5 Pelatih dengan Biaya Termahal di Dunia, Ada Julian Nagelsmann!

Mulai dari Jose Mourinho hingga Ruben Amorim!

Seorang pelatih merupakan sosok penting dalam setiap keberhasilan yang didapatkan oleh suatu klub sepak bola. Pelatih bertanggung jawab atas setiap kegagalan klub di setiap pertandingan yang mereka jalani. Tak heran jika banyak klub rela mendatangkan seorang pelatih top dengan biaya besar.

Sejauh ini, terdapat beberapa pelatih yang membutuhkan biaya yang besar untuk mendatangkannya dari klub lain. Berikut 5 pelatih dengan biaya termahal di dunia yang wajib kamu tahu.

1. Jose Mourinho - Inter Milan ke Real Madrid

5 Pelatih dengan Biaya Termahal di Dunia, Ada Julian Nagelsmann!planetfootball.com

Harus diakui bahwa Jose Mourinho merupakan salah satu pelatih top pada abad ke-21. Dia pernah melatih beberapa klub raksasa, seperti Inter Milan, Real Madrid, Chelsea, Porto, Manchester United, dan Tottenham Hotspur. Klub terakhir yang pernah dia latih ialah Totteham Hotspur dan dirinya baru saja dipecat beberapa waktu lalu.

Terlepas dari hal tersebut, tak banyak yang mengetahui bahwa Mourinho merupakan pelatih termahal di dunia untuk didatangkan dari klub lain. Pada tahun 2010, Real Madrid mendatangkan dirinya dari Inter Milan dengan harga 16 juta euro atau sekitar 280 miliar rupiah.

2. Julian Nagelsmann - RB Leipzig ke Bayern Munich

5 Pelatih dengan Biaya Termahal di Dunia, Ada Julian Nagelsmann!marca.com

Baru-baru ini, Bayern Munich mengumumkan bahwa pada musim depan klub tersebut akan dilatih oleh Julian Nagelsmann. Pelatih asal Jerman itu didatangkan dari RB Leipzig dengan harga 15 juta euro atau sekitar 262 miliar rupiah. Dengan hal itu, dia menjadi pelatih termahal kedua untuk didatangkan di dunia setelah Jose Mourinho.

Julian Nagelsmann memang merupakan sosok pelatih yang sangat berprestasi. Dia mampu mengangkat peforma RB Leipzig ke level teratas dan sering mengorbitkan beberapa pemain top. Tak heran jika dirinya diminati oleh beberapa klub besar, salah satunya Bayern Munich.

Baca Juga: 10 Potret Keren Julian Nagelsmann, Pelatih Termuda di Bundesliga

3. André Villas-Boas - FC Porto ke Chelsea

5 Pelatih dengan Biaya Termahal di Dunia, Ada Julian Nagelsmann!chelsea-news.co

Nama André Villas-Boas merupakan sosok pelatih yang tenar di era 2010-an. Dia berhasil membawa FC Porto menjuarai Liga NOS pada musim 2010/2011. Tak heran jika pada musim tersebut Chelsea langsung mendatangkannya dengan harga 15 juta euro atau sekitar 262 miliar rupiah.

Sayangnya, setelah didatangkan Chelsea, André Villas-Boas tak mampu memberikan satu gelar pun bagi klub asal London tersebut. Alhasil, dia harus meninggalkan Chelsea pada Maret 2012 sebelum didatangkan Tottenham Hotspur pada bulan Juli di tahun yang sama.

4. Brendan Rodgers - Celtic ke Leicester City

5 Pelatih dengan Biaya Termahal di Dunia, Ada Julian Nagelsmann!skysports.com

Brendan Rodgers memang merupakan salah satu pelatih top di Inggris. Mantan pelatih Liverpool itu saat ini merupakan juru taktik bagi klub Leicester City. Dia datangkan dari Celtic pada tahun 2016 dengan harga 10,4 juta euro atau sekitar 182 miliar rupiah.

Brendan Rodgers mengawali karier kepelatihannya dengan menjadi asisten pelatih klub Reading sebelum akhirnya dia ditunjuk melatih tim Chelsea U-18. Pelatih asal Irlandia Utara itu dikabarkan diminati oleh Tottenham Hotspur yang baru saja ditinggalkan Jose Mourinho beberapa waktu lalu.

5. Rúben Amorim - Braga ke Sporting CP

5 Pelatih dengan Biaya Termahal di Dunia, Ada Julian Nagelsmann!leftbackfootball.com

Rúben Amorim merupakan pelatih Sporting CP saat ini. Dia didatangkan dari Braga pada Desember 2019 lalu dengan harga 10 juta euro atau sekitar 175 miliar rupiah. Dia merupakan pelatih termahal yang pernah didatangkan oleh klub Liga NOS saat ini.

Rúben Amorim sendiri merupakan mantan pemain Benfica yang mempunyai kewarganegaraan Portugal. Dia dikontrak oleh Sporting CP hingga musim panas tahun 2024 sehingga dirinya masih mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan tim dalam jangka panjang.

 

Nah, itu dia 5 pelatih dengan biaya termahal di dunia saat ini. Mereka berlima memang dikenal sebagai pelatih top pada zamannya. Menurutmu, siapakah pelatih yang benar-benar layak dihargai mahal?

Baca Juga: Tampil Impresif, 5 Pelatih Ini Layak Menangani Klub Besar Musim Depan

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya