Comscore Tracker

Piala Eropa 2020: 5 Pelatih yang Siapkan Tim Kurang dari Setahun

Mulai dari Paulo Sousa hingga Kasper Hjulmand!

Piala Eropa merupakan salah satu kompetisi paling bergengsi bagi suatu negara. Kompetisi empat tahunan itu memang membutuhkan cukup lama persiapan agar dapat tampil maksimal sehingga dapat meraih trofi kompetisi tersebut. Uniknya, di Piala Eropa 2020, terdapat beberapa pelatih yang hanya mempunyai waktu satu tahun untuk mempersiapkan skuad negaranya.

Memang, mereka sendiri baru ditunjuk oleh asosiasi sepak bola negaranya selama kurang dari satu tahun menjelang Piala Eropa 2020 bergulir. Berikut 5 pelatih negara peserta Piala Eropa 2020 yang mempersiapkan skuadnya dalam waktu kurang dalam satu tahun. 

1. Paulo Sousa - Polandia

Piala Eropa 2020: 5 Pelatih yang Siapkan Tim Kurang dari Setahunpotret Paulo Sousa yang merupakan pelatih Timnas Polandia(bobfm.co.uk)

Paulo Sousa merupakan pelatih berkebangsaan Spanyol yang saat ini menjadi pelatih timnas Polandia. Dia bertugas untuk skuad Polandia sejak 21 Januari 2021. Mempunyai waktu kurang lebih 143 hari untuk mempersiapkan Piala Eropa 2020 pastinya bukan menjadi pekerjaan mudah bagi mantan pelatih Fiorentina dan Bordeaux ini.

Paulo Sousa sendiri dinobatkan sebagai pelatih paling muda yang menangani skuad di ajang Piala Eropa 2020. Polandia sendiri merupakan negara pertama yang ditanganinya sebagai seorang manajer. Dia pernah menjadi asisten manajer timnas Portugal pada tahun 2008 lalu.

2. Rob Page - Wales

Piala Eropa 2020: 5 Pelatih yang Siapkan Tim Kurang dari Setahunpotret Rob Page(walesonline.co.uk)

Rob Page merupakan pelatih sementara timnas Wales semenjak Ryan Giggs harus menjalani proses pengadilan akibat kasus yang sedang dialaminya. Rob Page sendiri resmi melatih timnas Wales sejak 3 November 2020. Bukan perkara mudah untuk dapat bersaing di Grup A bersama Turki, Italia, dan Swiss.

Uniknya, Rob Page berhasil menahan imbang timnas Swiss dengan skor 1-1 di laga pertama mereka di Grup A. Wales sendiri masih mempunyai peluang yang cukup besar agar dapat lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 di bawah asuhan Rob Page. 

Baca Juga: 5 Negara Peserta Piala Eropa 2020 yang Menggunakan Jasa Pelatih Asing

3. Štefan Tarkovič - Slovakia

Piala Eropa 2020: 5 Pelatih yang Siapkan Tim Kurang dari Setahunpotret Štefan Tarkovič(the42.ie)

Nama negara Slovakia memang baru dikenal di dunia sepak bola dalam satu dekade terakhir. Pelatih Slovakia, Štefan Tarkovič, merupakan pelatih yang ditunjuk untuk menangani negara tersebut sejak 20 Oktober 2020 lalu. Pastinya tidak mudah untuk mempersiapkan skuad mereka dalam waktu sekitar 236 hari saja.

Slovakia sendiri masuk di Grup E bersama Spanyol, Swedia, dan Polandia. Bukan pekerjaan yang mudah bagi Štefan Tarkovič agar membawa negaranya lolok ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 yang sedang berlangsung.

4.  Frank de Boer - Belanda

Piala Eropa 2020: 5 Pelatih yang Siapkan Tim Kurang dari Setahunpotret Frank de Boer(the42.ie)

Tak banyak yang tahu bahwa Frank de Boer baru melatih Belanda kurang dalam waktu satu tahnu, tepatnya sejak 23 September 2020. Kala itu, kompetisi pertamanya yang dijalaninya ialah UEFA Nations League 2020 meskipun dirinya gagal untuk meraih trofi tersebut. Selama kurang dari setahun melatih timnas Belanda, Frank de Boer sendiri tampaknya kesulitan untuk menemukan materi pemain yang cocok bagi skuad di Piala Eropa 2020.

Baru-baru ini, Belanda sendiri berhasil mengalahkan timnas Ukraina dengan skor 3-2. Setidaknya, skuad Frank de Boer itu berhasil mengalahkan salah satu penantang terkuat di Grup C Piala Eropa 2020.

5. Kasper Hjulmand - Denmark

Piala Eropa 2020: 5 Pelatih yang Siapkan Tim Kurang dari Setahunpotret Kasper Hjulmand yang merupakan pelatih Timnas Denmark(currentnews.digital)

Kasper Hjulmand merupakan pelatih skuad Denmark sejak 1 Juli 2020. Dia sendiri resmi dikontrak negaranya hingga akhir Juli 2024 atau setelah Piala Eropa 2024 beberapa tahun lagi. Ini merupakan pertama kalinya Kasper Hjulmand melatih sebagai pelatih skuad negara.

Pastinya bukan merupakan hal yang mudah untuk mempersiapkan timnas Denmark dalam waktu kurang dari 347 hari. Denmark sendiri harus kalah dengan negara debutan Piala Eropa, Finlandia, di pertandingan awal mereka di Grup B Piala Eropa 2020.

 

Nah, itu dia 5 pelatih negara peserta Piala Eropa 2020 yang mempersiapkan timnya dalam waktu kurang dalam setahun. Pastinya bukan merupakan pekerjaan yang mudah, mengingat banyak sekali hal yang harus disiapkan jika memang mereka ingin menjuarai kompetisi tersebut. Adakah salah satu di antara mereka yang mampu menjuarai Piala Eropa 2020?

Baca Juga: Mengenal Para Pelatih Tim Nasional Peserta Piala Eropa 2020

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya