5 Pemain Tengah Termahal dalam Sejarah Bursa Transfer

Enzo Fernandez resmi jadi pemain tengah termahal

Pemain tengah cukup vital dalam sepak bola. Selain menyeimbangkan lini serang dan bertahan, pemain tengah juga berperan dalam memainkan tempo. 

Sejauh ini, terdapat beberapa pemain tengah yang dibeli dengan harga fantastis hingga triliunan rupiah. Berikut lima pemain tengah termahal dalam sejarah bursa transfer.

1. Enzo Fernandez (Rp1,98 triliun)

5 Pemain Tengah Termahal dalam Sejarah Bursa TransferEnzo Fernandez (premierleague.com)

Enzo Fernandez resmi bergabung dengan Chelsea setelah didatangkan dari Benfica menjelang deadline day bursa transfer musim dingin 2023. Dia didatangkan dengan harga 121 juta euro atau Rp1,98 triliun.

Dia resmi menggeser Paul Pogba sebagai pemain tengah termahal yang pernah didatangkan suatu klub. Enzo sendiri dikabarkan dikontrak Chelsea selama 8,5 tahun di Stamford Bridge.

2. Paul Pogba (Rp1,71 triliun)

5 Pemain Tengah Termahal dalam Sejarah Bursa TransferPaul Pogba bermain bersama Manchester United. (instagram.com/paulpogba)

Sebelum Enzo Fernandez memecahkan rekor pemain tengah termahal, rekor ini dipegang Paul Pogba. Pemain asal Prancis itu didatangkan Manchester United dari Juventus dengan harga 105 juta euro atau Rp1,71 triliun.

Pogba sendiri sukses meraih trofi Liga Europa dan Carabao Cup pada musim pertamanya di Manchester United. Sayangnya, pada Agustus 2022 lalu, dia harus meninggalkan Old Trafford setelah memutuskan untuk pindah ke Juventus.

Baca Juga: Profil Enzo Fernandez, Gelandang Baru Chelsea asal Argentina

3. Frenkie de Jong (Rp1,4 triliun)

5 Pemain Tengah Termahal dalam Sejarah Bursa TransferFrenkie De Jong (kanan) bermain bersama Timnas Belanda. (twitter.com/DeJongFrenkie21)

Pembelian Barcelona untuk Frenkie de Jong pada 2019 lalu juga menjadi salah satu yang termahal. Pemain asal Belanda itu dibeli dari Ajax dengan harga 86 juta euro atau setara Rp1,4 triliun.

Sempat mengalami masa sulit pada 2021/2022, De Jong sukses tampil impresif bersama Barca pada 2022/2023 ini. De Jong diyakini masih akan bertahan di Camp Nou hingga kontraknya berakhir pada Juni 2026.

4. Aurélien Tchouameni (Rp1,31 triliun)

5 Pemain Tengah Termahal dalam Sejarah Bursa TransferAurélien Tchouameni bermain bersama Prancis. (twitter.com/atchouameni)

Pemain Real Madrid yang didatangkan pada Juli 2022 lalu, Aurélien Tchouameni, masuk ke dalam daftar ini. Eks pemain AS Monaco itu dibeli dengan harga 80 juta euro atau Rp1,31 triliun. 

Aurélien Tchouameni menjadi salah satu pemain tengah paling potensial untuk menggantikan peran Casemiro yang memutuskan pindah ke Manchester United. Walau begitu, posisinya di Real Madrid belum sepenuhnya aman karena harus bersaing dengan Federico Valverde dan Eduardo Camavinga.

5. Kai Havertz (Rp1,31 triliun)

5 Pemain Tengah Termahal dalam Sejarah Bursa TransferKai Havertz bermain bersama Chelsea. (twitter.com/kaihavertz29)

Saat ini Kai Havertz lebih sering bermain sebagai penyerang sayap atau penyerang depan di Chelsea. Walau begitu, sebelum didatangkan di Chelsea, Havertz sendiri merupakan gelandang andalan Bayer Leverkusen.

Pada 2020 lalu, Havertz didatangkan dengan harga 80 juta euro atau Rp1,31 triliun. Di bawah kepelatihan Thomas Tuchel, Havertz sukses meraih Liga Champions, Piala Super UEFA, hingga Piala Dunia Antar Klub.

Transfer Enzo Fernandez pada bursa transfer musim dingin 2023 memecahkan beberapa rekor, termasuk pemain tengah termahal. Apakah Enzo akan mampu menjawab ekspektasi selama membela The Blues?

Baca Juga: Profil Frenkie de Jong, Pengatur Serangan Belanda di Piala Dunia 2022

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya