5 Pelatih yang Menjalani Debut di Liga Champions pada Musim Ini

Seberapa jauh mereka membawa klubnya di Liga Champions?

Liga Champions 2021/2022 baru saja dimulai baru-baru ini. Terdapat beberapa kejutan di beberapa laga awal Liga Champions, seperti kalahnya Manchester United dari Young Boys hingga dibantainya Barcelona oleh Bayern Munich di kandang sendiri. Terlepas dari hal tersebut, ternyata terdapat beberapa pelatih yang menjalani debutnya di Liga Champions pada musim ini.

Beberapa pelatih tersebut memang bukan menjadi nama populer yang akan membawa klubnya menjuarai Liga Champions musim ini. Namun, banyak yang penasaran seberapa jauh mereka membawa klubnya di ajang terbesar level Eropa tersebut. Berikut 5 pelatih yang jalani debut Liga Champions pada musim ini. 

1. Matthias Jaissle - RB Salzburg

5 Pelatih yang Menjalani Debut di Liga Champions pada Musim Inipotret Matthias Jaissle (redbullsalzburg.at)

Matthias Jaissle  merupakan pelatih baru RB Salzburg yang baru ditunjuk pada awal Juli 2021 lalu. Dia berhasil membawa klub asal Austria itu lolos kualifikasi Liga Champions musim ini. Pelatih berusia 33 tahun itu dipercaya akan membawa RB Salzburg sukses di kompetisi domestik dan Liga Champions musim ini.

Musim ini merupakan debutnya di Liga Champions. Menariknya, Dia berhasil menahan imbang Sevilla dengan skor 1-1 di laga debutnya pada 15 September 2021 dini hari. Dia menggunakan formasi 4-4-2 diamond yang kerap menyulitkan Sevilla untuk membangun kreativitas.

2. Yuriy Vernydub - FC Sheriff Tiraspol

5 Pelatih yang Menjalani Debut di Liga Champions pada Musim Inipotret Yuriy Vernydub (fc-sheriff.com)

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, FC Sheriff Tiraspol berhasil bertanding di ajang Liga Champions. Hal tersebut tak lepas dari kecerdikan pelatih mereka Yuriy Vernydub. Pelatih berusia 55 tahun itu saat ini menjalani debutnya di Liga Champions di grup D bersama Real Madrid, Inter Milan, dan Shaktar Donetsk. 

Meskipun baru menjalani debut di Liga Champions pada musim ini, Yuriy Vernydub merupakan salah satu pelatih asal Ukraina yang paling berpengalaman di kancah Eropa. Setidaknya dia sudah menjalani sensasi Liga Europa sebanyak puluhan kali selama karier kepelatihannya.

Baca Juga: Dongeng Sheriff Tiraspol, Tim Termiskin Eropa di Liga Champions

3. David Wagner - BSC Young Boys

5 Pelatih yang Menjalani Debut di Liga Champions pada Musim Inipotret David Wagner (livescore.com)

Debut David Wagner di ajang Liga Champions berujung manis. Pasalnya, dia berhasil membawa BSC Young Boys mengalahkan Manchester United dengan skor 2-1 di kandang sendiri. David Wagner merupakan pelatih baru klub asal Swiss yang ditunjuk pada awal Juli 2021 lalu.

David Wagner pernah melatih beberapa klub, seperti Schalke 04, Huddersfield Town, serta Borussia Dortmund II. Pelatih asal Amerika Serikat itu dikenal sebagai salah satu pemain top Eintracht Frankfurt saat masih menjadi pemain.

4. Stefano Pioli - AC Milan

5 Pelatih yang Menjalani Debut di Liga Champions pada Musim Inipotret Stefano Pioli (rossoneriblog.com)

Stefano Pioli memang merupakan pelatih yang berpengalaman di Liga Europa. Di Liga Champions, musim ini merupakan musim pertamanya sebagai seorang pelatih. Pelatih AC Milan itu harus berjuang cukup berat di musim debutnya karena berada di Grup B bersama Liverpool, Porto, dan Atletico Madrid. 

Hal tersebut pastinya menjadi tantangan tersendiri bagi Stefano Pioli agar dapat menunjukkan kualitasnya sebagai seorang pelatih di Liga Champions. Pelatih asal Italia itu menghadapi Liverpool di laga debutnya dalam ajang Liga Champions yang akan diselenggarakan di Anfield Stadium.

5. Jon Dahl Tomasson - Malmo FF

5 Pelatih yang Menjalani Debut di Liga Champions pada Musim Inipotret Jon Dahl Tomasson bersama Malmo FF (tellerreport.com)

Debut Jon Dahl Tomasson di LIga Champions dapat dikatakan cukup buruk. Pasalnya, Malmo FF harus kalah dengan Juventus dengan skor 3-0. Selain berada satu grup bersama Juventus, ada pula FC Zenit dan Chelsea yang berada satu grup dengan Malmo FF. 

Hal ini bukan merupakan pekerjaan rumah yang mudah bagi Jon Dahl Tomasson yang melatih Malmo FF sejak Januari 2020 lalu. Pelatih berusia 45 tahun itu dipercaya hanya akan memiliki peluang untuk memperebutkan tiket ke babak 32 besar Liga Europa saja dengan menempati posisi ketiga fase grup nantinya.

 

Nah, itu dia 5 pelatih yang menjalani debutnya di Liga Champions pada musim ini. Kelima pelatih tersebut memang bukan merupakan pelatih yang difavoritkan untuk menjuarai Liga Champions. Menurutmu, seberapa jauh mereka membawa klubnya di Liga Champions 2021/2022?

Baca Juga: 8 Spot Instagramable Malmo, Kota Tepi Pantai Nan Cantik di Swedia

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya