5 Pelatih dengan Laga Final Liga Champions Terbanyak

Carlo Ancelotti paling sering masuk final Liga Champions

Liverpool dan Real Madrid memastikan diri untuk lolos ke final Liga Champions 2021/2022. Liverpool berhasil menyingkirkan Villareal, sedangkan Real Madrid berhasil mengalahkan Manchester City.

Berbicara tentang final Liga Champions, ada beberapa pelatih yang memiliki jumlah laga terbanyak di babak tersebut. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Carlo Ancelotti (5 kali)

5 Pelatih dengan Laga Final Liga Champions TerbanyakCarlo Ancelotti pelatih Real Madrid (skysports.com)

Carlo Ancelotti berhasil membawa Real Madrid lolos ke final Liga Champions 2021/2022 setelah mengalahkan Manchester City. Ini merupakan yang kelima kalinya Ancelotti membawa timnya menuju final Liga Champions.

Dari empat final sebelumnya, Ancelotti hanya gagal satu kali dalam meraih trofi. Dua trofi diraihnya saat bersama AC Milan, sedangkan satu trofi lainnya diraih saat melatih Real Madrid pada musim 2013/2014.

2. Miguel Muñoz (4 kali)

5 Pelatih dengan Laga Final Liga Champions TerbanyakMiguel Muñoz (marca.com)

Nama Miguel Muñoz memang cukup asing bagi para penggemar sepak bola saat ini. Dia merupakan pelatih Real Madrid pada 1960 hingga 1974. Selain itu, dia juga sempat melatih Sevilla, Timnas Spanyol, Granada, dan Las Palmas. 

Miguel Muñoz sudah berhasil membawa Real Madrid berada di final Liga Champions sebanyak empat kali. Kala itu, nama kompetisi tersebut adalah Piala Champion Eropa. Dari empat laga final, setidaknya dia sudah menyumbang dua trofi bagi Real Madrid.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak ke Gawang Klub Liga Inggris di Liga Champions

3. Marcello Lippi (4 kali)

5 Pelatih dengan Laga Final Liga Champions TerbanyakMarcelo Lippi (sempreinter.com)

Marcelo Lippi merupakan salah satu pelatih top asal Italia pada akhir abad 20. Dia pernah melatih Inter Milan, Juventus, Napoli, hingga Timnas Italia. Saat melatih Juventus, Lippi berhasil membawa klub tersebut berada di empat final Liga Champions.

Saat melatih Inter Milan, Lippi gagal mengantar klub tersebut berada di final. Hanya ada final Liga Champions pada 1996 saat melatih Juventus yang dapat dia menangkan.

4. Sir Alex Ferguson (4 kali)

5 Pelatih dengan Laga Final Liga Champions Terbanyakpotret Sir Alex Ferguson (metrifit.com)

Fans Manchester United pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Sir Alex Ferguson. Dia berhasil melatih membawa Manchester United berada di empat final Liga Champions. Dari empat final tersebut, ada dua laga final yang dia menangkan.

Sayangnya, semenjak ditinggal Ferguson, Manchester United kesulitan untuk meraih final Liga Champions kembali. Bahkan, Setan Merah terancam tak lolos ke Liga Champions musim depan.

5. Jurgen Klopp (4 kali)

5 Pelatih dengan Laga Final Liga Champions Terbanyakpotret Jurgen Klopp (twitter.com/WilliamHill)

Pada musim 2021/2022, Jurgen Klopp berhasil meraih final Liga Champions yang keempat. Tiga final Liga Champions diraihnya saat melatih Liverpool, sedangkan satu laga lainnya diraih saat melatih Borussia Dortmund pada musim 2012/2013.

Hanya ada satu trofi Liga Champions yang Klopp raih saat Liverpool mengalahkan Tottenhan pada musim 2018/2019. Pelatih asal Jerman itu diyakini dapat meraih Liga Champions yang kedua kalinya pada musim ini.

 

Baik Jurgen Klopp maupun Carlo Ancelotti ternyata masuk dalam daftar ini. Kedua pelatih tersebut berhasil lolos ke final Liga Champions 2021/2022.

Baca Juga: Usai Klopp, Guardiola Juga Bakal Perpanjang Kontrak di ManCity

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya