5 Pemain Top Portugal yang Tak Dibawa ke Kualifikasi Piala Dunia 2022

Mulai dari Renato Sanches hingga Andre Gomes

Lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 baru saja dimulai. Hampir semua negara akan menjalani 3 laga hingga 11 September 2021 mendatang. Portugal baru saja mengalahkan Republik Irlandia dengan skor 2-1 dan Cristiano Ronaldo berhasil mencetak 2 gol pada laga tersebut. 

Berkaitan dengan Timnas Portugal, skuad yang dibawa pada kualifikasi Piala Dunia 2022 tak jauh berbeda dengan skuad yang dibawa pada Piala Eropa 2020. Meskipun begitu, ada beberapa nama top yang ternyata tak dibawa oleh Timnas Portugal dalam ajang ini. Kira-kira siapa saja pemain tersebut? Yuk simak penjelasannya. 

1. Renato Sanches

5 Pemain Top Portugal yang Tak Dibawa ke Kualifikasi Piala Dunia 2022potret Renato Sanches saat bersama Timnas Portugal (sportnewsafrica.com)

Tak ada nama Renato Sanches di skuad Portugal dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 saat ini. Hal tersebut tak lepas dari cedera meniskus yang dideritanya. Sejauh ini kondisi pemain Lille itu belum bisa dikatakan pulih sepenuhnya.

Peran Sanches akan digantikan oleh Octávio yang bermain bagi FC Porto. Absennya Sanches sebenarnya bukan menjadi perkara serius bagi Portugal mengingat masih ada nama-nama top seperti Danilo, Joao Moutinho, Joao Mario, dan Ruben Neves yang dapat menggantikan perannya.

2. José Fonte

5 Pemain Top Portugal yang Tak Dibawa ke Kualifikasi Piala Dunia 2022potret Jose Fonte bersama Timnas Portugal (twitter.com/OptaJoao)

José Fonte merupakan kapten Lille dan pemain penting atas keberhasilan klub tersebut menjuarai Ligue 1. Di Piala Eropa 2020, José Fonte masuk dalam skuad Portugal walau tak sempat dimainkan. Di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 ini, namanya tak masuk dalam skuad Portugal yang dibawa. 

Posisinya digantikan oleh Domingos Duarte yang bermain bagi Granada. Portugal sendiri masih mengandalkan duet Ruben Dias dan Pepe layaknya di Piala Eropa 2020 lalu. Tampaknya Fernando Santos selaku pelatih Portugal ingin memberikan kesempatan kepada para pemain lainnya di ajang ini daripada José Fonte.

Baca Juga: Laga Tak Mudah Juara Piala Eropa di Kualifikasi Piala Dunia 2022

3. Diogo Dalot

5 Pemain Top Portugal yang Tak Dibawa ke Kualifikasi Piala Dunia 2022potret Diogo Dalot bersama Timnas Portugal (sempremilan.com)

Di Piala Eropa 2020, Diogo Dalot masuk dalam skuad Portugal untuk menggantikan Joao Cancelo yang terpapar COVID-19. Dia sempat bermain di fase grup saat Portugal menghadapi Prancis dan Belgia. Sayangnya, pemain Manchester United itu tak dibawa Fernando Santos di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Tampaknya memang akan sulit untuk menggantikan peran Joao Cancelo di Timnas Portugal. Belum lagi ada nama Nelson Semedo yang berhasil tampil impresif bersama Wolverhampton di laga-laga awal Premier League. Dalot sendiri belum sempat dimainkan oleh Manchester United sejauh ini sejak kembali dari AC Milan.

4. João Félix

5 Pemain Top Portugal yang Tak Dibawa ke Kualifikasi Piala Dunia 2022potret Joao Felix bersama Portugal (footballisbusiness.com)

Pada awal Juli 2021, João Félix mengalami cedera engkel yang serius sehingga dia harus absen di laga-laga awal Atletico Madrid. Tak heran jika namanya tak masuk dalam skuad Portugal di kualifikasi Piala Dunia 2022. Padahal, sosoknya cukup penting dalam menambah amunisi ketajaman lini depan Portugal. 

Posisi João Félix digantikan oleh Gonçalo Guedes dari Valencia dan Pedro Gonçalves dari Sporting Lisbon. Fernando Santos sendiri masih mengandalkan Diogo Jota, Cristiano Ronaldo, dan Bernardo Silva sebagai ujung tombak di lini depan dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 ini.

5. André Gomes

5 Pemain Top Portugal yang Tak Dibawa ke Kualifikasi Piala Dunia 2022potret Andre Gomes bersama Portugal (toffeeweb.com)

André Gomes yang bermain bagi Everton juga tak masuk lagi dalam skuad Portugal dalam kualfikasi Piala Dunia 2022. Pemain berusia 28 tahun itu sempat membela Portugal selama beberapa tahun. Bahkan, dia sudah memberikan penampilan sebanyak 29 kali bagi negaranya. 

Sejak bergabung Everton dari Barcelona pada tahun 2019 lalu, namanya perlahan-lahan hilang dari skuad Portugal. Dia sendiri juga tak dibawa Fernando Santos untuk memperkuat Portugal di ajang Piala Eropa 2020 lalu.

 

Nah, itu dia 5 pemain top yang tak dibawa Timnas Portugal di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022. Beberapa pemain di atas memang mengalami cedera yang serius belakangan ini sehingga tak dipanggil oleh Fernando Santos. Ada pula pemain yang tak dipanggil karena kalah bersaing dengan beberapa nama baru di posisinya.

Baca Juga: Buat Rekor Gol di Portugal, Ronaldo Malah Pukul Pemain Irlandia

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya