Meski Kalah, 5 Pemain Kroasia Ini Bersinar di Piala Eropa 2020

Mulai dari Mateo Kovacic hingga Ivan Perisic!

Laga Spanyol melawan Kroasia merupakan salah satu laga yang paling seru di Piala Eropa 2020. Bagaimana tidak, terdapat 8 gol yang tercipta dalam waktu 120 menit berjalannya pertandingan. Pertandingan dimenangkan oleh Spanyol dengan skor akhir 5-3 atas Kroasia. 

Meski kalah dari Spanyol, harus diakui bahwa beberapa pemain dari negara Kroasia mampu bersinar di Piala Eropa 2020. Kira-kira siapa saja? Berikut 5 pemain Kroasia yang bersinar di Piala Eropa 2020. 

1. Mateo Kovacic

Meski Kalah, 5 Pemain Kroasia Ini Bersinar di Piala Eropa 2020potret Mateo Kovacic bersama Timnas Kroasia(90min.com)

Mateo Kovacic merupakan salah satu pemain kunci di lini tengah Kroasia dalam ajang Piala Eropa 2020. Selalu tampil sebagai starter, pemain Chelsea itu memang berhasil tampil memukau dengan kemampuan membaca serangan dengan baik, sehingga kerap menyulitkan lawan untuk menembus lini pertahanan Kroasia. Dia juga berperan aktif dalam mencari celah-celah lawan untuk menyerang ketika negaranya sedang ditekan.

Harus diakui, bahwa peran Mateo Kovacic sangat meringankan beban sang kapten Luka Modric untuk menciptakan kreatifitas dalam menyerang. Pemain berusia 27 tahun itu sudah tampil sebanyak 70 kali bagi timnas Kroasia sejak tahun 2013 lalu.

2. Domagoj Vida

Meski Kalah, 5 Pemain Kroasia Ini Bersinar di Piala Eropa 2020potret Domagoj Vida bersama Timnas Kroasia(90min.com)

Bek tengah Besiktas, Domagoj Vida, merupakan andalan timnas Kroasia di Piala Eropa 2020. Dia tak pernah absen di 4 pertandingan Kroasia di kompetisi empat tahunan itu. Vida memang tampil solid di lini belakang Kroasia bersama Josko Gvardiol dan Dejan Lovren.

Meskipun tidak mampu membawa Kroasia lolos ke babak 8 besar, Vida sendiri mampu menunjukkan kualitasnya saat melawan Spanyol beberapa waktu lalu. Sayangnya, memang di babak tambahan para lini belakang Kroasia tampak sangat kelelahan dan terciptalah 2 gol yang memastikan Kroasia kalah dalam pertandingan tersebut.

Baca Juga: 5 Hal Menarik yang Terjadi Saat Spanyol Susah Payah Taklukkan Kroasia

3. Mislav Orsic

Meski Kalah, 5 Pemain Kroasia Ini Bersinar di Piala Eropa 2020potret Mislav Orsic bersama Timnas Kroasia(teamtalk.com)

Mislav Orsic memang hanya bermain selama 53 menit di ajang Piala Eropa 2020 saat Kroasia dikalahkan Spanyol di babak 16 besar. Uniknya, meski mendapatkan menit bermain yang tak banyak, dia mampu mencetak 1 gol dan 1 assist bagi Kroasia. Banyak yang menilai bahwa seharusnya Orsic dimainkan di setiap pertandingan yang dijalani Kroasia di fase grup.

Orsic merupakan pemain sayap kiri milik DInamo Zagreb yang sudah tampil gemilang di sepanjang musim 2020/2021. Pemain berusia 28 tahun itu bergabung timnas Kroasia sejak tahun 2019 dan sudah memberikan penampilan sebanyak 9 kali. 

4. Luka Modric

Meski Kalah, 5 Pemain Kroasia Ini Bersinar di Piala Eropa 2020potret Luka Modric bersama Timnas Kroasia(managingmadrid.com)

Kapten timnas Kroasia, Luka Modric, merupakan salah satu pemain yang paling penting atas kesuksesan negara tersebut di Piala Eropa 2020. Perannya sangat penting untuk mencari celah membangun serangan. Jika dilihat lebih cermat, Modric memang sangat fleksibel dalam menyisiri lapangan dengan tujuan dapat membangun serangan di titik lemah tim lawan.

Di Piala Eropa 2020, Modric sudah memberikan 1 gol dan 1 assist dan terlibat dalam beberapa gol Kroasia di ajang tersebut. Modric merupakan pemain termuda dan tertua yang pernah mencetak gol bagi Kroasia. Selain itu, dia merupakan pemain terbanyak yang tampil di Piala Eropa bersama Kroasia.

5. Ivan Perisic

Meski Kalah, 5 Pemain Kroasia Ini Bersinar di Piala Eropa 2020potret Ivan Perisic bersama Timnas Kroasia(skysports.com)

Absennya Ivan Perisic di babak 16 besar Piala Eropa 2020 saat melawan Spanyol pastinya sangat mempengaruhi performa skuad Kroasia. Di fase grup, Perisic sudah menyumbangkan 2 gol dan 1 assist. Perisic sendiri absen karena terpapar COVID-19 sehingga harus menjalani perawatan lebih lanjut.

Perisic sudah memberikan penampilan sebanyak 104 kali bagi timnas Kroasia sejak tahun 2011 lalu. Pemain Inter Milan itu mengaku sangat sedih ketika harus absen di babak 16 besar saat melawan Spanyol melalui unggahan di media sosialnya.

 

Nah, itu dia 5 pemain Kroasia yang tampil bagus di ajang Piala Eropa 2020. Meskipun tak mampu membawa negaranya ke babak 8 besar, perjuangan mereka harus diapresiasi. Di sisi lain, memang Kroasia memiliki pekerjaan rumah untuk mempertajam lini depan.

Baca Juga: 6 Pemain Berkebangsaan Kroasia yang Pernah Membela Inter Milan

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya