Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Pernah Diacuhkan Ronald Koeman saat Menjadi Pelatih

Mulai dari Miralem Pjanic hingga Ivan Rakitic

Belakangan ini, publik sempat dikejutkan dengan pemecatan Ronald Koeman oleh tim manajemen Barcelona. Pemecatan tersebut tak lepas kekalahan Barcelona dari Rayo Vallecano di laga lanjutan LaLiga 2021/2022. Alhasil, Koeman harus meninggalkan Barcelona di musim keduanya saat menjadi pelatih. 

Dalam sejarahnya, Ronald Koeman sendiri memiliki pengalaman melatih banyak klub. Menariknya, terdapat beberapa pemain top yang ternyata pernah diacuhkannya di klubnya tersebut. Berikut 5 pemain top yang pernah diacuhkan Ronald Koeman saat menjadi pelatih. 

1. Miralem Pjanic

5 Pemain Top yang Pernah Diacuhkan Ronald Koeman saat Menjadi Pelatihpotret Miralem Pjanic bersama Barcelona (marca.com)

Seperti yang diketahui, Miralem Pjanic merupakan salah satu pembelian pertama Ronald Koeman saat menukangi Barcelona. Pjanic dibeli dengan harga 60 juta euro atau setara Rp986 miliar. Sayangnya, Pjanic sendiri mendapatkan jatah bermain yang cukup minim. 

Bahkan, pada musim ini, Koeman memperkenankan Barcelona untuk meminjamkan Pjanic ke Besiktas selama satu musim. Padahal, Pjanic sendiri saat masih membela Juventus berhasil tampil reguler di Serie A. 

2. Tom Cleverley

5 Pemain Top yang Pernah Diacuhkan Ronald Koeman saat Menjadi Pelatihpotret Tom Cleverley bersama Everton (toffeeweb.com)

Pada tahun 2011 hingga 2014, Tom Cleverley sempat bersinar bersama Manchester United. Pada tahun 2015, dia hengkang ke Everton secara bebas transfer. Sempat menemukan kembali performa terbaiknya pada musim pertamanya, dia kesulitan untuk menunjukkan kualitasnya saat Ronald Koeman menangani Everton pada tahun 2016 hingga 2017.

Bahkan, pada bursa transfer musim dingin musim 2017, Cleverley dipinjamkan ke Watford. Untungnya, Watford berhasil menyelematkan kariernya dengan mempermanenkannya pada bursa transfer musim panas 2017. 

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Diorbitkan Ronald Koeman, Siapa Saja?

3. Wayne Rooney

5 Pemain Top yang Pernah Diacuhkan Ronald Koeman saat Menjadi Pelatihpotret Wayne Rooney bersama Everton (thesportsrush.com)

Pada bursa transfer musim panas 2017, Ronald Koeman berhasil memboyong Wayne Rooney ke Everton secara gratis. Sayangnya, transfer tersebut mendapatkan banyak kritikan karena Koeman hanya membuang sumber daya Everton secara percuma. Pasalnya, Rooney telah kurang berdampak signifikan terhadap Everton kala itu. 

Tak heran, jika akhir Oktober Ronald Koeman harus angkat kaki dari markas Everton setelah berbagai hasil buruk yang dialami Everton. Sedangkan Wayne Rooney hanya bertahan selama semusim di Everton sebelum akhirnya pindah ke DC United. 

4. Luis Suarez

5 Pemain Top yang Pernah Diacuhkan Ronald Koeman saat Menjadi PelatihLuis Suarez (fcbarcelonanoticias.com)

Penjualan Luis Suarez akan menjadi salah penjualan yang disesalkan oleh Ronald Koeman. Setelah tak dimasukkan dalam rencana Ronald Koeman di Barcelona, Suarez berhasil tampil gacor bersama Atletico Madrid. Bahkan, Suarez berhasil mencetak 21 gol dan 3 assists di LaLiga musim lalu dan membantu Atletico juara liga. 

Uniknya, Koeman malah membeli beberapa penyerang yang dianggap tidak sebagus Luis Suarez pada musim ini, yaitu Luuk de Jong. Hal tersebut banyak mendapatkan kritik oleh banyak pihak, termasuk para fans Barcelona. 

5. Ivan Rakitic

5 Pemain Top yang Pernah Diacuhkan Ronald Koeman saat Menjadi Pelatihpotret Ivan Rakitic bersama Barcelona (forzaitalianfootball.com)

Selain Luis Suarez, Ronald Koeman juga mendepak Ivan Rakitic sejak kedatangannya ke Barcelona. Bahkan, Koeman mempersilahkan Rakitic dijual murah pada bursa transfer musim panas lalu. Padahal, pada musim 2019/2020, penampilan Rakitic dapat dikatakan cukup memuaskan di lini tengah Barcelona. 

Koeman sendiri memang berhasil mengganti peran Rakitic dengan Pedri. Walau begitu, peran Rakitic sendiri dianggap masih dibutuhkan pada musim lalu seiring dengan hasi buruk yang ditorehkan Barcelona. 

 

Kelima pemain tersebut memang sempat diacuhkan Ronald Koeman selama menjadi pelatih. Ada juga nama Miralem Pjanic dan Wayne Rooney yang merupakan pembelian Koeman. Sayangnya, mereka berdua tak berhasil dipoles Ronald Koeman. 

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Sering Diturunkan Ronald Koeman di Barcelona

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya