bermain gemilang dalam 2 musim terakhir. Alhasil, dia dipanggil oleh timnas Inggris dan menjalani debutnya pada September 2020 lalu di ajang UEFA Nations League. Grealish juga berhasil membawa Inggris melaju ke final Piala Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah pada tahun ini walau harus kalah dari Italia di final.

 

Itulah tadi beberapa pemain lulusan akademi Aston Villa yang punya karier cemerlang. Setelah Grealish, siapa lagi ya nantinya yang akan menjadi bintang masa depan dari Aston Villa?

Baca Juga: 6 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Aston Villa, Siapa Saja?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya