Comscore Tracker

5 Pemain Top Brasil yang Berhasil Diorbitkan Shakhtar Donetsk

Mulai dari Fred hingga Douglas Costa

Shakhtar Donetsk merupakan klub sepak bola yang kerap menjadi langganan untuk mewakiki Ukraina di kompetisi Eropa, baik Liga Champions maupun Liga Europa. Selain itu, klub ini juga dikenal sering mengorbitkan banyak pemain top. Menariknya, beberapa pemain top yang berhasil diorbitkan berasal dari Brasil.

Shakhtar Donetsk memang diketahui memiliki tim talent scouting yang bagus di Brasil dalam 2 dekade terakhir. Tak heran jika terdapat cukup banyak pemain Brasil yang berhasil naik daun di klub ini. Berikut 5 pemain top Brasil yang berhasil diorbitkan Shakhtar Donetsk yang wajib kamu tahu. 

1. Fred

5 Pemain Top Brasil yang Berhasil Diorbitkan Shakhtar Donetskpotret Fred bersama Shakhtar Donetsk (90min.com)

Fans Manchester United pastinya tak asing lagi dengan sosok Fred. Dia merupakan salah satu gelandang andalan Setan Merah saat ini. Sebelum membela Manchester United pada tahun 2018, dia merupakan pemain Shakhtar Donetsk selama 5 tahun. 

Kala itu Fred memang tampil sangat meyakinkan sehingga diminati oleh beberapa klub top lainnya, termasuk Manchester City. Sayangnya, Manchester City kurang cepat dalam mengunci tanda tangan pemain berusia 28 tahun itu dan pada akhirnya ia bergabung ke Manchester United.

2. Luiz Adriano

5 Pemain Top Brasil yang Berhasil Diorbitkan Shakhtar Donetskpotret Luiz Adriano bersama Shakhtar Donetsk (aidwiki.com)

Nama Luiz Adriano mulai naik daun ketika membela AC Milan pada tahun 2015 hingga 2017. Bersama AC Milan, dia memberikan trofi Piala Super Italia 2016/2017. Sebelumnya, Adriano merupakan pemain Shakhtar Donetsk sejak tahun 2007 hingga 2015. 

Penampilannya di Shakhtar Donetsk juga sangat mengesankan dengan menyumbang cukup banyak trofi, seperti 6 trofi Liga Ukraina, 4 trofi Piala Ukraina, dan dan 4 trofi Piala Super Ukraina. Tak heran jika dirinya sempat dipercaya membela Timnas Brasil pada tahun 2014 lalu.

Baca Juga: 7 Pemain Brasil yang Pernah Berseragam Shakhtar Donetsk, Ada Willian!

3. Willian

5 Pemain Top Brasil yang Berhasil Diorbitkan Shakhtar Donetskpotret Willian bersama Shakhtar Donetsk (talksport.com)

Fans Chelsea dan Arsenal pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Willian. Dia membela Chelsea sejak tahun 2013 hingga 2020. Sementara itu, Willian membela Arsenal pada musim 2020/2021 dan akhirnya pulang ke klub kampung halaman, Corinthians. 

Lulusan akademi Corinthians itu mengawali kariernya di Eropa bersama Shakhtar Donetsk. Penampilan gemilangnya bersama klub asal Ukraina itu membuat dirinya direkrut oleh Anzhi Makhachkala pada tahun 2013.

4. Fernandinho

5 Pemain Top Brasil yang Berhasil Diorbitkan Shakhtar Donetskpotret Fernandinho bersama Shakhtar Donetsk (express.co.uk)

Fernandinho merupakan kapten utama Manchester City. Pemain berusia 36 tahun itu membela Manchester City sejak tahun 2013 dan sudah memberikan berbagai macam trofi, mulai dari Premier League, Carabao Cup, hingga Piala FA. Dia juga dipercaya membela Brasil sebanyak 53 kali sejauh ini. 

Sebelum bergabung ke Manchester City, Fernandinho merupakan pemain Shakhtar Donetsk sejak tahun 2005 hingga 2013. Menariknya, dia juga sukses saat bersama Shakhtar Donetsk dengan menyumbang 7 trofi Liga Ukraina, 5 trofi Piala Liga, dan 1 trofi UEFA Cup Winner.

5. Douglas Costa

5 Pemain Top Brasil yang Berhasil Diorbitkan Shakhtar Donetskpotret Douglas Costa bersama Shakhtar Donetsk (skysports.com)

Salah satu mantan pemain Shakhtar Donetsk lainnya yang pernah bersinar di Eropa ialah Douglas Costa. Dia pernah membela beberapa klub top seperti Bayern Munich dan Juventus. Dia membela Shakhtar Donetsk pada tahun 2010 hingga 2015.

Walau begitu, dia cukup kesulitan untuk bersaing di skuad Juventus saat ini. Dia harus dipinjamkan ke 2 klub berbeda dalam 2 musim terakhir, yaitu Bayern Munich dan Gremio.

 

Nah, itu dia 5 pemain top Brasil yang ternyata pernah membela Shakhtar Donetsk. Harus diakui bahwa klub ini memiliki talent scout yang bagus di Brasil. Adakah pemain favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Ternyata Pernah Berseragam Shakhtar Donetsk

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya