5 Pemain Top Kelahiran Afrika yang Tampil di Piala Eropa 2020

Lahir di Afrika, 5 pemain ini tampil di Piala Eropa 2020

Afrika memang merupakan Benua yang kerap menghasilkan banyak pesepak bola top kelas dunia. Sebut saja nama-nama seperti Didier Drogba dan Samuel Eto'o yang namanya akan sulit terlupakan bagi para penggemar sepak bola. Uniknya, di Piala Eropa 2020 ternyata terdapat beberapa pesepak bola yang lahir di Afrika.

Pastinya terdapat beberapa alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Memang terdapat beberapa pesepak bola Eropa yang dulunya merupakan pengungsi dari Afrika akibat konflik yang berkepanjangan. Berikut 5 pemain top kelahiran Afrika yang tampil di Piala Eropa 2020.

1. Christian Benteke - Belgia

5 Pemain Top Kelahiran Afrika yang Tampil di Piala Eropa 2020potret Christian Benteke bersama Timnas Belgia(liverpoolecho.co.uk)

Christian Benteke merupakan salah satu penyerang depan yang dibawa Timnas Belgia di Piala Eropa 2020. Dia lahir pada 3 Desember 1990 di Kinshasa, Republik Demokratik Kongo. Dia lahir dari pasangan Marie-Claire Benteke dan Jean-Pierre Benteke.

Ayahnya merupakan mantan tentara di wilayah Zaire yang memutuskan untuk keluar dari tempat tinggalnya karena konflik yang berkepanjangan di sana. Alhasil, Christian Benteke beserta keluarganya memutuskan untuk melarikan diri ke Belgia. Wilayah Zaire yang dulu menjadi tempat tinggal keluarganya, kini menjadi wilayah resmi negara Republik Demokratik Kongo.

Di Piala Eropa 2020, Benteke tampil sebanyak satu kali saat melawan Finlandia. Benteke kesulitan untuk menggeser posisi Romelu Lukaku di lini depan Belgia. Benteke sudah memberikan penampilan sebanyak 40 kali sejak tahun 2010 lalu.

Baca Juga: Tiga Catatan Menarik dari Kemenangan Italia Atas Belgia

2. Steve Mandanda - Prancis

5 Pemain Top Kelahiran Afrika yang Tampil di Piala Eropa 2020potret Steve Mandanda bersama Timnas Prancis(footiespot.com)

Sama dengan Christian Benteke, Steve Mandanda merupakan pesepak bola kelahiran Kinshasa. Dia harus meninggalkan tanah kelahirannya akibat konflik yang berkepanjangan sehingga dia bersama keluarganya mengungsi ke Prancis. Singkat cerita, Mandanda tumbuh sebagai pesepak bola top yang berposisi sebagai seorang kiper.

Dia resmi mendapatkan kewarganegaraan Prancis dan membela skuad senior Prancis sejak 2008 dan memberikan penampilan sebanyak 34 kali. Sayangnya, dia tak dimainkan oleh Didier Deschamps di Piala Eropa 2020.

3. Breel Embolo - Swiss

5 Pemain Top Kelahiran Afrika yang Tampil di Piala Eropa 2020potret Breel Embolo bersama Timnas Swiss(schalke04.de)

Breel Embolo merupakan pemain internasional Swiss yang diikutsertakan di ajang Piala Eropa 2020. Tak banyak yang tahu bahwa dirinya lahir di Yaoundé, Kamerun. Saat berusia 6 tahun, dia hijrah ke Swiss dan menempa karier sepak bolanya di negara tersebut.

Dia mendapatkan kewarganegaraan Swiss pada tahun 2014 lalu. Embolo memutuskan untuk membela Swiss daripada Kamerun dalam hal pertandingan internasional. Sejauh ini, Embolo sudah memberikan 47 penampilan bagi Swiss.

4. Danilo Pereira - Portugal

5 Pemain Top Kelahiran Afrika yang Tampil di Piala Eropa 2020potret Danilo Pereira bersama Timnas Portugal(archyde.com)

Gelandang bertahan andalan Portugal, Danilo Pereira, merupakan pemain kelahiran Afrika. Dia lahir pada 9 September 1991 di Bissau, Guinea-Bissau. Dia besar di Portugal dan sempat membela skuad muda Portugal selama beberapa tahun.

Dia baru dipanggil Timnas Portugal senior pada tahun 2015 dan sudah memberikan penampilan sebanyak 51 kali. Dari 4 pertandingannya di Piala Eropa 2020, pemain Paris Saint-Germain itu sudah memberikan 1 assist.

5. William Carvalho - Portugal

5 Pemain Top Kelahiran Afrika yang Tampil di Piala Eropa 2020potret William Carvalho bersama Sporting CP(skysports.com)

Satu lagi pemain Portugal di Piala Eropa 2020 yang kelahiran Afrika adalah William Carvalho. Pemain Real Betis itu lahir pada 7 April 1992 di Luanda, Angola. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu sudah bermain 2 kali di Piala Eropa 2020.

William Carvalho sudah memberikan penampilan sebanyak 68 kali bagi Timnas Portugal sejak tahun 2013. Pemain berusia 29 tahun itu sebenarnya dapat membela Timnas Angola saat dirinya masih remaja walaupun akhirnya memutuskan untuk membela Portugal.

 

Nah, itu dia 5 pemain top di Piala Eropa 2020 yang merupakan kelahiran Afrika. Mereka semua merupakan kebanggaan tersendiri bagi negara yang dibelanya dan sebagian masyarakat Afrika. Adakah pemain favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 7 Pemain Akademi Sporting Lisbon yang Membela Portugal di Euro 2020

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya