Comscore Tracker

5 Pemain yang Pindah Kewarganegaraan dan Dipanggil di Piala Eropa 2020

Seberapa besar pengaruhnya terhadap negara baru mereka?

Tampil di suatu negara yang memiliki peluang besar untu menjuarai kompetisi sepak bola di tingkat internasional merupakan impian bagi sebagian pesepak bola. Tak heran, jika ada cukup banyak pesepak bola yang pindah kewarganegaraan agar mampu membela negara impiannya.

Uniknya, beberapa pemain yang pindah negara tersebut dipanggil oleh negara barunya di ajang Piala Eropa 2020 nanti. Pastinya hal ini merupakan suatu hal yang menarik karena penampilannya akan menjadi tolak ukur seberapa tepat kah keputusan mereka untuk pindah negara. Berikut 5 pemain yang pindah kewarganegaraan dan dipanggil di Piala Eropa 2020. 

1. Declan Rice - Republik Irlandia ke Inggris

5 Pemain yang Pindah Kewarganegaraan dan Dipanggil di Piala Eropa 2020potret Declan Rice bersama West Ham United(whufc.com)

Tak banyak yang tahu bahwa Declan Rice merupakan pemain yang pindah kewarganegaraan pada tahun 2019 lalu. Pemain West Ham itu memutuskan untuk pindah kewarganegaraan dari Republik Irlandia ke Inggris.

Sejak itu, dia langsung dipanggil oleh Gareth Southgate untuk memperkuat lini tengah timnas Inggris. Nama Declan Rice kembali dipanggil Gareth Southgate untuk membela Inggris di ajang Piala Eropa 2020 nanti.

Di sisi lain, Republik Irlandia tidak lolos kualfikasi Piala Eropa 2020 setelah gagal menembus 2 besari Grup D. Di grup tersebut, Denmark dan Swiss lah yang menjadi perwakilan Grup D.

2. Jack Grealish - Republik Irlandia ke Inggris

5 Pemain yang Pindah Kewarganegaraan dan Dipanggil di Piala Eropa 2020potret Jack Grealish di Timnas Inggris(skysports.com)

Sebelum Declan Rice, Jack Grealish sudah pindah kewarganegaraan terlebih dahulu dari Republik Irlandia menjadi Inggris. FIFA pun memberikan izin kepindahan kewarganegaraan pemain Aston Villa itu pada tahun 2016 lalu. Jack Grealish memang lahir di Birmingham, Inggris.

Meskipun begitu, orang tuanya merupakan keturunan dari Republik Irlandia. Bahkan, Grealish sendiri juga sempat membela timnas Republik Irlandia U-21 beberapa tahun lalu. Untungnya, namanya dipanggil timnas Inggris di ajang Piala Eropa 2020 nanti setelah tampil impresif di Premier League musim ini.

Baca Juga: 5 Gelandang Top yang Siap Menunjukkan Kualitasnya di Piala Eropa 2020

3. Aymeric Laporte - Prancis ke Spanyol

5 Pemain yang Pindah Kewarganegaraan dan Dipanggil di Piala Eropa 2020potret Aymeric Laporte berseragam Timnas Spanyol setelah pindah kewarganegaraan dari Prancis(football-espana.net)

Setelah menghabiskan waktu sekian lama untuk menunggu agar dapat bermain bersama timnas Prancis, akhirnya Aymeric Laporte memutuskan untuk pindah kewarganegaraan beberapa minggu lalu. Bek tengah Manchester City memutuskan untuk pindah kewarganegaraan menjadi Spanyol. Alhasil, namanya langsung dipanggil oleh timnas Spanyol bersama Eric Garcia yang merupakan mantan rekan Laporte di Manchester City.

Laporte baru saja manjalani debutnya bersama Timnas Spanyol pada 4 Juni 2021 kemarin di pertandingan persahabatan melawan Portugal. Laporte sendiri tampil memukau di debutnya bersama Spanyol dengan berhasil meraih clean sheet

4. Nacer Chadli - Maroko ke Belgia

5 Pemain yang Pindah Kewarganegaraan dan Dipanggil di Piala Eropa 2020potret Nacer Chadli bersama Timnas Belgia(footballparadise.com)

Nacer Chadli merupakan pemain tengah andalan timnas Belgia yang saat ini membela Istanbul Basaksehir FK. Mantan pemain AS Monaco itu sudah membela timnas Belgia sebanyak 64 kali sejak tahun 2011 lalu.

Tak banyak yang mengetahui bahwa Chadli ternyata pernah pindah kewarganegaraan dari Maroko ke Belgia. Padahal, Chadli juga sempat membela Timnas Maroko pada tahun 2010 lalu.

Meskipun begitu, Chadli sendiri memang besar di Belgia, khususnya di kota kelahirannya Liège. Chadli sendiri juga masuk dalam daftar skuad Timnas Belgia di ajang Piala Eropa 2020 nanti.

5. Pepe - Brasil ke Portugal

5 Pemain yang Pindah Kewarganegaraan dan Dipanggil di Piala Eropa 2020potret Pepe bersama Timnas Portugal(besoccer.com)

Bagi kamu para fans Real Madrid, pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Pepe. Pemain berusia 38 tahun itu saat ini membela FC Porto. Tampil gemilang di Liga NOS, nama Pepe kembali dipanggil di ajang Piala Eropa 2020 nanti.

Pepe sendiri sebenarnya merupakan pemain naturalisasi Portugal yang pindah kewarganegaraan dari Brasil. Keputusannya tersebut bukan merupakan sesuatu hal yang buruk karena Pepe berhasil meraih trofi bersama Portugal, salah satunya Piala Eropa 2016.

 

Nah, itu dia 5 pesepak bola yang pindah kewarganegaraan dan bermain di Piala Eropa 2020 nanti. Pastinya ajang tersebut menjadi pembuktian bahwa keputusan mereka untuk pindah kewarganegaraan ialah tepat. Adakah pemain naturalisasi favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang akan Berlaga di Ajang Piala Eropa 2020

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya