Comscore Tracker

6 Pemain Kunci Manchester City dalam Meraih Gelar Premier League

Keenam pemain ini layak menjadi Player of The Year!

Manchester City baru saja memenangkan kompetisi Premier League pada musim ini setelah Manchester United kalah dengan skor 1-2 atas Leicester City. Dengan hasil tersebut, Manchester United dipastikan tidak akan mampu mengungguli poin Manchester City hingga akhir musim. Hingga pekan ke-35, Manchester City sudah berhasil mengoleksi 80 poin.

Klub tersebut berhasih meraih 25 kemenangan, 5 hasil imbang, dan 5 kekalahan. Terdapat beberapa pemain Manchester City yang menjadi pemain kunci atas keberhasilan mereka meraih gelar Premier League musim ini, siapa saja? Berikut 6 daftar pemain tersebut. 

1. Ederson Moraes

6 Pemain Kunci Manchester City dalam Meraih Gelar Premier LeagueEderson Moraes di Manchester City (90min.com)

Ederson Moraes memang merupakan kiper utama Manchester City untuk Premier League dan Liga Champions. Sedangkan untuk Carabao Cup dan Piala FA, Manchester City mengandalkan Zack Steffen. Dari 34 pertandingan yang dijalani Ederson, dia berhasil meraih 18 clean sheets.

Dia berhasil menjadi kiper dengan clean sheets terbanyak di Premier League pada musim ini. Total kebobolan yang dialami oleh Ederson di Premier League hanya 25 gol saja. Tidak ada kiper di Premier League yang hanya dibobol tak lebih dari 30 gol selain Ederson Moraes.

2. Ruben Dias

6 Pemain Kunci Manchester City dalam Meraih Gelar Premier LeagueRuben Dias bersama Manchester City (mancitysquare.com)

Membangun serangan dari belakang merupakan salah satu strategi andalan Pep Guardiola pada musim ini. Hadirnya Ruben Dias dari Benfica mampu memahami taktik Guardiola tersebut dengan sangat baik. Dias mampu memberikan umpan jauh yang sangat akurat untuk membangun serangan dari belakang.

Dias sendiri juga merupakan pemain terbanyak yang melakukan umpan di Premier League sejauh ini, yaitu 2566 umpan. Selain itu, pastinya kemampuan bertahan Ruben Dias tidak usah diragukan lagi, apalagi jika berduet dengan John Stones. 

Baca Juga: 5 Laga Ini Jadi Kunci Manchester City Juara Premier League 2020/2021

3. John Stones

6 Pemain Kunci Manchester City dalam Meraih Gelar Premier LeagueJohn Stones di Manchester City (skysports.com)

Sempat mengalami kesulitan untuk menembus skuad utama Manchester City di awal musim, John Stones berhasil menjadi pilihan utama Pep Guardiola hingga saat ini. Kerja kerasnya membuat Stones berhasil meraih 13 clean sheets dan mencetak 4 gol di Premier League. Pemain asal Inggris itu gemar melakukan penetrasi ke tengah lapangan jika rekan setimnya kesulitan untuk menembus pertahanan lawan.

Stones juga unggul dalam bola-bola atas dan tak sedikit yang berujung sebuah gol. Pada musim ini, John Stones juga berhasil dipanggil lagi oleh Gareth Southgate setelah dirinya sudah lama tak dipanggil oleh Timnas Inggris. Musim ini merupakan musim pertamanya dirinya berhasil mencetak 4 gol sekaligus dalam suatu musim.

4. Kevin De Bruyne

6 Pemain Kunci Manchester City dalam Meraih Gelar Premier LeagueKevin De Bruyne (givemesport.com)

Kevin De Bruyne merupakan salah satu pemain kunci yang mampu menghidupkan lini tengah Manchester City di hampir setiap pertandingan. Pemain asal Belgia itu pada musim ini memang kerap dirotasi menjadi false nine. Hal tersebut tak lepas dari kerapnya cedera yang dialami oleh Gabriel Jesus dan Sergio Aguero.

Cedera kedua striker tersebut juga membuat ketajaman mereka menurun. Alhasil, Kevin De Bruyne ditempatkan agak menyerupai seorang striker guna memberikan umpan-umpan manja ke posisi penyerang sayap yang dapat diisi oleh Riyad Mahrez, Phil Foden, Raheem Sterling, atau Bernardo Silva. De Bruyne sejauh ini sudah menyumbangkan 11 assist dan 5 gol di Premier League musim ini. 

5. Ilkay Gundogan

6 Pemain Kunci Manchester City dalam Meraih Gelar Premier LeagueIlkay Gundogan di Manchester City (mancity.com)

Ilkay Gundogan merupakan salah satu pemain yang underrated sebelumnya. Tak banyak yang mengira bahwa penampilannya akan segemilang seperti saat ini. Di Premier League, Gundogan sudah mencetak 12 gol dan 2 assist

Gundogan mampu menjadi lumbung gol bagi Manchester City di saat kedua striker mereka, Gabriel Jesus dan Sergio Aguero, mengalami kesulitan untuk menjadi lebih produktif dalam mencetak gol. Gundogan sendiri merupakan satu-satunya pemain tengah yang masuk dalam daftar 10 besar pencetak gol terbanyak di Premier League sejauh ini.

6. Riyad Mahrez

6 Pemain Kunci Manchester City dalam Meraih Gelar Premier LeagueRiyad Mahrez (premierleague.com)

Satu lagi pemain penting yang dimiliki Manchester City atas keberhasilan mereka meraih gelar Premier League pada musim ini ialah Riyad Mahrez. Sempat mengalami kesulitan dalam menerapkan taktik Pep Guardiola pada musim lalu, Mahrez berhasil menunjukkan bahwa pada musim ini dia layaj digaji mahal oleh Manchester City. Sejauh ini, Mahrez sudah menyumbangkan 9 gol dan 4 assist bagi Manchester City. 

Kelebihan Mahrez ialah dirinya mampu dengan mudah mengecoh lini pertahanan lawan yang kerap berbuah gol atau assist. Mahrez juga merupakan sosok yang memiliki kemampuan tendangan bebas yang sangat bagus.

Nah, itu dia 6 pemain kunci atas keberhasilan Manchester City meraih gelar Premier League pada musim ini. Sebenarnya, semua pemain Manchester City pastinya berjasa sangat besar atas keberhasilan klubnya meraih gelar Premier League. Di sisi lain, keenam pemain di atas harus diakui memiliki peran yang penting untuk membantu Manchester City meraih kemenangan di setiap pertandingan. 

Baca Juga: Sederet Fakta Hebat Manchester City Juara Premier League

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya