Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Tidak Dimainkan di Fase Grup Piala Eropa 2020

Mulai dari Bernd Leno hingga Joao Felix

Fase grup Piala Eropa 2020 sudah selesai dan akan ada 16 negara yang akan berjuang di fase gugur. Setiap negara sudah bertanding sebanyak 3 kali di fase grup. Uniknya, sejauh ini terdapat beberapa pemain top yang ternyata tidak dimainkan di fase grup Piala Eropa 2020. 

Banyak faktor atau alasan mengapa mereka tidak dimainkan, mulai dari kalah bersaing dengan rekan setimnya atau tidak masuk strategi sementara sang pelatih. Berikut 5 pemain top yang tidak dimainkan di fase grup Piala Eropa 2020. 

1. Bernd Leno - Jerman

5 Pemain Top yang Tidak Dimainkan di Fase Grup Piala Eropa 2020potret Bernd Leno bersama Arsenal(90min.com)

Di fase grup Piala Eropa 2020, Bernd Leno hanya dijadikan sebagai pelapis Manuel Neuer yang merupakan kapten Timnas Jerman. Memang, sangat sulit untuk menggeser posisi Manuel Neuer dari skuat Jerman. Leno sendiri sebenarnya tampil inkonsisten bersama Arsenal di Premier League 2020/2021.

Leno tak mampu membawa Arsenal lolos ke Liga Champions atau Liga Europa musim depan sehingga tak heran jika Neuer masih menjadi pilihan utama di skuat Jerman. Leno sendiri sudah memberikan penampilan sebanyak 8 kali sejak tahun 2016 bagi negaranya.

2. Clément Lenglet - Prancis

5 Pemain Top yang Tidak Dimainkan di Fase Grup Piala Eropa 2020potret Clement Lenglet(kanan) bersama Timnas Prancis(francebleu.fr)

Tampil gemilang bersama Barcelona bukan menjadi jaminan akan dimainkan Didier Deschamps di Piala Eropa 2020. Dalam fase grup, Lenglet tidak pernah dimainkan sama sekali. Deschamps selaku pelatih Prancis lebih memilih duet Varane-Kimpembe untuk mengisi posisi lini belakang.

Memang, persaingan di lini belakang Prancis sangatlah ketat. Bahkan, Dayot Upamecano yang saat ini merupakan pemain Bayern Munich tak dipanggil di ajang Piala Eropa 2020. Terlepas dari hal tersebut, Lenglet masih mempunyai kesempatan untuk bermain di Piala Eropa 2020 karena Prancis lolos ke fase gugur setelah menahan imbang Portugal di laga ketiga fase grup.

Baca Juga: 5 Penyerang Paling Bersinar di Piala Eropa 2020 Sejauh Ini, Tajam!

3. Joao Cancelo - Portugal

5 Pemain Top yang Tidak Dimainkan di Fase Grup Piala Eropa 2020potret Joao Cancelo bersama Timnas Portugal(rte.ie)

Joao Cancelo sebenarnya masuk dalam skuad Portugal di Piala Eropa 2020. Sayangnya, namanya harus dicoret dari skuat karena dia terinfeksi virus COVID-19. Alhasil, dia harus absen di seluruh pertandingan yang dijalani Portugal di Piala Eropa 2020.

Peran pemain Manchester City itu digantikan oleh Nelson Semedo yang tampil meyakinkan di 3 laga fase grup F. Disisi lain, sebenarnya cukup banyak penggemar bola yang menantikan aksinya bersama Timnas Portugal mengingat penampilan gemilangnya bersama Manchester City di sepanjang musim 2020/2021. 

4. Mike Maignan - Prancis

5 Pemain Top yang Tidak Dimainkan di Fase Grup Piala Eropa 2020potret Mike Maignan bersama Timnas Prancis(archyde.com)

Mike Maignan merupakan peraih clean sheets terbanyak di ajang Ligue 1 musim 2020/2021. Meskipun begitu, pemain baru milik AC Milan itu masih kesulitan untuk menggeser peran Hugo Lloris. Memang, Lloris sendiri tampil bagus di fase grup serta memiliki peran penting di lapangan sebagai seorang kapten.

Mike Maignan dipercaya akan menjadi pelapis Hugo Lloris di fase gugur Piala Eropa 2020 nanti. Pemain berusia 25 tahun itu baru tampil sebanyak sekali bersama Timnas Prancis pada Oktober 2020 lalu. 

5. João Félix - Portugal

5 Pemain Top yang Tidak Dimainkan di Fase Grup Piala Eropa 2020potret Joao Felix bersama Timnas Portugal(manchestereveningnews.co.uk)

Sejauh ini, Portugal mengandalkan Bernardo Silva dan Diogo Jota untuk mengisi posisi winger di fase grup Piala Eropa 2020. Alhasil, João Félix belum dimainkan di ajang Piala Eropa 2020 yang sedang berlangsung. Padahal, João Félix sudah tampil gemilang bersama Atletico Madrid di sepanjang musim 2020/2021.

João Félix berhasil membawa Atletico Madrid menjuarai LaLiga musim 2020/2021. Pemain berusia 21 tahun itu sudah memberikan penampilan sebanyak 17 kali bagi negaranya sejak tahun 2019 lalu.

Nah, itu dia 5 pemain top yang tidak dimainkan di fase grup Piala Eropa 2020. Untungnya, negara kelima pemain di atas lolos ke babak 16 besar sehingga mereka masih mempunyai kesempatan untuk bermain di Piala Eropa 2020. Sayangnya, nama Joao Cancelo memang harus absen di Piala Eropa 2020 akibat COVID-19 yang dideritanya.

Baca Juga: 5 Pemain Muda yang Tampil Apik di Fase Grup Piala Eropa 2020

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya