5 Pemain Top Eropa yang Punya Keturunan Negara di Kepulauan Karibia

Mulai dari Kingsley Coman hingga Kalvin Phillips

Kepulauan Karibia merupakan sebuah kawasan kepulauan yang terletak di Benua Amerika bagian tengah. Terdapat beberapa negara yang menempati Kepuluan Karibia seperti Bahama, Barbados, Jamaika, Kuba, Haiti, dan masih banyak lagi. 

Tak banyak yang tahu bahwa Kepulauan Karibia telah menghasilkan beberapa pesepak bola top Eropa yang ternyata punya darah keturunan Karibia. Walau mereka tak membela negara-negara Karibia, mereka tetap menjadi kebanggaan bagi masyarakat setempat. Kira-kira siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Kingsley Coman (Prancis-Guadeloupe)

5 Pemain Top Eropa yang Punya Keturunan Negara di Kepulauan KaribiaKingsley Coman bersama Bayern Munich (bundesliga.com)

Tak banyak yang tahu bahwa Kingsley Coman memiliki keturunan di Kelautan Karibia. Coman sendiri memiliki keturunan negara bagian Prancis, Guadeloupe dari orang tuanya. Pemain berusia 26 tahun itu saat ini membela klub raksasa Jerman, Bayern Munich.

Coman merupakan salah satu lulusan akademi Paris Saint-Germain (PSG) yang sukses bersinar di kompetisi Eropa. Bersama Timnas Prancis, Coman sudah memberikan penampilan sebanyak 40 kali. 

2. Georginio Wijnaldum (Belanda-Suriname)

5 Pemain Top Eropa yang Punya Keturunan Negara di Kepulauan KaribiaGeorginio Wijnaldum (skysports.com)

Tak banyak yang tahu bahwa Georginio Wijnaldum memiliki keturunan Suriname. Lahir di Rotterdam, Wijnaldum memiliki keturunan Suriname dari orang tuanya. Nama Wijnaldum sendiri naik daun setelah tampil apik bersama Liverpool selama 2016 hingga 2021.

Wijnaldum sendiri memilih membela Timnas Belanda walau juga memiliki kewarganegaraan Suriname. Lulusan akademi Feyenoord itu dikenal sebagai pemain tengah yang mampu menyeimbangkan lini tengah di tim yang dibelanya dengan baik.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Inggris yang Memiliki Keturunan Republik Irlandia

3. Virgil van Dijk (Belanda-Suriname)

5 Pemain Top Eropa yang Punya Keturunan Negara di Kepulauan KaribiaVirgil van Dijk bersama Liverpool (skysports.com)

Fans Liverpool pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Virgil van Dijk. Pemain asal Belanda itu dikenal sebagai bek tengah yang tangguh dengan kemampuan bertahan yang sangat baik. 

Pemain berusia 30 tahun itu memiliki keturunan sekaligus kewarganegaraan di Suriname seperti Wijnaldum. Van Dijk yang lahir di kota Breda, Belanda memutuskan untuk membela The Oranje sejak 2015 lalu dan sudah tampil sebanyak 47 kali. 

4. Raheem Sterling (Inggris-Jamaika)

5 Pemain Top Eropa yang Punya Keturunan Negara di Kepulauan Karibiapotret Raheem Sterling (skysports.com)

Raheem Sterling merupakan salah satu pemain top yang dimiliki Manchester City dan Timnas Inggris saat ini. Sterling lahir di Kingston Jamaika dan pindah ke Inggris bersama ibunya saat dirinya masih kecil. 

Sterling lebih memilih membela Timnas Inggris daripada Jamaika mengingat dirinya memang menjadi langganan di skuad Inggris muda sejak menginjak remaja. Lulusan akademi QPR dan Liverpool itu dikabarkan masuk radar transfer menuju Chelsea pada bursa transfer musim panas 2022 ini.

5. Kalvin Phillips (Inggris-Jamaika)

5 Pemain Top Eropa yang Punya Keturunan Negara di Kepulauan KaribiaKalvin Phillips bersama Leeds United (westhamzone.com)

Kalvin Phillips merupakan pemain Leeds United yang namanya naik daun setelah tampil apik bersama Timnas Inggris di Piala Eropa 2020. Tampil konsisten di level klub dalam dua musim terakhir, Phillips dikabarkan menjadi salah satu incaran utama Manchester City pada bursa transfer musim panas 2022 ini. 

Phillips sendiri memiliki kewarganegaraan kedua di Jamaika dari orang tuanya. Sebelum membela Timnas Inggris sejak 2020 lalu, Phillips tak memilki pengalaman dalam membela tim muda Inggris. 

 

Kelima pemain di atas memiliki keturunan dan kewarganegaraan di negara-negara Karibia yang pastinya menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat setempat. Adakah pemain favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Inggris Ini Punya Garis Keturunan Negara di Kepulauan Karibia

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya