5 Pemain Ternama yang Merupakan Lulusan Akademi Club Atlético Peñarol

Termasuk pemain top Real Madrid, Federico Valverde

Club Atlético Peñarol merupakan klub asal Uruguay yang berasal dari kota Montevideo. Klub ini berdiri pada tahun 1980 dan saat ini menggunakan stadion Estadio Campeón del Siglo sebagai markas utamanya. Dapat dikatakan klub ini merupakan salah satu klub terbaik di Uruguay.

Bagaimana tidak, terdapat cukup banyak pemain yang diorbitkan oleh klub ini. Tak hanya itu, lulusan akademi klub tersebut juga banyak yang sukses di kancah internasional. Berikut 5 pemain ternama yang merupakan lulusan akademi Club Atlético Peñarol.

1. Guillermo Varela

5 Pemain Ternama yang Merupakan Lulusan Akademi Club Atlético Peñarolpotret Guillermo Varela (tribalfootball.com)

Guillermo Varela merupakan salah satu bek kanan andalan di Timnas Uruguay. Dia merupakan lulusan akademi Club Atlético Peñarol yang masuk ke skuad utama pada tahun 2012. Di tahun berikutnya, Varela dibeli oleh klub raksasa Eropa, Manchester United. 

Sayangnya, dia kesulitan untuk bersaing di posisi bek sayap kaan sehingga harus dipinjamkan ke beberapa klub, seperti Real Madrid Castilla dan Eintracht Frankfurt. Karena kariernya tak begitu bagus di Manchester United, dia dijual lagi ke Club Atletico Penarol pada tahun 2017. Saat ini dia kembali bermain bagi klub Eropa, tepatnya Dynamo Moscow.

2. Facundo Pellistri

5 Pemain Ternama yang Merupakan Lulusan Akademi Club Atlético Peñarolpotret Facundo Pellistri bersama Alaves (dailyadvent.com)

Satu lagi pemain Club Atlético Peñarol yang dibeli Manchester United ialah Facundo Pellistri. Sayangnya, dia belum bisa menembus skuad utama Manchester United sejak didatangkan pada Oktober 2020 lalu. Dalam 2 musim terakhir, Pelistri dipinjamkan ke klub Spanyol, Alaves. 

Pemain berusia 19 tahun itu dikenal sebagai winger yang cepat dan memiliki crossing yang bagus. Walau begitu, Pellistri pastinya akan kesulitan untuk bersaing di lini depan Manchester United karena terdapat beberapa nama top, seperti Marcus Rahsford, Mason Greenwood, Jadon Sancho, Martial, hingga Cristiano Ronaldo.

Baca Juga: Uruguay vs Argentina, Beradu Susul Brasil ke Piala Dunia 2022

3. Darwin Núñez

5 Pemain Ternama yang Merupakan Lulusan Akademi Club Atlético Peñarolpotret Darwin Núñez bersama Benfica (sempreinter.com)

Darwin Núñez merupakan salah satu prospek menjanjikan yang dimiliki oleh Benfica. Dia dibeli dari Almeria dengan harga 24 juta euro atau 388 miliar rupiah pada tahun 2020. Sementara itu, Almeria membeli Darwin Nunez dari Club Atlético Peñarol pada tahun 2019 dengan harga 13 juta euro atau 210 miliar rupiah. 

Semenjak diorbitkan ke skuad utama dari akademi Club Atletico Penarol, kariernya memang meningkat tajam. Bahkan, baru setahun bergabung tim utama, dia sudah dipercaya untuk memperkuat Timnas Uruguay senior. Penyerang berusia 22 tahun itu sudah menyumbangkan penampilan sebanyak 6 kali bagi negaranya.

4. Federico Valverde

5 Pemain Ternama yang Merupakan Lulusan Akademi Club Atlético Peñarolpotret Federico Valverde bersama Real Madrid (en.as.com)

Fans Real Madrid pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Federico Valverde. Pemain berusia 23 tahun itu menjadi salah satu sosok penting di lini tengah Real Madrid sejak kedatangannya dari Club Atletico Penarol pada tahun 2016 lalu. Butuh 2 tahun bagi Valverde agar masuk ke skuad utama Real Madrid karena sebelumnya dia harus bermain untuk RM Castilla dan dipinjamkan ke Deportivo.

Lulusan akademi Penarol itu sendiri juga dipercaya menjadi pemain tengah andalan di skuad Uruguay sejak 2017 lalu. Setidaknya sudah ada 35 penampilan yang dilakukannya bagi Timnas uruguay senior. Walau begitu, dia belum bisa menyumbankan satu trofi sekalipun bagi negaranya.

5. Diego Rossi

5 Pemain Ternama yang Merupakan Lulusan Akademi Club Atlético Peñarolpotret Diego Rossi (today.in-24.com)

Nama Diego Rossi mulai naik daun sejak dipinjam Fenerbahce pada September 2021 lalu. Dia merupakan pemain Los Angeles FC sejak tahun 2018 lalu. Dia dibeli dari Club Atletico Penarol kala itu dengan harga 2,5 juta euro atau setara 40 miliar rupiah. 

Di ajang Super Lig Turki, Rossi menyumbang 2 gol dan 3 assist dari 8 laga yang dijalaninya. Besar kemungkinan dia akan dipermanenkan oleh Fenerbahce pada musim depan mengingat perannya yang penting di lini depan Fenerbahce sejauh ini.

 

Itu dia 5 pemain yang ternyata lulusan akademi Club Atlético Peñarol. Ternyata cukup banyak pemain sukses yang berkarier di kancah Eropa, ya. Adakah pemain favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: Sebelum Ozil, 7 Pemain Premier League Ini Sudah Membela Fenerbahce

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya