Walau Kalah, 5 Pemain Swiss Ini Tampil Memukau di Piala Eropa 2020

Mulai dari Xherdan Shaqiri hingga Haris Seferovic

Di Piala Eropa 2020, Swiss merupakan negara yang paling banyak mengejutkan para penggemar sepak bola. Bagaimana tidak, Swiss berhasil menyingkirkan Prancis melalui drama adu penalti. Swiss juga berhasil menaham imbang Spanyol dan membuat laga harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Sayangnya, kali ini Swiss tidak mendapatkan keberuntungan karena kiper Spanyol, Unai Simon berhasil tampil memukau di pertandingan tersebut. Harus diakui, terdapat beberapa pemain Swiss yang berhasil tampil memukau di Piala Eropa 2020. Siapa saja? Simak penjelasannya. 

1. Xherdan Shaqiri

Walau Kalah, 5 Pemain Swiss Ini Tampil Memukau di Piala Eropa 2020potret Xherdan Shaqiri bersama Timnas Swiss(thisisanfield.com)

Harus diakui, bahwa Xherdan Shaqiri merupakan pemain vital di skuad Swiss saat ini. Meskipun jarang bermain bagi Liverpool pada musim lalu, sosoknya masih mampu menunjukkan ketajamannya di Piala Eropa 2020. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan 3 gol dan 1 assist yang diciptakanya pada kompetisi tersebut.

Xherdan Shaqiri mencetak gol penyeimbang saat Swiss melawan Spanyol di perempat final. Sayangnya, gol tersebut tidak mampu membuat Swiss lolos ke semifinal karena negaranya kalah melalui drama adu penalti.

2. Granit Xhaka

Walau Kalah, 5 Pemain Swiss Ini Tampil Memukau di Piala Eropa 2020potret Granit Xhaka bersama Timnas Swiss(justarsenal.com)

Sosok Granit Xhaka merupakan sosok yang penting di skuad Swiss dalam ajang Piala Eropa 2020. Kapten utama Swiss itu memang menjadi sosok yang mampu membangun semangat tim dan cermat dalam memanfaatkan celah kelemahan lawan. Sayangnya, dia harus absen di laga melawan Spanyol karena akumulasi kartu kuning yang didapatkannya.

Xhaka juga cermat dalam membangun serangan balik yang kerap menjadi awal mulanya gol bagi Swiss. Xhaka sendiri sudah membela timnas Swiss sejak tahun 2011 dan memberikan penampilan sebanyak 98 kali.

3. Manuel Akanji

Walau Kalah, 5 Pemain Swiss Ini Tampil Memukau di Piala Eropa 2020potret Manuel Akanji bersama Timnas Swiss(bundesliga.com)

Manuel Akanji merupakan pemain yang tak pernah absen di setiap pertandingan Swiss dalam ajang Piala Eropa 2020. Dia selalu menjadi starter dan tak pernah tergantikan selama bermain di kompetisi empat tahunan ini. Memang, sosoknya sangat penting dalam membuat lini pertahanan Swiss tetap solid.

Di perempat final, Akanji mampu membuat lini pertahanan Swiss meredam ganasnya lini depan Spanyol. Akanji cukup cermat dalam membaca pola serangan sehingga Swiss mampu menahan imbang Spanyol hingga menit ke-120.

4. Yann Sommer

Walau Kalah, 5 Pemain Swiss Ini Tampil Memukau di Piala Eropa 2020potret Yann Sommer bersama Timnas Swiss(germany.in-24.com)

Tak usah diragukan lagi, bahwa Yann Sommer merupakan salah satu kiper top di skuad Swiss yang sulit tergantikan. Dia berhasil tampil memukau di setiap pertandingan yang dijalaninya dalam Piala Eropa 2020. Meskipun sudah kebobolan 9 gol, tak bisa dipungkiri bahwa penyelamatan yang dilakukannya juga banyak.

Dia menjadi pahlawan Swiss saat berhasil menyingkirkan Prancis di babak 16 besar setelah menggagalkan eksekusi penalti Kylian Mbappe. Dia juga melakukan penyelamatan saat adu penalti Swiss menghadapi Spanyol, walaupun Unai Simon berhasil tampil lebih memukau darinya.

5. Haris Seferovic

Walau Kalah, 5 Pemain Swiss Ini Tampil Memukau di Piala Eropa 2020potret Haris Seferovic bersama Timnas Swiss(skysports.com)

Haris Seferovic memang merupakan salah satu pemain top Swiss yang jarang disorot walau tampil gemilang di Piala Eropa 2020. Dari 5 pertandingan yang dijalaninya, dia sudah mampu memberikan 3 gol. Pemain Benfica itu dikenal sebagai pemain yang unggul dalam bola-bola atas.

Haris Seferovic berperan penting dalam kemenangan Swiss atas Prancis di babak 16 besar, yang mana 2 golnya membuat kedudukan pada waktu menjadi imbang. Haris Seferovic sudah tampil sebanyak 78 kali bagi negaranya sejak tahun 2013 lalu.

 

Nah, itu dia 5 pemain Swiss yang berhasil tampil memukau walau tak lolos ke semifinal. Absennya sang kapten Granit Xhaka memang sangat berpengaruh kepada performa tim. Terlepas dari hal itu, harus diakui bahwa kelima pemain di atas memegang peran penting atas kesuksesan Swiss di Piala Eropa 2020 sejauh ini. 

Baca Juga: Swiss Memang Kalah, tetapi Yann Sommer Luar Biasa

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya