Comscore Tracker

5 Pelatih Termuda yang Pernah Menjadi Juru Taktik Klub Premier League

Adakah pelatih favoritmu dalam daftar di bawah?

Premier League merupakan salah satu kompetisi sepak bola paling bergengsi di dunia. Berbagai klub saling bersaing untuk memperebutkan gelar Premier League setiap tahunnya, mulai dari Manchester City, Manchester United, Leicester City, Chelsea, hingga Liverpool. Sukses atau gagalnya suatu klub pastinya tergantung pada peran pelatih masing-masing.

Sejauh ini, terdapat beberapa pelatih termuda dalam catatan sejarah Premier League. Pastinya bukan merupakan suatu hal yang mudah untuk memenangi setiap pertandingan di Premier League bagi seorang pelatih muda. Berikut 5 pelatih termuda yang pernah menjadi juru taktik klub di Premier League. 

1. Ryan Mason - Tottenham, 29 tahun 312 hari

5 Pelatih Termuda yang Pernah Menjadi Juru Taktik Klub Premier Leaguevoi.id

Dipecatnya Jose Mourinho beberapa minggu lalu dari Tottenham Hotspur membuat Ryan Mason naik jabatan sebagai pelatih sementara klub tersebut. Sebelumnya, Mason merupakan direktur akademi Tottenham Hotspur sejak Agustus 2020. Ryan Mason mempunyai pekerjaan rumah yang cukup berat untuk memastikan timnya masih masuk ke Liga Champions atau Liga Europa musim depan.

Di beberapa pertandingan awalnya, Ryan Mason harus bertanding di final Carabao Cup melawan Manchester City. Sayangnya, skuad asuhan Ryan Mason harus mengakui keunggulan skuad Pep Guardiola dengan skor 1-0. Mason melatih Tottenham Hotspur di usianya yang baru 29 tahun dan 312 hari. Ia menjadi pelatih termuda sepanjang sejarah Premier League sejauh ini.

2. Attilio Lombardo - Crystal Palace, 32 tahun 67 hari

5 Pelatih Termuda yang Pernah Menjadi Juru Taktik Klub Premier Leaguealchetron.com

Attilio Lombardo merupakan pelatih asal Italia yang mengawali karier kepelatihannya bersama Crystal Palace. Dia ditunjuk sebagai pelatih klub tersebut pada April 1998 dengan status pelatih sementara. Dia ditunjuk di posisi tersebut saat dirinya masih berumur 32 tahun dan 67 hari.

Ia juga pernah menjadi asisten manajer Manchester City sejak tahun 2010 hingga 2012 sebelum menjadi asisten pelatih Galatasaray pada tahun 2013. Saat ini, Attilio Lombardo merupakan asisten manajer Timnas Italia.

Baca Juga: 5 Klub Premier League yang Performanya Membaik Musim Ini, Ada West Ham

3. Chris Coleman - Fulham, 32 tahun 313 hari

5 Pelatih Termuda yang Pernah Menjadi Juru Taktik Klub Premier Leaguechroniclelive.co.uk

Chris Coleman merupakan pelatih yang mengawali kariernya di Fulham pada tahun 2003. Sebelum diangkat menjadi pelatih pada tahun tersebut, dia merupakan seorang asisten pelatih Fulham. Waktu itu dirinya masih berumur sangat muda, yaitu 32 tahun dan 313 hari. 

Setelah melatih Fulham selama 4 tahun, dia memutuskan untuk hijrah ke Real Sociedad pada tahun 2007. Saat ini, dia masih berstatus bebas transfer dengan klub terakhir yang pernah Coleman latih adalah Habei FC yang merupakan klub asal Tiongkok.

4. Gianluca Vialli - Chelsea, 33 tahun 227 hari

5 Pelatih Termuda yang Pernah Menjadi Juru Taktik Klub Premier Leagueskysports.com

Bagi kamu para fans Chelsea di era akhir 1990-an, pastinya kenal dengan Gianluca Vialli. Dia merupakan pelatih Chelsea sejak tahun 1998 hingga 2000. Saat melatih Chelsea, umurnya baru sekitar 33 tahun 227 hari.

Dia merupakan pelatih termuda yang pernah menjadi juru taktik Chelsea hingga saat ini. Setelah meninggalkan Chelsea pada tahun 2000, dia bergabung Watford untuk menjadi seorang pelatih hingga tahun 2002. Saat ini Gianluca Vialli merupakan koordinator tim Timnas Italia.

5. André Villas-Boas - Chelsea, 33 tahun 301 hari

5 Pelatih Termuda yang Pernah Menjadi Juru Taktik Klub Premier Leaguethehardtackle.com

André Villas-Boas merupakan pelatih asal Portugal yang pernah menjadi juru taktik di beberapa klub besar asal Inggris, seperti Chelsea dan Tottenham Hotspur. Di Inggris, dia memulai karier kepelatihannya di Chelsea pada tahun 2011 setelah didatangkan dari FC Porto. Waktu itu, ia masih berumur 33 tahun dan 301 hari.

Hal tersebut bukan pertama kalinya André Villas-Boas bergabung dengan Chelsea karena sebelumnya dirinya pernah menjadi scout bagi Chelsea sejak tahun 2004 hingga 2007. André Villas-Boas sebenarnya melatih Marseille pada musim ini walaupun akhirnya kontraknya harus diakhiri pada Februari 2021 lalu.

 

Nah, itu dia 5 pelatih termuda yang pernah menjadi juru taktik klub Premier League. Sayangnya, kebanyakan dari mereka tidak mampu memberikan gelar di ajang domestik Inggris, baik Premier League, Piala FA, maupun Piala Liga. Memang bukan merupakan suatu hal yang mudah melatih klub Inggris di usia yang masih muda.

Baca Juga: Villas-Boas Akui Terlalu Cepat Menerima Tawaran Melatih Chelsea

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya