Comscore Tracker

5 Pemain Belakang Aktif dengan Gol Terbanyak di Liga pada Abad 21

Sergio Ramos masih menjadi yang paling produktif!

Pada dasarnya pemain belakang dalam tim sepak bola bertugas untuk menghalau segala bentuk serangan dari tim lawan. Para pemain belakang pastinya mengincar clean sheet di setiap laga yang mereka jalani. Walau begitu, bukan berarti para pemain belakang tak bisa aktif mencetak gol. 

Pada abad 21, terdapat beberapa pemain belakang yang masih aktif bermain dengan gol terbanyak di kompetisi liga domestik, terutama di liga top Eropa. Liga top Eropa sendiri terdiri dari Premier League, Ligue 1, LaLiga, Bundesliga, dan Serie A. Kira-kira siapa saja mereka? Berikut daftarnya. 

1. Sergio Ramos (75 gol)

5 Pemain Belakang Aktif dengan Gol Terbanyak di Liga pada Abad 21Sergio Ramos bersama Paris Saint-Germain (ligue1.com)

Saat laga melawan Stade Reims pada 23 Januari 2022 lalu, Sergio Ramos berhasil mencetak gol perdananya bersama Paris Saint-Germain. Dengan hal tersebut, Ramos berhasil mengoleksi 75 gol di kompetisi liga domestik. 74 gol lainnya dicetak saat dirinya masih bermain di LaLiga bersama Real Madrid.

Dengan hal tersebut, Sergio Ramos masih menjadi pemain belakang yang masih aktif dengan gol terbanyak di kompetisi liga pada abad 21. Rekornya sendiri dipercaya akan sulit untuk dipecahkan oleh para pemain belakang lainnya.

2. Ashley Young (52 gol)

5 Pemain Belakang Aktif dengan Gol Terbanyak di Liga pada Abad 21Ashley Young bersama Aston Villa (birminghammail.co.uk)

Nama Ashley Young memang tak sepopuler beberapa tahun lalu. Walau begitu, dia menjadi pemain belakang aktif kedua dengan gol terbanyak di liga pada abad 21. Setidaknya dia sudah berhasil mencetak 52 gol di kompetisi liga sejauh ini.

Dalam sejarahnya, Young pernah membela Aston Villa, Inter Milan, Manchester United, hingga Watford. Young juga pernah dipercaya membela Timnas Inggris sebanyak 39 kali dan sudah menyumbang tujuh gol.

Baca Juga: 5 Pemain Non Liga Top Eropa dengan Banderol Termahal pada Awal 2022

3. Juan Cuadrado (42 gol)

5 Pemain Belakang Aktif dengan Gol Terbanyak di Liga pada Abad 21Juan Cuadrado bersama Juventus (juventus.com)

Fans Juventus pastinya tak asing lagi dengan sosok Juan Cuadrado. Dia membela Juventus sejak 2015 lalu dengan status sebagai pemain pinjaman terlebih dahulu sebelum dipermanenkan pada 2017. Cuadrado sendiri memiliki posisi awal sebagai penyerap sayap sebelum dirotasi sebagai bek sayap.

Sejauh ini, Cuadrado berhasil mencetak 42 gol di kompetisi liga pada abad 21, khususnya di kompetisi Premier League dan Serie A. Pengalamannya sebagai penyerang sayap membuat dirinya menjadi salah satu bek sayap yang menakutkan bagi lini pertahanan lawan.

4. Raphaël Guerreiro (35 gol)

5 Pemain Belakang Aktif dengan Gol Terbanyak di Liga pada Abad 21Raphaël Guerreiro bersama Borussia Dortmund (bvb.de)

Dapat dikatakan Raphaël Guerreiro merupakan pemain belakang paling aktif dalam membangun serangan di Eropa. Di Bundesliga musim ini, dia sendiri berhasil menyumbang tiga gol dan dua assists. Sebagai pemain belakang, dia memiliki umpan silang dan akselerasi yang sangat berbahaya ke jantung pertahanan lawan.

Raphaël Guerreiro sudah mencetak 35 gol di kompetisi liga sejauh ini. Mengingat umurnya yang baru berusia 28 tahun, dia memiliki peluang yang tinggi untuk menyalip perolehan Sergio Ramos.

5. Aleksandar Kolarov (34 gol)

5 Pemain Belakang Aktif dengan Gol Terbanyak di Liga pada Abad 21Aleksandar Kolarov bersama Inter Milan (sempreinter.com)

Ada juga nama Aleksandar Kolarov yang masuk dalam daftar ini. Pemain berusia 36 tahun itu sedang membela Inter Milan sejak 2020 lalu. Kolarov memang dikenal sebagai pemain belakang dengan tendangan jarak jauhnya yang keras dan akurat.

Di sisi lain, Kolarov berhasil menjadi 34 gol dari 357 laga di liga domestik sejauh ini. Kebanyakan golnya diraihnya selama membela Manchester City pada 2010 hingga 2017 lalu. 

Bukan perkara mudah untuk mencetak gol bagi seorang pemain belakang. Kelima pemain di atas merupakan bukti bahwa pemain belakang juga mampu aktif berkonstribusi dalam mencetak gol ke gawang lawan. 

Baca Juga: Beri Kontribusi Besar, 5 Pemain Top Ini Justru Dibayar Murah

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya