5 Pemain FC Porto Asal Kolombia yang Hasilkan Cuan Besar untuk Klub

Transfer Luis Diaz ke Liverpool jadi yang teranyar

FC Porto merupakan salah satu klub tertangguh di kompetisi sepak bola Portugal. Klub tersebut merupakan salah satu peraih Liga NOS terbanyak dalam sejarah kompetisi liga domestik Portugal. Tak hanya itu, FC Porto juga dikenal sebagai klub yang paling sering mengorbitkan pemain muda asal Kolombia.

Bahkan, sederet pemain asal Kolombia ini dibeli dengan harga murah, lalu sukses dijual lagi oleh FC Porto dengan harga yang sangat mahal. Berikut ini ada lima mantan pemain FC Porto asal Kolombia yang hasilkan banyak cuan untuk FC Porto.

Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. James Rodriguez (FC Porto ke AS Monaco)

5 Pemain FC Porto Asal Kolombia yang Hasilkan Cuan Besar untuk Klubpotret James Rodriguez bersama FC Porto (skysports.com)

James Rodriguez merupakan pemain baru Al-Rayyan SC yang bermain di liga domestik Qatar. Dalam sejarahnya, ia pernah memperkuat beberapa klub top, seperti Real Madrid, Bayern Munchen, AS Monaco, dan FC Porto. Menariknya, klub pertama yang dibela Rodriguez di Eropa ialah FC Porto.

Pada 2010, FC Porto membelinya dengan harga Rp112 miliar rupiah. Tak lama berselang, ia dijual ke AS Monaco pada 2013 dengan harga 45 juta euro atau setara Rp720 miliar. FC Porto pastinya untung besar atas penjualan pemain asal Kolombia itu.

2. Radamel Falcao (FC Porto ke Atletico Madrid)

5 Pemain FC Porto Asal Kolombia yang Hasilkan Cuan Besar untuk Klubpotret Radamel Falcao bersama FC Porto (90min.com)

Radamel Falcao merupakan salah satu penyerang asal Kolombia yang paling disegani di Eropa. Bagaimana tidak, Falcao sempat membela beberapa klub ternama, seperti FC Porto, Atletico Madrid, Manchester United, Chelsea, hingga AS Monaco. Klub Eropa pertama yang mendatangkan Falcao ialah FC Porto.

Kala itu Falcao dibeli dengan harga 6 juta euro atau setara Rp96 miliar dari River Plate di tahun 2009. Menariknya, FC Porto menjual Falcao ke Atletico Madrid pada 2011 dengan harga 40 juta euro atau Rp640 miliar. 

Baca Juga: [BREAKING] Liverpool Akhirnya Daratkan Luis Diaz

3. Jackson Martínez (FC Porto ke Atletico Madrid)

5 Pemain FC Porto Asal Kolombia yang Hasilkan Cuan Besar untuk Klubpotret Jackson Martinez bersama FC Porto (skysports.com)

Selain Radamel Falcao, ada juga pemain asal Kolombia yang dijual FC Porto ke Atletico Madrid, yaitu Jackson Martínez. Ia merapat ke FC Porto pada 2012 dari klub asal Meksiko, Jaguares. Kala itu ia dibeli dengan harga 9 juta euro atau Rp144 miliar saja.

Jackson Martínez sendiri kemudian dijual ke Atletico Madrid pada 2015 lalu dengan harga 35 juta euro atau Rp560 miliar. Kini Jackson telah memutuskan untuk pensiun sejak Desember 2020 setelah berstatus bebas transfer selama empat bulan.

4. Fredy Guarin (FC Porto ke Inter Milan)

5 Pemain FC Porto Asal Kolombia yang Hasilkan Cuan Besar untuk Klubpotret Fredy Guarin bersama FC Porto (oambidestro.pt)

Fredy Guarin merupakan pemain FC Porto sejak 2008 hingga 2012. Ia dibeli dari Saint-Étienne dengan harga satu juta euro atau Rp16 miliar saja. Tampil apik di Liga NOS, Fredy lantas dibeli Inter Milan di tahun 2012 setelah meminjamnya selama enam bulan sebelumnya.

Biaya untuk mempermanenkan Fredy cukup mahal, yaitu 11 juta euro atau setara Rp176 miliar. Sayang, sejak itu kariernya mulai mengalami penurunan tajam. Hari ini, Fredy Guarin masih berstatus bebas transfer karena belum ada klub yang tertarik menggunakan jasanya.

5. Luis Diaz (FC Porto ke Liverpool)

5 Pemain FC Porto Asal Kolombia yang Hasilkan Cuan Besar untuk Klubpotret Luis Diaz bersama FC Porto (sempreinter.com)

Terbaru, FC Porto menjual Luis Diaz ke Liverpool pada bursa transfer musim dingin 2022. Luis Diaz memang berhasil tampil gemilang bersama FC Porto, baik di Liga NOS maupun Liga Champions. Tak heran jika Liverpool berani membeli Diaz dengan harga 45 juta euro atau sekitar Rp720 miliar.

Padahal, FC Porto hanya membeli Luis Diaz dari Junior FC, klub asal Kolombia, dengan harga 7,2 juta euro atau setara Rp115 miliar saja. Pastinya FC Porto untung besar dari hasil penjualan pemain berusia 25 tahun tersebut. 

Tak bisa dipungkiri bahwa FC Porto memiliki tim scouting yang sangat bagus. Keuntungan yang mereka raih ini tentu berkat hasil kerja tim pemandu bakat yang sukses menemukan talenta-talenta sepak bola hingga ke negeri-negeri di Amerika Latin, terutama Kolombia.

Baca Juga: 10 Fakta Luis Diaz, Winger Kolombia Top Skor Copa America 2021

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya