Mengingat Rivalitas Spartak Moskow-Dynamo Kiev di Soviet Top League

Rivalitas berumur tua

Konflik Rusia dan Ukraina ramai diperbincangkan belakangan ini. Rusia melakukan invasi ke Ukraina. Hubungan kedua negara memang sudah tidak akur sejak Rusia berhasil mencaplok Krimea yang ada di timur Ukraina.

Rivalitas Rusia dan Ukraina juga terjadi di dunia sepak bola. Spartak Moskow (Rusia) dan Dynamo Kiev (Ukraina) merupakan salah satu rivalitas besar dalam sejarah.

1. Profil singkat Spartak Moskow dan Dynamo Kiev

Mengingat Rivalitas Spartak Moskow-Dynamo Kiev di Soviet Top LeaguePendukung Spartak Moscow mendukung klubnya pada laga melawan Akhmat Grozny. (twitter.com/fcsm_eng)

Kita mengenal Spartak Moskow dan Dynamo Kiev sebagai klub sepak bola di negara berbeda. Spartak Moskow merupakan klub asal Moskow, Rusia. Terbentuk pada 1883 dengan bermula dari kelompok olahraga Russian Gymnastics Society (RGO Sokol). Seiring dengan berjalannya waktu, klub tersebut berganti namanya beberapa kali, sebelum akhirnya dikenal dengan Spartak Moskow.

Sedangkan, Dynamo Kiev merupakan klub asal Kiev, Ukraina, yang terbentuk pada 1927. Nama awal dari Dynamo Kiev adalah Soviet Dynamo Sports Society. Klub ini tidak pernah sekalipun terdegradasi. Sebelum Ukraina merdeka pada 1991, Spartak Moskow dan Dynamo Kiev masih berada di liga yang sama, yaitu Soviet Top League.

2. Awal rivalitas Spartak Moskow dan Dynamo Kiev

Mengingat Rivalitas Spartak Moskow-Dynamo Kiev di Soviet Top LeagueAndriy Yarmolenko bersama Dynamo Kyiv (futbolgrad.com)

Spartak Moskow dan Dynamo Kiev sempat bermain di liga yang sama, yaitu Soviet Top League. Kompetisi tersebut terbentuk pada 1936 sebelum akhirnya bubar pada 1991. Bubarnya kompetisi tersebut tidak lepas dari runtuhnya Uni Soviet menjadi beberapa negara.

Pertemuan pertama antara kedua klub dimulai pada 6 Juli 1936. Spartak Moskow menang dengan skor 3-1. Persaingan kedua klub langsung pecah pada musim pertama Soviet Top League mengingat dua klub itulah yang paling mendominasi kompetisi tersebut.

Masyarakat setempat mengenal laga tersebut dengan Derbi Moskow-Kiev. Pertemuan kedua klub itu selalu menampilkan pertandingan menarik karena kedua klub tampil habis-habisan untuk saling menyerang.

Baca Juga: Spartak Moscow, Klub Raksasa Rusia yang Dicintai Rakyat Kecil

3. Walau tak satu liga lagi sejak 1991, rivalitas tetap berlanjut di level Eropa

Mengingat Rivalitas Spartak Moskow-Dynamo Kiev di Soviet Top Leaguebendera Rusia dan Ukraina (edules.com)

Dalam sejarahnya, kedua klub saling mendominasi Soviet Top League. Dynamo Kiev sudah memenangi tiga belas trofi. Sedangkan, Spartak Moskow sudah memenangi dua belas trofi.

Setelah liga bubar pada 1991, rivalitas kedua klub tidak berhenti. Mereka sempat beberapa kali bertemu di level Eropa, termasuk Liga Champions. Dilansir laman resmi Liga Champions, sudah ada empat pertemuan kedua klub tersebut sejauh ini.

Dynamo Kiev berhasil memenangi tiga laga. Sedangkan, Spartak Moskow memenangi sisanya. Kiev berhasil memasukkan gol sebanyak 11 kali, sedangkan Moskow hanya 5 kali.

4. Dynamo Kiev lebih unggul daripada Spartak Moskow dalam perolehan trofi

Mengingat Rivalitas Spartak Moskow-Dynamo Kiev di Soviet Top LeagueSergiy Rebrov bersama Dynamo Kyiv (thesefootballtimes.co)

Berbicara tentang perolehan trofi, ternyata Dynamo Kiev jauh lebih unggul daripada Spartak Moskow. Setidaknya sudah ada 63 trofi yang berhasil diraih klub tersebut hingga saat ini. Spartak Moskow, di sisi lain, baru meraih trofi sebanyak 36 trofi.

Dynamo Kiev juga pernah menjuarai UEFA Supercup 1975/1976. Sedangkan, Spartak Moskow belum pernah meraih trofi di luar Rusia atau Uni Soviet. 

5. Kedua klub sempat bersaing pada 2013 di final United Tournament

Mengingat Rivalitas Spartak Moskow-Dynamo Kiev di Soviet Top LeaguePara suporter Dynamo Kyiiv (futbolgrad.com)

United Tournament merupakan turnamen persahabatan antara Rusia dan Ukraina. Kompetisi ini mempertemukan dua klub terbaik dari Rusia dan Ukraina. Pada edisi United Tournament pertama pada 2013, Dynamo Kiev dan Spartak Moskow berhasil melaju ke final.

Dynamo Kiev menang dengan agregat 3-1. Mereka berhasil meraih kemenangan di kandang Spartak Moskow dengan skor 1-0 dan menang di kandang sendiri dengan skor 2-1. 

Sayangnya, turnamen tersebut tidak dilanjutkan setelah hubungan kedua negara memanas akibat Rusia menginvasi Ukraina. Saat ini, kedua klub masih menjadi rival walau sudah tak berada di turnamen yang sama. 

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top yang Ternyata Lulusan Klub Ukraina, Dynamo Kiev

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya