Comscore Tracker

5 Pelatih Ini Dipecat Klub Eropa meski Kompetisi Baru Dimulai

Termasuk Thomas Tuchel

Kompetisi sepak bola Eropa sudah berjalan selama beberapa pekan. Menariknya, walau baru dimulai, terdapat klub yang sudah memecat pelatih masing-masing karena berbagai alasan.

Hal tersebut membuat para pelatih tersebut berstatus bebas transfer sejauh ini. Mereka berhak untuk bergabung dengan klub baru tanpa adanya izin dari klub lama.

Deretan pelatih ini dipecat klub Eropa meski kompetisi baru dimulai.

1. Scott Parker (Bournemouth)

5 Pelatih Ini Dipecat Klub Eropa meski Kompetisi Baru DimulaiScott Parker (instagram.com/officialafcb)

Scott Parker menjadi pelatih pertama yang dipecat klub English Premier League (EPL) pada 2022/2023. Kekalahan Bournemouth dari Liverpool dengan skor 0-9 menjadi biang kerok dipecatnya Scott Parker. 

Di dua laga sebelumnya, Bournemouth juga kalah dari Arsenal dengan skor 0-3 dan ditaham imbang Norwich City 2-2. Parker sendiri padahal sangat berjasa dalam membawa Bournemouth kembali ke Premier League setelah menempati posisi kedua di Championship.

2. Michael O'Neill (Stoke City)

Di Championship 2022/2023, Michael O'Neill menjadi pelatih pertama yang dipecat. Pemecatan tersebut tak lepas dari hasil imbang Stoke City saat melawan Middlesbrough dengan skor 2-2 dan kekalahan dari Sunderland dengan skor 0-1. 

Padahal Stoke City baru menjalani lima laga di Championship 2022/2023. Dalam pernyataan Stoke City, klub tersebut sangat berterima kasih kepada Michael O'Neill walau pada akhirnya harus memilih mencari pelatih lain. 

Baca Juga: 5 Pemain Bournemouth 2022/2023 yang Pernah Membela Klub Besar

3. Sinisa Mihajlovic (Bologna)

5 Pelatih Ini Dipecat Klub Eropa meski Kompetisi Baru DimulaiSiniša Mihajlović (instagram.com/sinisamihajlovic_)

Sinisa Mihajlovic merupakan manajer Bologna sejak Januari 2019 lalu. Sayangnya, kariernya di Bologna harus berakhir pada 6 September 2022 setelah klub tersebut memilih untuk memutus kontraknya.

Bologna memang gagal meraih kemenangan dalam lima laga pertamanya pada 2022/2023. Bahkan, mereka harus rela ditahan imbang klub-klub seperti Spezia dan Salernitana. Hal itulah yang melatarbelakangi pemecatan Sinisa Mihajlovic di Bologna.

4. Thomas Tuchel (Chelsea)

5 Pelatih Ini Dipecat Klub Eropa meski Kompetisi Baru DimulaiThomas Tuchel (instagram.com/thomastuchelofficial_)

Secara mengejutkan, Chelsea memutuskan untuk mengganti Thomas Tuchel sebagai pelatih mereka. Hal tersebut tak lepas dari kekalahan Chelsea pada pekan pertama Liga Champions atas Dinamo Zagreb. 

Posisi Tuchel sendiri digantikan Graham Potter yang didatangkan dari Brighton. Pemecatan Tuchel dirasa cukup aneh mengingat sang pelatih memiliki persentase kemenangan yang tergolong tinggi.

5. Domenico Tedesco (RB Leipzig)

5 Pelatih Ini Dipecat Klub Eropa meski Kompetisi Baru DimulaiDomenico Tedesco (instagram.com/rbleipzig)

Domenico Tedesco merupakan pelatih yang ditunjuk RB Leipzig untuk menangani klub tersebut pada Desember 2021 lalu. Sayangnya, Tedesco dianggap tak mampu mengangkat performa RB Leipzig sehingga harus dipecat pada 7 September 2022 lalu. 

Pemecatan Domenico Tedesco tak lepas dari kekalahan di Liga Champions 2022/2023 saat RB Leipzig dibantai Shakhtar Donetsk dengan skor 1-4. Padahal Leipzig sendiri diunggulkan untuk meraih kemenangan dalam laga tersebut.

Para pelatih ini kini menganggur. Mereka bisa saja melatih klub lain musim ini.

Baca Juga: Pemilik Chelsea Kena Damprat Usai Pecat Thomas Tuchel

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya