5 Negara dengan Jumlah Penghargaan Terbanyak di Copa America

Negara mana saja dengan penghargaan Copa America terbanyak?

Argentina baru saja dinobatkan sebagai jawara Copa America 2021 setelah mengalahkan Brasil dengan skor 1-0. Gol Argentina diciptakan oleh pemain Paris Saint-Germain, Angel Di Maria, pada menit ke-22. Angel Di Maria berhasil mengecoh kiper Brasil, Ederson Moraes, dengan cara mengarahkan bola ke atas saat Ederson terlalu maju dari arah gawang. 

Ini merupakan gelar juara Copa America yang ke-15 bagi Argentina. Sejauh ini, terdapat beberapa negara dengan jumlah penghargaan terbanyak di Copa America, baik juara pertama hingga keempat. Kira-kira negara mana saja ya? Yuk simak penjelasannya. 

1. Argentina - 36 penghargaan

5 Negara dengan Jumlah Penghargaan Terbanyak di Copa Americapotret Lionel Messi bersama Timnas Argentina(news-logics.com)

Argentina baru saja menambah gelar mereka di ajang Copa America saat mengalahkan Brasil dengan skor 1-0 beberapa waktu lalu. Hal tersebut membuat Argentina menyamai perolehan Uruguay yang berhasil menjuarai komeptisi tersebut sebanyak 15 kali. Jika dijumlah secara keseluruhan, Argentina sendiri sudah mengoleksi 36 penghargaan.

Selain pernah meraih gelar juara Copa America sebanyak 15 kali, Argentina juga pernah meraih gelar runner up sebanyak 14 kali. Argentina juga pernah meraih juara ketiga sebanyak 5 kali dan juara keempat sebanyak 2 kali. Pertama kalinya Argentina meraih gelar juara Copa America ialah pada tahun 1921 silam. 

2. Uruguay - 35 penghargaan

5 Negara dengan Jumlah Penghargaan Terbanyak di Copa Americapotret Uruguay saat menjuarai Copa America(investliveuruguay.com)

Selain Argentina, terdapat Uruguay yang merupakan negara dengan perolehan gelar juara Copa America, yaitu sebanyak 15 kali. Terakhir kalinya Uruguay meraih gelar juara Copa America ialah pada tahun 2011 lalu. Sedangkan Uruguay juga pernah meraih penghargaan runner up sebanyak 6 kali.

Uruguay juga pernah meraih penghargaan juara ketiga sebanyak 9 kali dan juara keempat sebanyak 5 kali. Sayangnya, pada Copa America 2021, Uruguay tak mampu menembus ke babak semifinal. Harus diakui bahwa penampilan Uruguay di Copa America 2021 kurang terlalu memuaskan. 

Baca Juga: 5 Peraih Gelar Pemain Terbaik di 5 Edisi Terakhir Copa America 

3. Brasil - 31 penghargaan

5 Negara dengan Jumlah Penghargaan Terbanyak di Copa Americapotret Brasil saat menjuarai Piala Eropa(aa.com.tr)

Brasil memang baru saja kalah dari Argentina di final Copa America 2021 dengan skor 0-1. Namun jangan salah, Negeri Samba itu sudah pernah menjadi Copa America sebanyak 9 kali. Sedangkan Copa America 2021 merupakan gelar runner up bagi Brasil yang ke-12.

Brasil sendiri juga pernah meraih juara ketiga sebanyak 7 kali dan juara keempat sebanyak 3 kali. Jadi, total penghargaan yang berhasil mereka raih di Copa America sebanyak 31 penghargaan, termasuk juara ketiga dan juara keempat. Terkahir kalinya Brasil menjuarai Copa America ialah pada tahun 2019 lalu saat mengalahkan Peru dengan skor 3-1.

4. Paraguay - 22 penghargaan

5 Negara dengan Jumlah Penghargaan Terbanyak di Copa Americapotret Timnas Paraguay(sportzpoint.com)

Tak banyak orang menyangka bahwa Paraguay pernah berjaya di Paraguay. Total penghargaan yang berhasil mereka raih ialah sebanyak 22 penghargaan. Paraguay setidaknya pernah menjuarai Copa America sebanyak 2 kali, yaitu pada tahun 1963 dan 1979.

Selain itu, Paraguay juga pernah menjadi runner up sebanyak 6 kali yang mana terakhir kali mereka meraih penghargaan tersebut ialah pada tahun 2011 lalu. Mereka juga pernah meraih juara ketiga dan juara keempat sebanyak masing-masing 7 kali. Di Copa America 2021, Paraguay tak mampu menembus semifinal. 

5. Chile - 22 penghargaan

5 Negara dengan Jumlah Penghargaan Terbanyak di Copa Americapotret Timnas Chile saat menjuarai Copa America 2016(sportskeeda.com)

Satu lagi negara dengan perolehan penghargaan terbanyak di Copa America ialah Chile. Setidaknya negara tersebut sudah memperoleh 22 penghargaan, termasuk 2 gelar juara Copa America pada tahun 2015 dan 2016. Selain itu, Chile juga pernah menjadi runner up sebanyak 4 kali. 

Chile merupakan negara terbanyak yang meraih juara keempat Copa America atau gagal meraih kemenangan di perebutan juara ketiga, yaitu sebanyak 11 kali. Sedangkan penghargaan juara 3 yang berhasil didapatkan Chile sebanyak 5 kali.

Nah, itu dia 5 negara dengan penghargaan terbanyak Copa America. Penghargaan yang dimaksud juga termasuk runner up, juara ketiga, dan juara keempat. Sedangkan trofi Copa America paling sering didapatkan oleh Argentina dan Uruguay, yaitu sama-sama 15 trofi. 

Baca Juga: 6 Pemain Argentina yang Sukses Menyumbang Gol di Copa America 2021

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya