5 Pemain Sepak Bola Bertipe Klasik Nomor 10 Saat Ini

Marco Reus salah satunya

Pemain tengah memiliki bermacam-macam tipe. Salah satu tipe populer adalah klasik nomor 10. Pemain sepak bola bertipe ini sebenarnya sudah mulai jarang ditemukan pada era sepak bola modern.

Pada dasarnya, pemain tengah dengan tipe klasik nomor 10 tak mengandalkan kecepatan dan akselerasi untuk membangun serangan, melainkan membuka ruang dan umpan-umpan kepada rekannya di depan. Pemain sepak bola seperti Ronaldinho dan Diego Maradona diketahui sebagai pemain klasik nomor 10.

Lantas, pada era sepak bola modern saat ini, siapa saja pemain yang bertipe ini? Simak daftarnya! 

1. Dani Olmo

5 Pemain Sepak Bola Bertipe Klasik Nomor 10 Saat Inipotret Dani Olmo bersama Timnas Spanyol (acmilaninfo.com)

Peran Dani Olmo di RB  Leipzig dan Timnas Spanyol berbeda. Olmo kerap menjadi gelandang serang di RB Leipzig, sedangkan dia kerap bermain sebagai penyerang sayap di Spanyol.

Terlepas dari hal itu, Olmo jarang mengandalkan kecepatan dan akselerasi dalam membangun serangan. Dia lebih mengandalkan umpan lambung atau sekadar membuka ruang.

2. Mesut Oezil

5 Pemain Sepak Bola Bertipe Klasik Nomor 10 Saat IniMesut Ozil bersama Fenerbahce (golden444news.com)

Mesut Oezil merupakan gelandang serang klub Turki, Fenerbahce. Pemain berusia 33 tahun itu sempat membela beberapa klub top, seperti Schalke, Real Madrid, hingga Arsenal. Walaupun tak cepat, Oezil memiliki kelebihan memberikan umpan yang akurat. 

Dia lebih sering memberikan umpan panjang dari tengah daripada harus membawa bola mendekati kotak penalti. Dia lebih sering mendekati kotak penalti di Fenerbahce karena perbedaan skema yang dipakai tim tersebut. 

Baca Juga: 5 Pemain yang Diboyong Real Madrid bersama Mesut Ozil, Apa Kabar?

3. James Rodriguez

5 Pemain Sepak Bola Bertipe Klasik Nomor 10 Saat Inipotret James Rodriguez berseragam Al-Rayyan SC (tembah.net)

James Rodriguez merupakan pemain asal Kolombia yang pernah membela beberapa klub ternama, seperti Real Madrid, AS Monaco, Everton, hingga Bayern Munich. Saat ini, dia membela klub asal Qatar, Al-Rayyan SC. 

Saat membela Real Madrid di bawah Carlo Ancelotti, James Rodriguez merupakan pemain klasik nomor 10 yang sukses. Namun, saat Ancelotti hengkang, Rodriguez gagal menyesuaikan dengan gaya permainan Real Madrid kala itu.

4. Thomas Mueller

5 Pemain Sepak Bola Bertipe Klasik Nomor 10 Saat Inipotret Thomas Muller bersama Bayern Munchen (bundesliga.com)

Thomas Mueller menyebut dirinya sebagai raumdeuter atau sang pembuka ruang. Berposisi sebagai gelandang serang atau second striker, dia kerap mengelabui lawan agar membuka ruang bagi rekan setimnya. 

Gaya bermainnya mirip dengan seorang klasik nomor 10  jika dia berposisi agak ke tengah. Mueller juga diberi kebebasan untuk menentukan ke arah mana dia harus membuka ruang atau membangun sebuah serangan.

5. Marco Reus

5 Pemain Sepak Bola Bertipe Klasik Nomor 10 Saat Inipotret Marco Reus di Borussia Dortmund(bvbbuzz.com)

Kapten utama Borussia Dortmund merupakan contoh sukses klasik nomor 10 yang diproduksi akademi klub tersebut. Reus memang tak memiliki dribel yang cepat, tetapi umpannya akan sangat membantu tim dalam membangun serangan. 

Reus mampu membangun serangan balik dengan baik. Ia bisa memberikan umpan-umpan jauh yang akurat. Reus juga cukup baik dalam memainkan tempo saat timnya menguasai bola.

Kelima pemain di atas dianggap sebagai klasik nomor 10 pada era sepak bola modern. Namun, beberapa di antaranya memang kesulitan untuk bersinar di level klub.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Pernah Bela Al-Rayyan, Gak Hanya James Rodriguez

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya