5 Pemain Top Eropa yang Pindah Kewarganegaraan ke Negara Timur Tengah

Mulai dari Munir hingga Oussama Idrissi

Eropa memang dikenal memiliki banyak sekali negara dengan skuad sepak bola yang tangguh. Tak heran jika ada banyak sekali pemain non-Eropa yang menginginkan untuk membela negara-negara yang ada di Eropa. Uniknya, ternyata ada beberapa pemain top yang justru pindah kewarganegaraan dari Eropa ke negara non-Eropa.

Salah satu wilayah yang menjadi destinasi bagi para pesepak bola tersebut ialah Timur Tengah. Menurut George W. Bush, Timur Tengah dapat diklasifikasikan menjadi Timur Tengah Raya dengan terdapat tambahan beberapa negara, seperti Aljazair, Maroko, Tunisia, dan beberapa negara lainnya di Benua Afrika. Berikut 5 pemain top yang pindah kewarganegaraan ke negara Timur Tengah. 

1. Munir El Haddadi - Sevilla

5 Pemain Top Eropa yang Pindah Kewarganegaraan ke Negara Timur Tengahworldfootballindex.com

Munir El Haddadi merupakan pemain depan andalan Sevilla yang bermain di LaLiga. Dia lahir di kota El Escorial dan pada awalnya memiliki kewarganegaraan Spanyol. Pemain berusia 25 tahun itu memutuskan untuk memiliki kewarganegaraan Maroko pada sekitar 2--3 tahun lalu.

Munir sendiri memiliki darah keturunan Maroko yang berasal dari orang tuanya. Pada 26 Maret 2021, dia baru saja menjalani debut pertamanya bagi Timnas Maroko senior setelah sekian lama menunggu momen tersebut.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Menakjubkan yang Ada di Tunisia, Memesona!

2. Emre Mor - Celta de Vigo

5 Pemain Top Eropa yang Pindah Kewarganegaraan ke Negara Timur Tengahen.as.com

Nama Emro Mor sempat bersinar saat masih membela Borussia Dortmund pada tahun 2016 lalu. Saat ini, dia membela klub asal Spanyol, Celta de Vigo. Pemain berusia 23 tahun ini dikenal sebagai pemain internasional Turki.

Pada awalnya, dia merupakan pemain berkewarganegaraan Denmark. Bahkan, dia sempat membela Timnas Denmark U-19 dan U-19. Dia memutuskan untuk membela Timnas Turki senior pada tahun 2016 dan sejauh ini sudah memberikan penampilan sebanyak 15 kali.

3. Ismaël Bennacer - AC Milan

5 Pemain Top Eropa yang Pindah Kewarganegaraan ke Negara Timur Tengahacmilaninfo.com

Para penggemar AC Milan pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Ismaël Bennacer. Pemain berusia 23 tahun ini merupakan pemain internasional Aljazair. Sejauh ini dia sudah memberikan penampilan bagi Aljazair sebanyak 26 kali sejak tahun 2016.

Uniknya, Ismaël Bennacer pernah membela Timnas Prancis U-19 dan U-18. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan tersebut pernah memutuskan untuk berkewarganegaraan Prancis. Ia sempat dikaitkan dengan klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain, pada tahun lalu walaupun hingga saat ini kesepakatan belum pernah terjadi.

4. Hamza Rafia - Juventus U-23

5 Pemain Top Eropa yang Pindah Kewarganegaraan ke Negara Timur Tengahnetral.news

Hamza Rafia merupakan pesepak bola lulusan akademi Lyon yang bergabung dengan Juventus U-23 pada tahun 2019 lalu. Awalnya dia merupakan pemain internasional Prancis U-18. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dia memutuskan untuk membela Timnas Tunisia pada tahun 2019 lalu.

Sejauh ini, dia sudah memberikan penampilan bagi Timnas Tunisia senior sebanyak 8 kali. Banyak yang percaya dia akan menjadi gelandang serang ternama di Afrika dalam beberapa tahun ke depan.

5. Oussama Idrissi - Ajax Amsterdam

5 Pemain Top Eropa yang Pindah Kewarganegaraan ke Negara Timur Tengahgoal.com

Oussama Idrissi merupakan pemain Sevilla yang saat ini dipinjamkan ke Ajax. Pemain berusia 25 tahun itu berposisi sebagai pemain sayap kiri. Dia sempat membela Timnas Belanda muda sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah kewarganegaraan menjadi Maroko.

Idrissi lahir di kota Bergen op Zoom, Belanda. Namun, dia memiliki darah keturunan Maroko dari orang tuanya. Di Timnas Maroko, dia sudah bermain sebanyak 7 kali sejak tahun 2019 lalu.

 

Nah, itu dia 5 pemain top Eropa yang pindah kewarganegaraan ke negara Timur Tengah. Pastinya banyak pro dan kontra mengenai keputusan mereka dalam mengubah status kewarganegaraannya. Meskipun begitu, semoga keputusan tersebut merupakan yang terbaik bagi mereka ya.

Baca Juga: 5 Pemain Asal Maroko yang Kini Berkarier di LaLiga, Sudah Tahu?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya